BlogPemilik PropertiDesain Hunian17 Contoh Partisi Dapur dan Ruang Makan Simple
0
0

17 Contoh Partisi Dapur dan Ruang Makan Simple

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 30, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Meski memiliki fungsi yang serupa dan berkesinambungan, partisi dapur dan ruang makan tetap diwajibkan ada untuk sebagian orang. Partisi ruang makan dan dapur tidak hanya bisa berfungsi sebagai pemisah tapi juga bisa menumbuhkan sisi dekoratif dan estetikanya. Seperti apa partisi dapur dan ruang makan yang bisa jadi inspirasi di rumah? Yuk simak berbagai rekomendasinya!

Kamu dapat menambahkan partisi dapur dan ruang makan agar tampilan di rumah baru kamu dari rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung agar semakin menarik. Kamu juga dapat membangun rumah di Pesona Khayangan dengan konsep bangunan berpartisi terutama di bagian dapur dan ruang makan menggunakan bantuan KPR rumah.

Partisi Dapur dan Ruang Makan Simple

Memiliki konsep hunian yang terbuka tanpa sekat-sekat dinding merupakan cara agar rumah kamu dapat terlihat lapang dan luas. Tentunya hal ini akan memberikan kenyamanan lebih bagi rumah yang memang sebelumnya telah memiliki ruang yang kurang luas. Salah satu cara untuk menambahkan sekat tanpa harus membuat dinding yang akan memakan ruang di rumah kamu adalah dengan menggunakan partisi.

Partisi merupakan interior tambahan yang berfungsi sebagai pembatas yang akan membagi ruangan kamu dengan ruangan lainnya. Partisi ini menjadi pertanda bahwa ruangan yang satu hanya mencapai batas partisi yang telah dibuat. Biasanya dapur dan ruang makan tampil menyatu tanpa adanya sekat dinding. Pins bisa menambahkan partisi di antara dapur dan ruang makan agar membuat tampilan rumah Pins semakin menarik.

Berikut ini beberapa partisi dapur dan ruang makan simple yang dapat menjadi referensi Pins:

1. Partisi Dapur dan Ruang Makan Tanaman Hias

Source : IDN Times

Tanaman hias bisa jadi pilihan yang baik untuk menjadi pemisah antara ruang makan dan dapur. Namun sebaiknya, pilih tanaman yang sifatnya tumbuh ke atas agar tidak menghalangi ruangan dengan daun-daunnya yang melebar. Coba letakkan beberapa pot tanaman memanjang ke samping, niscaya tidak hanya cantik tapi ruangan akan menjadi lebih estetik.

2. Partisi Dapur dan Ruang Makan Kayu

Source : Shutterstock

Partisi kayu bisa jadi alternatif untuk kamu yang suka keindahan alam tapi terhalang kondisi budget. Kayu akan memancarkan kesan minimalis tapi juga elegan dan dianggap selalu masuk ke berbagai konsep ruangan. Mulai dari oriental, modern hingga tradisional.

3. Partisi Rak Buku

Source : Shutterstock

Partisi rak buku akan menjadi multifungsi karena selain sebagai pemisah ruang makan dan dapur, bisa menjadi tempat menyimpan barang atau buku-buku yang ada. Selain sisi fungsionalnya, rak buku ini akan memunculkan aksen dekoratifnya juga, Pins!

4. Partisi Kabinet Dua Sisi

Source : JatiKlasik

Kabinet bisa lebih luas fungsinya dibanding rak buku karena bisa menyimpan berbagai macam barang, sampai perabotan elektronik seperti TV. Kamu bisa sambil menonton di ruang makan, misalnya. Pilih yang dua sisi agar ruang makan dan dapur tetap mendapatkan manfaat penyimpanan barang dari kabinet tersebut.

5. Partisi Ala Cafe

Source : Home-designing

Mungkin pemisah ini adalah yang sekarang sedang tren yaitu partisi ala cafe di mana pemisah ruangan ini berfungsi pula sebagai tempat makan. Meja agak tinggi menjadi pemisah area dapur, sementara sisi satunya diletakkan kursi-kursi ala cafe atau bar stool untuk memaksimalkan alokasi ruang makan. Biasanya, partisi ini diaplikasikan di rumah yang berukuran minimalis.

6. Partisi Tembok Berlubang

Source : Dekoruma

Aksen estetik juga bisa dimunculkan dengan tembok yang berlubang-lubang dan membentuk motif tertentu. Selain sebagai partisi dapur dan ruang makan, partisi ini juga tetap bisa melancarkan sirkulasi udara karena lubang yang ada di dindingnya yang berfungsi sebagai ventilasi rumah. Namun tetap pastikan udara dari luar masuk dengan baik ke dalam rumah ya!

7. Partisi Kombinasi Tembok dan Kayu

 partisi dapur dan ruang makan
Source : Shutterstock

Tidak jauh berbeda dengan partisi kayu di poin sebelumnya, namun kali ini dikombinasikan dengan tembok atau dinding. Catatannya, untuk bahan kayu memang harus mendapat perhatian ekstra terutama pencegahan dari lumut dan rayap. Tapi jangan khawatir, Kamu tinggal melapisinya dengan pernis atau plitur agar kayu kuat dan tahan lama.

8. Partisi Tembok Batu Alam

Source : MyEdisi

Bosan dengan tembok dinding biasa? Kombinasikan dengan batu alam yang sesuai dengan tema ruangan. Mulai dari warna dan bahannya juga banyak pilihan dan tentu saja memancarkan nuansa natural dan estetik yang luar biasa.

9. Partisi Macrame Gantung

 partisi dapur dan ruang makan
Source : The Nelle

Macrame tidak hanya cantik digantung di tembok sebagai pajangan saja, tapi belakangan macrame juga sering dijadikan pemisah antar ruangan. Terlebih dengan motif dan bentuknya yang cantik. Partisi tidak hanya punya sisi fungsional tapi juga dekoratif.

10. Partisi Ranting Pohon

Source : Furnibel

Sekat ruang makan dan dapur berupa ranting pohon akan jadi pemisah ruangan yang sangat unik. Bisa memilih yang asli atau sintetis sesuai dengan kebutuhan dan selera. Terlebih, partisi ranting pohon yang disusun memanjang ke atas ini sangat estetik dan menawan jika diaplikasikan ke dapur bernuansa alam. Ranting digunakan agar banyak aksen kayu dan membuat semakin serasi dengan ruangannya.

Baca juga: 13 Model Sekat Ruangan Lipat, Praktis dan Fungsional

11. Partisi Portable

 partisi dapur dan ruang makan
Source : Shutterstock

Jika Kamu tipe yang suka mengganti suasana ruangan, bisa memilih partisi portable berbagai bentuk agar bisa dipindahkan maupun disimpan. Biasanya partisi portable banyak yang bisa dilipat. Namun sekarang banyak juga yang memilih rak atau kabinet mini yang memiliki roda agar bisa lebih mudah dipindahkan.

12. Partisi Kaca

 partisi dapur dan ruang makan
Source : Shutterstock

Selanjutnya, partisi bahan kaca Pins! Sangat bagus untuk dipilih karena fungsi pemisahnya didapatkan, tapi tidak akan membuat ruangan terlihat sempit karena akses pandangan yang tetap bisa melihat ruangan di dalamnya. Cocok sekali untuk diaplikasikan di rumah para muda-mudi millenials.

Baca juga: 20 Rekomendasi Sekat Ruang Tamu Minimalis Modern

13. Partisi Tirai Cantik

 partisi dapur dan ruang makan
Source : AliExpress

Tirai mungkin merupakan pemisah ruangan paling simpel dan affordable, karena itu banyak sekali rumah-rumah dengan gaya hidup berbeda memilih tirai sebagai pemisah ruangan. Termasuk antara ruang makan dan dapur.

Coba pilih tirai yang cantik dan sesuai dengan ruangan, bukan tirai yang hanya menampilkan gambar-gambar mencolok dan kontras dengan tema ruangan dan rumahmu.

14. Partisi Pintu Geser

 partisi dapur dan ruang makan
Source : Shutterstock

Partisi pintu geser bisa jadi pilihan jika ada akses lebih di rumahmu karena tentu membutuhkan porsi cukup panjang untuk meletakkan rel pintunya. Poin plusnya, partisi pintu geser ini membuat ruang gerak tetap leluasa karena tidak makan banyak tempat seperti jika mengaplikasikan pintu sebagai pemisahnya.

15. Partisi Kanvas

Source : Dekoruma

Partisi kanvas bisa menjadi sangat estetik sebagai pemisah ruang makan dan dapur. Karena kini, banyak partisi kanvas, terutama yang umumnya berkonsep gantung di pasaran yang menawarkan banyak bentuk, motif serta warna yang cantik.

Keunggulannya bisa menyesuaikan dengan selera dan konsep ruangan yang diusung. Selain itu partisi kanvas juga bisa menjadi titik pandang yang menarik karena dapur biasanya identik dengan sisi rumah yang lebih ‘kotor’ dan menjorok ke dalam.

Baca juga:

16. Partisi Mini Garden

 partisi dapur dan ruang makan
Source : Shutterstock

Sedikit berbeda dengan partisi tanaman atau ranting pohon, partisi mini garden sebenarnya adalah pemisah menggunakan rak atau tempat meletakkan barang lainnya. Namun yang diletakkan adalah tanaman-tanaman mini kekinian yang estetik.

Konsep mini garden dan alami akan muncul tetapi tentu saja perawatan khusus diperlukan jika Kamu memilih tanaman asli. Mulai dari penyiraman rutin sampai posisi yang wajib terkena sinar matahari. Jika dirasa terlalu merepotkan, Kamu bisa memilih tanaman sintetis atau palsu sebagai penggantinya.

17. Partisi Tali

 partisi dapur dan ruang makan
Source : IDN Times

Partisi tali juga akan terlihat estetik sebagai pemisah ruangan. Tapi bukan sembarang tali, Pins. Karena tali di sini dikombinasikan dengan kayu sebagai alas penaruh barang-barangnya sehingga membentuk semacam rak atau kabinet melayang.

Perhatikan komposisi serta keseimbangan antara tali dan kayu alasnya ya agar tidak mudah jatuh. Keseimbangan yang baik ini akan menghadirkan desain yang proporsional sebagai partisi gantung ini

Kira-kira, mana partisi ruang makan dan dapur simple di atas yang akan Kamu pilih? Semoga bermanfaat ya!

Feature Source Image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Mutiara Gading City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download