Pinhome

Jenis Atap Polycarbonate Beserta Harga Terbarunya

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 29 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Membahas jenis-jenis material penutup atap memang tidak ada habisnya. Ragam pilihan tersaji di pasaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Membuat atap sebuah rumah adalah hal terpenting dalam membangun rumah. Material yang dapat menjadi pilihan menarik untuk atap rumah adalah atap polycarbonate.

Selain mudah dibersihkan dan tahan lama, atap polycarbonate dapat menggantikan atap kaca yang harganya lebih mahal. Tidak hanya untuk keseluruhan atap rumah, atap polycarbonate pun dapat dipakai di beberapa sisi rumah saja sebagai pelengkap. Untuk Pins yang ingin menggunakan atap polycarbonate, simak terlebih dahulu yuk ulasan mengenai harga atap polycarbonate beserta jenis dan fungsinya.

Baca juga: 10 Jenis dan Ragam Atap Transparan Terbaik untuk Melindungi Rumah

Apa itu Atap Polycarbonate

Jenis bahan material polycarbonate memang sudah terkenal menjadi pengganti atap bening selain kaca. Material atap polycarbonate sendiri terbuat dari karakteristik polimer unik yang kuat terhadap terpaan cuaca dan suhu yang tinggi. Tidak sedikit pula yang menggunakanya sebagai pencahayaan alami di dalam rumah. Bagi Pins yang sedang mencari dan menimang atap transparan yang cocok untuk rumah, Pins bisa memilihnya sesuai jenisnya terlampir.

Jenis Atap Polycarbonate
(Pixabay)

Jenis-Jenis Atap Polycarbonate

Untuk bentuk dari atap polycarbonate sendiri terdiri dari atap gelombang dan lurus. Kedua bentuk tersebut dapat disesuaikan baik untuk penggunaannya terhadap atap rumah, maupun arsitektur lainnya. Jenis-jenis atap polycarbonate terbagi atas tiga unsur material :

Solite Polycarbonate

Jenis atap polycarbonate satu ini memiliki kualitas yang paling rendah diantara jenis atap polycarbonate lainnya. Harga yang relatif murah, menjadikan solite polycarbonate menjadi incaran para pemburu atap transparan yang terbatas dengan budget. Walaupun dari segi kualitas rendah, tetapi atap ini dapat bertahan hingga lima tahun tergantung bagaimana Pins merawatnya. Pemasangan yang tepat dan benar akan berakibat baik pada umur solite polycarbonate ini. Hal tersebut dikarenakan atap ini rentan dengan kebocoran.

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Atap Rumah

Solarlite Polycarbonate

Selanjutnya adaatap polycarbonate jenis solarlite polycarbonate. Dengan kualitas menengah. Pins dapat memilihnya dibandingkan dengan harga atap polycarbonate selanjutnya yang terbilang cukup mahal. Bila Pins ingin memasangnya sebagai atap kanopi di rumah, jenis polycarbonate satu ini sudah cukup baik dijadikan bahan atap bening carport Pins.

Baca Juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis

Twinlite Polycarbonate

Terakhir adalah atap polycarbonate dengan kualitas terbaik. Ada harga ada kualitas, inilah yang terjadi pada atap carbonate jenis twinlite. Twinlite dapat bertahan hingga 15 tahun dan terkenal menjadi bahan terbaik yang awet diantara jenis polycarbonate lainnya yang di jual di pasaran.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Jenis Atap Polycarbonate
(Pixabay)

Setelah mengenal jenis-jenisnya Pins juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan atap polycarbonate dalam rumah, sehingga Pins bisa mengetahui kelak bila ada kerusakan yang disebabkan oleh umur dari polycarbonate itu sendiri.

Baca Juga: Pertimbangan Sebelum Menggunakan Dinding Keramik Rumah

Kelebihan Penggunaan Atap Polycarbonate

  • Kuat terhadap benturan benda tumpul
  • Menghalau sinar ultraviolet
  • Bobot yang ringan sehingga mudah dalam pemasangannya
  • Material yang lebih ekonomis dibanding kaca
  • Mudah dibentuk sesuai dengan ukuran konstruksi bangunan
  • Ramah lingkungan karena dapat di daur ulang
  • Memiliki ragam warna yang menarik

Kekurangan Penggunaan Atap Polycarbonate

  • Mudah bocor bila pemasangannya tidak benar dan tidak teliti
  • Tidak tahan pada goresan benda tajam
  • Mudah meninggalkan noda, bila tidak rajin dibersihkan
  • Menimbulkan bunyi yang cukup nyaring saat datangnya hujan
  • Berisiko menimbulkan noda yang sulit hilang

Baca Juga: Tips Membuat Water Wall di Rumah

Harga Atap Polycarbonate Terbaru

Harga dibawah ini dapat menjadi acuan Pins dalam memilih jenis dan merk yang cocok untuk atap rumah bening milik Pins. Harga atap polycarbonate dapat Pins pilih sesuai ketebalannya juga ya! Semakin tebal material polycarbonate, semakin mahal harga yang ditawarkan.

Melirik material atap polycarbonate memang menarik dijadikan alternatif untuk material kaca yang terbilang cukup mahal. Dengan ketahanan yang cukup baik, atap rumah Pins Pun dapat terlihat menarik dengan penggunaan atap polycarbonate. Selalu konsultasikan pembangunan rumah Pins dengan ahlinya ya!

Baca Juga: Tips Menghindari Perabotan Rumah Berjamur


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel