BlogPemilik PropertiDesain HunianJenis Atap Polycarbonate, Harga Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
0
0

Jenis Atap Polycarbonate, Harga Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 14, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara-memasang-atap-polycarbonatetop-right-banner

Membuat atap sebuah rumah adalah hal terpenting dalam membangun rumah. Salah satu material yang dapat menjadi pilihan menarik untuk atap rumah adalah atap polycarbonate.

Selain mudah dibersihkan dan tahan lama, atap polycarbonate dapat menggantikan atap kaca yang harganya lebih mahal. Tidak hanya untuk keseluruhan atap rumah, atap polycarbonate pun dapat dipakai di beberapa sisi rumah saja sebagai pelengkap. Untuk Pins yang ingin menggunakan atap polycarbonate, simak terlebih dahulu yuk ulasan mengenai harga atap polycarbonate beserta jenis dan fungsinya.

Dengan mengetahui jenis dan harga dari atap polycarbonate ini akan membantu Pins dalam membangun rumah impian nantinya. Layaknya rumah yang ada di perumahan Cimanggis Golf Estate atau di Mutiara Gading City. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga: 10 Jenis dan Ragam Atap Transparan Terbaik untuk Melindungi Rumah

Apa itu Atap Polycarbonate

Atap polyvarbonate
Source : PIxabay

Jenis bahan polycarbonate memang dikenal luas sebagai alternatif atap transparan, menggantikan kaca. Material atap polikarbonat ini terbuat dari polimer yang memiliki karakteristik unik, tahan terhadap cuaca buruk dan suhu tinggi.

Bukan hanya itu, banyak juga yang memilih menggunakan polikarbonat sebagai sumber pencahayaan alami di dalam rumah. Jika Pins sedang mencari atap transparan yang sesuai untuk rumah, pilihan terlampir dapat menjadi referensi bagi Pins.

Jenis-Jenis Atap Polycarbonate

Jenis Atap Polycarbonate
Source : Shutterstock

Untuk bentuk dari atap polycarbonate sendiri terdiri dari atap gelombang dan lurus. Kedua bentuk tersebut dapat disesuaikan baik untuk penggunaannya terhadap atap rumah. Jenis-jenis atap polycarbonate terbagi atas tiga unsur material:

1. Solite Polycarbonate

Material polycarbonate telah lama dikenal sebagai alternatif yang sangat baik untuk atap transparan, menggantikan penggunaan kaca. Atap polycarbonate terbuat dari polimer dengan karakteristik unik yang menunjukkan kekuatan yang tangguh terhadap pengaruh cuaca ekstrem dan suhu tinggi. 

Selain itu, banyak yang memilih material ini sebagai sumber pencahayaan alami di dalam rumah mereka. Bagi Pins yang sedang mencari atap transparan yang sesuai untuk rumah Pins, pilihan polikarbonat dapat menjadi solusi yang tepat. Jangan ragu untuk memilih jenis atap polikarbonat yang sesuai dengan kebutuhan rumah Pins.

2. Solarlite Polycarbonate

Berikutnya, terdapat jenis atap polikarbonat yang dikenal sebagai solarlite polikarbonat. Jenis atap ini umumnya sangat sesuai digunakan sebagai atap kanopi untuk rumah.

Solarlite polycarbonate ini telah terbukti menjadi pilihan yang sangat baik sebagai bahan atap transparan untuk carport Pins. Dengan keunggulannya, atap polycarbonate ini menawarkan kualitas yang optimal dan sangat ideal untuk melengkapi kebutuhan atap carport Pins.

Baca juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis

3. Twinlite Polycarbonate

Atap polikarbonat berkualitas tinggi menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan atap, dan atap jenis twinlite adalah salah satu yang menonjol dalam kategori tersebut. Dengan keunggulan kualitas terbaiknya, atap twinlite terbukti mampu memberikan daya tahan luar biasa selama 15 tahun. Hal ini menjadikannya sebagai opsi terdepan yang sangat awet di antara berbagai varian polycarbonate yang tersedia di pasaran.

Dalam dunia atap polycarbonate, prinsip ‘ada harga, ada kualitas’ sangat relevan, dan atap twinlite dengan bangga memenuhi standar tertinggi dalam hal kualitas. Keandalan atap ini telah diakui secara luas sebagai yang terbaik di pasaran. Memberikan jaminan ketangguhan dan ketahanan yang tidak dapat diimbangi oleh jenis polycarbonate lainnya. 

Dengan atap polikarbonat twinlite, Pins tidak hanya mendapatkan produk terbaik. Tetapi juga investasi jangka panjang yang cerdas untuk perlindungan atap yang optimal.

Harga Atap Polycarbonate Terbaru

Harga dibawah ini dapat menjadi acuan Pins dalam memilih jenis dan merk yang cocok untuk atap rumah bening milik Pins. Biasanya harga atap polycarbonate dapat Pins pilih sesuai ketebalannya juga ya! Semakin tebal material polycarbonate, semakin mahal harga yang ditawarkan.

Untuk merk teratas tipe polycarbonate memang dipegang oleh tipe Solarlite dan Twinlite, namun masih banyak pula jenis lainnya yang dilansir dari builder.id, sebagai berikut:

MerkTebalUkuranHarga (Rp.)
Twinlite5 mm2,1 m x 11,8 m2.225.000,-
 6 mm2,1 m x 11,8 m2.495.000,-
 10 mm2,1 m x 11,8 m3.525.000,-
Lexan Easy Clean6 mm2,1 m x 11,8 m2.775.000,-
X-Lite4,5 mm2,1 m x 11,8 m1.325.000,-
Duromax4,8 mm2,1 m x 11,8 m1.675.000,-
Solarlite5 mm2,1 m x 11,8 m1.775.000,-
GE Carboron5 mm2,1 m x 11,8 m1.875.000,-
 6 mm2,1 m x 11,8 m2.200.000,-
Polykron5 mm2,1 m x 11,8 m2.000.000,-
Global4,2 mm2,1 m x 11,8 m1.250.000,-
 4,5 mm2,1 m x 11,8 m1.400.000,-
De’Light4 mm2,1 m x 11,8 m1.075.000,-

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Kelebihan dan kekurangan Atap Polycarbonate
Source : Pixabay

Setelah mengenal jenis-jenisnya Pins juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan atap polikarbonat dalam rumah, sehingga Pins bisa mengetahui kelak bila ada kerusakan yang disebabkan oleh umur dari polikarbonat itu sendiri.

1. Kelebihan Penggunaan Atap Polikarbonat

Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa Pins dapatkan jika memakai atap polycarbonate:

  • Kuat terhadap benturan benda tumpul
  • Menghalau sinar ultraviolet
  • Bobot yang ringan sehingga mudah dalam pemasangannya
  • Material yang lebih ekonomis dibanding kaca
  • Mudah dibentuk sesuai dengan ukuran konstruksi bangunan
  • Ramah lingkungan karena dapat di daur ulang
  • Memiliki ragam warna yang menarik

2. Kekurangan Penggunaan Atap Polikarbonat

  • Mudah bocor bila pemasangannya tidak benar dan tidak teliti
  • Tidak tahan pada goresan benda tajam
  • Mudah meninggalkan noda, bila tidak rajin dibersihkan
  • Menimbulkan bunyi yang cukup nyaring saat datangnya hujan
  • Berisiko menimbulkan noda yang sulit hilang

Melirik material atap polikarbonat memang menarik dijadikan alternatif untuk material kaca yang terbilang cukup mahal. Dengan ketahanan yang cukup baik, atap rumah Pins Pun dapat terlihat menarik dengan penggunaan atap rumah polikarbonat. Selalu konsultasikan pembangunan rumah Pins dengan ahlinya ya!

Baca juga: Tips Menghindari Perabotan Rumah Berjamur


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download