BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Isi Kitchen Set yang Perlu Kamu Tahu
0
0

7 Isi Kitchen Set yang Perlu Kamu Tahu

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 6, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pernahkah Pins mendambakan memiliki kitchen set seperti yang banyak ditemui di film Hollywood atau Korea? Dalam film tersebut, keberadaan kitchen set bisa membuat tampilan dapur menjadi lebih rapi dan nyaman untuk digunakan. Lalu sebenarnya apa saja isi kitchen set yang seharusnya ada di sebuah dapur?

Sebelum itu jangan lupa cek rekomendasi rumah bekas di Bogor, misalnya di sekitar AKA Bogor, ataupun perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa di aplikasi Pinhome. Kamu bisa mendapatkan data properti paling lengkap serta tersedia fitur Simulasi KPR.

Daftar Isi Kitchen Set

Pins, sebelum Kita mulai memasak di dapur maka alangkah baiknya jika mengetahui apa saja yang harus menjadi isi dari kitchen set untuk mendukung aktivitas di dapur. Banyak orang yang melakukan kekeliruan saat akan memilih desain atau isi dari sebuah kitchen set. Berikut 7 hal yang harus dipertimbangkan yang terkait dengan isi kitchen set atas, isi dalam kitchen set ataupun isi kitchen set bawah:

1. Alur Kerja yang Efisien

isi kitchen set
Source : Pinterest

Sebelum memilih kitchen set, perhatikan terlebih dahulu bentuk dapur milik Pins. Lihat model kitchen set seperti apa yang cocok untuk diterapkan di desain dapur tersebut. Jika sudah pertimbangkan untuk memiliki alur kerja yang efisien saat bekerja di dapur.

Alur kerja di dapur meliputi mobilitas Pins dari kompor, area kerja dan tempat cuci piring. Pastikan alur kerja di dapur bisa membuat Pins memasak dengan nyaman serta efisien dalam hal waktu dan tenaga.

Baca juga: Desain Mini Bar Minimalis

2. Ruang penyimpanan yang Memadai, Estetik dan Fungsional

isi kitchen set
Source : Pinterest

Kemudian isi kitchen set yang kedua adalah harus memiliki ruang penyimpanan yang memadai, memiliki sisi estetika dan juga fungsional. Faktor memadai adalah dengan mengusahakan memiliki kabinet dapur dan dalaman kitchen set yang cukup untuk menyimpan semua peralatan dapur yang Pins miliki.

Sedangkan untuk faktor memiliki sisi estetika, yaitu bahwa kitchen set yang dibuat juga harus mempertimbangkan segi keindahan dan kerapian dapur. Untuk faktor fungsional bisa didapatkan dengan mengupayakan setiap kabinet dan bagian dari kitchen set bisa digunakan dengan fungsi lebih dari 1 fungsi. Misalnya pintu kabinet bisa berfungsi untuk menjadi tempat rak botol atau rak tutup panci.

3. Instalasi Pencahayaan dan Listrik yang Maksimal

isi kitchen set
Source : Pinterest

Pins, jangan lupa untuk memperhatikan mengenai instalasi listrik dan pencahayaan dengan lebih baik. Pastikan pencahayaan di dapur memadai sehingga bisa memasak dengan nyaman. Kemudian usahakan membuat instalasi listrik untuk semua peralatan elektronik yang dibutuhkan di dapur terpasang dengan rapi dan efisien.

4. Area Kerja Sesuai Kebutuhan

isi kitchen set
Source : Pinterest

Cara menata isi kitchen set dimulai dengan mendesain meja kerja yang luas, memadai serta sesuai dengan kebutuhan. Meja kerja di dapur menjadi isi kitchen set yang terbilang penting karena semua aktivitas persiapan memasak dilakukan di tempat tersebut.

Untuk membuat meja kerja dapur yang sesuai kebutuhan membutuhkan beberapa pertimbangan. Diantaranya adalah luas meja kerja, bahan material meja kerja dan jarak dari kompor serta tempat mencuci piring serta bahan masakan yang ada di dapur.

Luas meja kerja tentunya sesuai kebutuhan, apabila Pins sering memasak besar seperti misalnya memiliki usaha katering atau pembuatan kue maka akan membutuhkan meja kerja yang berukuran besar untuk menampung semua kebutuhan dalam aktivitas memasak Pins.

Pins, sebaiknya pilih bahan material yang kuat, berkualitas dengan fitur anti air, anti minyak dan anti gores sehingga lebih awet dan tahan lama.Usahakan untuk membuat meja kerja yang berada di lingkup alur kerja yang efisien di dapur Pins sehingga kegiatan memasak akan bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Baca juga:

5. Kitchen Set Semi Terbuka

isi kitchen set
Source : Pinterest

Banyak orang yang memilih desain rangka kitchen set terbuka untuk memperlihatkan koleksi alat dapur yang dimilikinya atau untuk membuat dapur terlihat lebih mempesona. Sayangnya banyak yang tak menyadari bahwa memiliki kitchen dengan kabinet terbuka akan membuat Pins harus selalu merapikannya setiap hari.

Kitchen set model terbuka akan membuat dapur Pins terlihat berantakan terutama jika Pins jarang merapikan dan membersihkannya. Solusinya adalah dengan memiliki kitchen set dengan model semi terbuka.

Pins masih tetap bisa memperlihatkan koleksi alat masak yang lengkap, sekaligus menyimpan beberapa alat masak yang jarang dipakai di tempat yang tertutup. Gunakan pelengkap kabinet berupa laci untuk menyimpan alat masak berukuran kecil yang harus disimpan secara khusus.

Selain akan lebih mudah saat mencarinya ketika dibutuhkan, laci juga akan menyimpan peralatan kecil dengan baik. Pilih kombinasi bahan material kayu, stainless steel dan marmer bisa membuat kitchen set terlihat lebih stylish dan elegan.

6. Backsplash Kitchen Set

Source : Pexels

Posisi backsplash berada diantara kabinet atas dan bawah yang berfungsi melindungi dinding dapur. Fungsinya mencegah cipratan air, minyak hingga saus tak mengotori dinding dapur. Bahannya biasa menggunakan keramik agar mudah dibersihkan. Backsplash juga menambah estetika dapur kamu.

7. Cooker Hood

Source : Pickpik

Dapur harus memiliki ventilasi yang bagus agar asap tidak menyebar ke berbagai ruangan dekat dapur. Jika tidak bisa menambahkan jendela dapur dapat diganti memakai cooker hood yang merupakan alat penghisap udara. Posisinya biasa terletak di atas kompor yang membuat sirkulasi udara lebih lancar.

Itulah beberapa isi dari kitchen set yang seharusnya ada di dapur Pins untuk membuat aktivitas memasak menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Bagi seorang wanita, keberadaan kitchen set di dapur menjadi satu pelengkap yang akan membuat aktivitas memasak yang dilakukan setiap hari menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.

Baca juga:

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download