BlogPemilik PropertiDesain HunianJenis dan Cara Memilih Gorden Kamar Tidur Menurut Para Ahli
0
0

Jenis dan Cara Memilih Gorden Kamar Tidur Menurut Para Ahli

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Des 12, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ventilasi diperlukan untuk kamar tidur agar terjaga sirkulasi udara di dalam kamar. Dengan begitu udara dalam ruangan tidak terasa pengap. Dalam menjaga privasi pemilik kamar sering pula digunakan gorden kamar tidur.

Fungsi dari gorden tidak hanya menghalau pandangan dari luar rumah saja melainkan mencegah cahaya masuk pada waktu tertentu. Misalnya saja ketika hendak beristirahat di siang hari.

Jenis gorden kamar tidur yang cocok akan membuat rumah kamu semakin indah dan rumah menjadi nyaman. Seperti rumah-rumah yang ada di perumahan Vasa Jagakarsa, perumahan ini terdapat rumah yang indah dan nyaman untuk Pins tempati. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Cara Memilih Gorden Menurut Para Desainer

Menurut desainer Meg Piercy yakni pemilik MegMade serta Kathryn Emery yaitu ahli interior ruangan menyatakan gorden memberikan kenyamanan bagi pemilik kamar. 

Dalam pemilihannya ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut:

1. Bahan Kain Gorden

gorden kamar tidur sedang dijemur
Source : Pexels

Menurut Kathryn Emery bahan katun paling pas untuk gorden di kamar tidur. Alasannya karena bahan ini dikenal ringan dan perawatannya mudah. Gorden katun dapat dicuci dengan tangan maupun memakai mesin cuci.

Jika ingin menghadirkan kamar tidur yang mewah bisa memilih bahan kain yang jauh lebih berat. Contohnya gorden dari bahan sutra yang membuat ruangan terasa mewah namun lapang.

Bila lingkungan sekitar berada di kawasan bersuhu rendah maka disarankan menggunakan gorden dari bahan beludru. Kain ini dikenal tebal dan mampu menghalau angin dingin.

Bagi Pins yang ingin menggunakan bahan ramah lingkungan dapat memilih gorden bahan linen. Linen mampu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri sehingga cocok untuk kamar yang lembab.

Sementara bahan gorden yang ramah di kantong adalah poliester. Perawatannya tidak menghabiskan biaya mahal namun rentan terbakar dan menyerap debu.

2. Pertimbangkan Hanger Gorden

Faktor lainnya selain bahan yang perlu mendapatkan perhatian adalah hanger. Sebaiknya pilih bagian batang gorden yang tebal karena mampu menahan berat kain secara maksimal.

Selain itu dari segi visual nampak lebih tinggi. Bahan batang dapat berasal dari kayu maupun besi tempa. Jika menggunakan gorden linen maka aksen kayu lebih pas sedangkan untuk bahan lainnya dianjurkan memakai batang gorden dari logam.

Baca juga:

3. Tentukan Panjang Gorden

gorden kamar tidur transparan
Source : Shutterstock

Panjang gorden umumnya akan disesuaikan dengan ukuran jendela di kamar tidur. Jika jendela berukuran besar maka gorden dibiarkan menggantung hingga ke lantai agar terlihat elegan. Efeknya dramatis dan membuat ruangan terasa lebih lapang.

Baca juga:

4. Pola dan Warna

gorden kamar tidur dekat kursi
Source : Shutterstock

Emery dan Piercy menyarankan gorden dalam kamar sebaiknya berwarna gelap. Warna cerah akan mudah memudar karena intensitas cahaya yang mengenai gorden setiap harinya.

Gorden kamar tidur tidak harus polos bisa pula bermotif. Gorden motif memiliki efek seperti mozaik dalam ruangan atau dekorasi. 

Dikutip dari Homes dan Garden, menurut ahli kesehatan dan desainer yakni Kenny Johnson dari Sleepy Review menyarankan 5 warna. Di antaranya ungu, merah, orange, hitam, dan kuning.

Apabila ingin memakai warna terang maka ungu dan orange sangat dianjurkan. Warna kuning membantu otak untuk rileks dan orange menurunkan kewaspadaan ketika tidur.

Hal ini dibenarkan oleh Paige Anderson dari Nitido Design yang menyatakan bahwa manusia akan lebih sulit tidur saat tubuhnya merasa waspada. Ia akan sulit bersantai meskipun berada di atas ranjang.

Jenis Gorden Kamar Tidur

Jenis gorden untuk kamar tidur juga sangat beragam. Pins perlu menyesuaikannya dengan ukuran jendela di kamar. Berikut beberapa di antaranya yang bisa Pins jadikan referensi:

1. Grommet

gorden kamar tidur abu-abu
Source : Shutterstock

Gorden grommet dikenal selalu menggunakan kain yang ringan hingga sedang. Ciri khas dari gordennya adalah bagian atas memiliki ring untuk memasukan tiang gorden. Dengan begitu gorden bisa dibuka tutup dengan mudah.

2. Gorden Lipat

gorden kamar tidur dekat meja kerja
Source : Pexels

Gorden lipat ada yang jenisnya semi transparan, transparan hingga anti tembus cahaya. Tirai lipat anti tembus pandang mampu menghalau sinar matahari masuk ke ruangan sehingga cocok bagi Pins yang suka beristirahat di siang hari.

Gorden semi transparan memberikan sedikit cahaya namun menjaga privasi dengan baik. Sementara tipe transparan direkomendasikan untuk Pins yang suka sekali bangun pagi.

Ukuran jendela yang biasa menggunakan gorden lipat adalah kecil hingga sedang. Ada pegangan untuk menarik gorden kamar tidur di bagian bawah. Keunggulannya adalah pemasangan yang mudah karena tanpa perlu memakai bor. 

3. Gorden Gulung

gorden kamar tidur dengan motif
Source : Pexels

Tipe gorden kamar tidur ini terbagi atas dua jenis yakni block out dan dim out. Tipe block out dapat memblokir matahari masuk hingga 100 %. Sementara dim out lebih sering digunakan pada ruang kerja atau ruang tamu untuk menjaga kesegaran ruangan.

Bedanya gorden gulung dan lipat adalah dari bentuk tirainya yang berbentuk gulungan. Gorden gulung sering pula disebut dengan roller blind yang dibuka tutup dengan tali di bawah gordon tersebut.

4. Gorden Jendela Roman

gorden kamar tidur model roman
Source : Shutterstock

Gorden jendela Roman cocok untuk kamar tidur dengan konsep minimalis. Jenis gordennya memiliki lipatan yang dilengkapi dengan pemberat seperti kayu atau besi. 

Cocok pula bagi kamar tidur yang mengusung tema open space atau area outdoor. Gorden kamar tidur ini umumnya tampil dalam berbagai motif dan warna.

5. Vitrase

gorden kamar tidur double layer
Source : Shutterstock

Vitrase memakai bahan ringan seperti kain sintetis maupun poliester. Gorden vitrase umumnya dipakai sebagai tirai pelapis dan dikombinasikan dengan gorden yang mampu menggelapkan ruangan.

Gorden kamar tidur menurut para ahli tidak hanya mementingkan modelnya saja. Pins perlu memperhatikan jenis bahan dan pilihan warnanyanya yang tepat serta ukuran jendela di kamar tersebut.

Baca juga:

Source Feature Image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download