Pinhome

Nama Batu Alam sebagai Bahan Bangunan

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Nama batu alam sebagai bahan bangunan terdapat bermacam-macam yang kita kenal dipasaran, masing-masing nama batu alam ini terbentuk karena hal-hal yang berbeda misalnya jika batu gamping terjadi karena proses endapan secara alami dalam kurun waktu lama sehingga tercipta bebatuan.Sedangkan batu marmer juga terbentuk dari proses endapan namun telah mengalami metamorf atau perubahan, berikut ini macam-macam batu alam yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

Baca Juga:

Nama Batu Alam Sebagai Bahan Bangunan yang Banyak Digunakan

Inilah beberapa nama batu alam sebagai bahan bangunan yang sering digunakan dan berdaya jual tinggi!

Batu Gamping

nama batu alam sebagai bahan bangunan
(Satujam.com)

Dialam bebas jenis batu gamping ini lebih banyak ditemukan dalam bentuk bukit sehingga proses pertambanganya bisa dilakukan secara terbuka, secara sifat terdapat beberapa jenis batu gamping yaitu yang bersifat padat, keras, massif serta batu gamping yang bersifat porous. Batu ini mengandung bahan kimia kalsium karbonat ( Ca Co3 )selain itu di alam bebas batu gamping ini juga ada yang mengandung magnesium, batu ini digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan semen Portland yang berguna sebagai bahan perekat pada adukan atau spesi.

Baca Juga:

Batu Delomit

Batu ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan batu gamping yaitu digunakan untuk bahan perekat sebagai bahan baku pembuatan semen, terjadi karena adanya proses penyerapan unsure magnesium dari air laut kedalam batu gamping.

Batu Marmer

(Geologinesia.com)

Jenis batu ala mini banyak digunakan sebagai bahan bangunan misalnya sebagaipenutup fi nishing lantai atau dinding, batu marmer terjadi karena proses metamorf atau perubahan dari batu gamping, harga marmer per m2 cukup mahal dan keunikan serta keindahan marmer ini membuatnya lebih banyak dipakai pada rumah atau bangunan kelas mewah dengan biaya pembangunan yang besar.

Baca Juga:

Batu Gipsum

Digunakan sebagai bahan tambah dalam pembuatan semen Portland dan untuk keperluan pekerjaan partisi dinding serta plafond rumah, di alam batu ini ditemukan dalam bentuk lembaran pipih Kristal dan serabut bersamaan dengan lokasi batu gamping, gypsum terbentuk setelah di olah dengan cara dipanaskan sehingga terbentuk tepung gips untuk kemudian dicetak sesuai dengan bentuk bahan bangunan  yang diperlukan.

Batu Tras atau Posolan

Batu ini dapat dijadikan sebagai bahan perekat pada adukan atau bisa dicetak untuk dijadikan bahan bangunan batako, bahan ini apabila dicampur dengan semen dan air maka akan bersifat seperti semen, batu ini berasal dari batuan vulkanik yang mengandung feldspar dan  telah mengalami proses pelapukan sehingga berubah menjadi mineral lempung lempung atau kaolin dan senyawa silica amorf.

Batu Andesit dan Basalt

Terjadi karena proses pembekuan magma dipermukaan bumi mempunyai sifat massif keras dan tahan terhadap air hujan, batu ini mempunyai kuat tekan berkisar antara 600 kg/cm2 sampai dengan 2400 kg/cm2. Digunakan sebagai pondasi bangunan dan penutup lantai serta dinding, apabila dilakukan pekerjaan pemecahan maka akan terbentuk batu pecah ( kerikil ) dan pecahan yang lebih kecil lagi membentuk pasir digunakan sebagai bahan campuran adukan beton dan bahan konstruksi jalan.

Pasir Gunung Berapi

nama batu alam sebagai bahan bangunan
(Liputan6.com)

Merupakan bebatuan lepas dengab butiran kecil berbentuk pasir yang terbentuk pada saat gunung berapi meletus, pasir tersebut kemudian turun karena terbawa air hujan ke dalam arus sungai. Pasir yang baik sebagai bahan bangunan adalah tidak banyak mengandung kadar lumpur dan bahan organic.

Batu Granit dan Diorite

Mempunyai fungsi sama dengan batu marmer yaitu digunakan sebagai bahan pelapis lantai dan dinding. Batu ini terjadi karena proses pembekuan magma didalam kulit bumi, berat jenis batu granit adalah 2,6 – 2,7 dengan kuat tekan antara 1000 kg/cm2 – 2500 kg/cm2.

Itulah beberapa nama batu alam sebagai bahan bangunan yang sering digunakan saat ini. Bahkan, memiliki daya jual yang cukup tinggi.

Baca Juga:

Featured Image Source: Intiland.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia