BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Nama Batu Alam Bahan Bangunan
0
0

10 Nama Batu Alam Bahan Bangunan

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 22, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
batu alam bahan bangunantop-right-banner

Nama batu alam bahan bangunan terdapat bermacam-macam yang kita kenal dipasaran, masing-masing nama batu alam ini terbentuk karena hal-hal yang berbeda misalnya jika batu gamping terjadi karena proses endapan secara alami dalam kurun waktu lama sehingga tercipta bebatuan. Sedangkan batu marmer juga terbentuk dari proses endapan namun telah mengalami metamorf atau perubahan, berikut ini macam-macam batu alam yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

Tentunya, setelah tahu apa saja nama batu alam untuk bahan bangunan akan membuat kamu semakin ingin punya rumah dengan batu alam yang nyaman. Senyaman rumah yang ada di perumahan Mutiara Gading City, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca Juga:

Nama Batu Alam Sebagai Bahan Bangunan yang Banyak Digunakan

Inilah beberapa nama batu alam bahan bangunan yang sering digunakan dan berdaya jual tinggi!

1. Batu Gamping

batu alam bahan bangunan
Source : Pinhome

Di alam bebas jenis batu gamping ini lebih banyak ditemukan dalam bentuk bukit sehingga proses pertambanganya bisa dilakukan secara terbuka, secara sifat terdapat beberapa jenis batu gamping yaitu yang bersifat padat, keras, massif serta batu gamping yang bersifat porous. Batu ini mengandung bahan kimia kalsium karbonat ( Ca Co3 )selain itu di alam bebas batu gamping ini juga ada yang mengandung magnesium, batu ini digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan semen Portland yang berguna sebagai bahan perekat pada adukan atau spesi.

Baca Juga:

2. Batu Dolomit

batu alam bahan bangunan
Source : Pinhome

Batu ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan batu gamping yaitu digunakan untuk bahan perekat sebagai bahan baku pembuatan semen, terjadi karena adanya proses penyerapan unsure magnesium dari air laut kedalam batu gamping.

3. Batu Marmer

Marmer
Source : Pinhome

Jenis batu alam mini banyak digunakan sebagai bahan bangunan misalnya sebagai penutup finishing lantai atau dinding, batu marmer terjadi karena proses metamorf atau perubahan dari batu gamping, harga marmer per m2 cukup mahal dan keunikan serta keindahan marmer ini membuatnya lebih banyak dipakai pada rumah atau bangunan kelas mewah dengan biaya pembangunan yang besar.

Baca juga:

4. Batu Gipsum

batu alam bahan bangunan
Source : Pinhome

Digunakan sebagai bahan tambah dalam pembuatan semen Portland dan untuk keperluan pekerjaan partisi dinding serta plafon rumah, di alam batu ini ditemukan dalam bentuk lembaran pipih Kristal dan serabut bersamaan dengan lokasi batu gamping, gypsum terbentuk setelah di olah dengan cara dipanaskan sehingga terbentuk tepung gips untuk kemudian dicetak sesuai dengan bentuk bahan bangunan  yang diperlukan.

5. Batu Tras atau Posolan

batu alam bahan bangunan
Source : Pinhome

Batu ini dapat dijadikan sebagai bahan perekat pada adukan atau bisa dicetak untuk dijadikan bahan bangunan batako, bahan ini apabila dicampur dengan semen dan air maka akan bersifat seperti semen, batu ini berasal dari batuan vulkanik yang mengandung feldspar dan  telah mengalami proses pelapukan sehingga berubah menjadi mineral lempung lempung atau kaolin dan senyawa silica amorf.

6. Batu Andesit

batu alam bahan bangunan
Source : Pinhome

Terjadi karena proses pembekuan magma dipermukaan bumi mempunyai sifat massif keras dan tahan terhadap air hujan, batu ini mempunyai kuat tekan berkisar antara 600 kg/cm2 sampai dengan 2400 kg/cm2. Digunakan sebagai pondasi bangunan dan penutup lantai serta dinding, apabila dilakukan pekerjaan pemecahan maka akan terbentuk batu pecah ( kerikil ) dan pecahan yang lebih kecil lagi membentuk pasir digunakan sebagai bahan campuran adukan beton dan bahan konstruksi jalan.

7. Batu Pasir

Teksturnya yang kasar dan warna yang membumi, menawarkan estetika yang hangat dan alami yang dapat memperkaya setiap ruangan. Variasi warnanya yang melimpah, dari coklat yang dalam, merah yang berani, hingga kuning yang cerah, memberikan kemampuan yang unik untuk menciptakan nuansa yang menenangkan ataupun pernyataan gaya yang berani.

Batu pasri seringkali dipilih sebagai bahan utama untuk dinding, lantai yang tahan lama, dan berbagai fitur dekoratif. Batu pasir tidak hanya menjanjikan keindahan tetapi juga fungsionalitas. Keunikannya terletak pada kemampuannya untuk menyatu dengan baik dalam desain yang klasik maupun kontemporer, menjadikannya pilihan yang sempurna bagi mereka yang menginginkan sentuhan keanggunan yang tidak lekang oleh waktu.

8. Batu Granit dan Diorite

batu alam bahan bangunan
Source : Pinhome

Batu granit mempunyai fungsi sama dengan batu marmer yaitu digunakan sebagai bahan pelapis lantai dan dinding. Batu ini terjadi karena proses pembekuan magma didalam kulit bumi, berat jenis batu granit adalah 2,6 – 2,7 dengan kuat tekan antara 1000 kg/cm2 – 2500 kg/cm2.

9. Batu Kapur

batu alam bahan bangunan
Source : Pinhome

Batu kapur umumnya berwarna krem atau putih dan sering digunakan untuk fasad bangunan, lantai, dan elemen dekoratif. Batu ini relatif lunak dan menyerap air, sehingga kurang cocok untuk area yang sering terkena air.

10. Batu Basalt

basalt
Source : Pinhome

Batu ini berwarna gelap dan sangat keras, sering digunakan untuk lantai dan pembuatan patung. Basalt tahan terhadap cuaca dan abrasi, menjadikannya pilihan yang baik untuk aplikasi luar ruangan.

Itulah beberapa nama batu alam bahan bangunan yang sering digunakan saat ini. Bahkan, memiliki daya jual yang cukup tinggi.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download