Pinhome

Uncategorized

Tips memasang batu alam agar bagus

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Rumah yang terkesan alami memang enak dipandang, sehat dan menyejukan hati. Salah satu cara untuk menambah kesan natural pada bangunan bisa menggunakan material batu alam dengan aneka pilihan warna, teksture dan bentuk yang bervariasi. Ada yang namanya batu palimanan, batu candi, batu andesit, paras, batu granit, marmer dan sejenisnya. Jadi kita bisa memilih sesuai keinginan atau tema arsitektur bangunan. Nah, berbicara masalah kualitas pemasangan, disini kita berikan tips mamasang batu alam agar bagus, rapi dan terlihat indah.

batu alam
contoh batu alam

Tips memasang batu alam agar bagus

  1. Jika dipasang pada dinding yang kondisinya sudah diplester aci maka perlu dilakukan pekerjaan ciping (bobok kecil-kecil pada dinding) agar batu alam dapat menempel kuat.
  2. Memperhatikan ukuran batu alam saat membeli dan mengatur presisi saat pemasangan agar terpasang rapi.
  3. Menggunakan semen instan atau bahan perekat khusus batu alam agar bisa menempel dengan kuat.
  4. Membuat adukan yang baik dengan campuran semen, pasir, dan air yang cukup. lalu mengoleskan adukan secara merata pada seluruh permukaan batu alam agar bisa menempel dengan kuat.
  5. Apabila batu alam terkena noda semen maka harus segera dibersihkan sebelum kering, karena kalau sudah kering maka akan sulit dibersihkan, hal ini dikarenakan sifat batu alam yang menyerap air.
  6. Menyikat dan mengeringkan permukaan batu alam setelah dipasang, bisa juga dilapisi dengan coating, hal ini agar batu alam warnanya lebih mengkilat tajam dan selalu dalam kondisi kering sehingga tidak ditumbuhi lumut atau jamur.
  7. Merendam batu alam kedalam air sebelum dipasang, hal ini dimaksudkan agar pori-pori batu alam nantinya tidak menyerap air semen saat proses pemasangan sehingga dapat mengurangi daya rekat.
  8. Kita bisa menambahkan perkuatan besi atau baja untuk pemasangan batu alam dengan ukuran besar pada dinding yang rawan jatuh, dengan sistem ini kita juga bisa menghemat penggunaan adukan.

Demikian beberapa rahasia memasang batu alam yang bagus. Bermacam tips lainya bisa dicoba untuk menghasilkan rumah atau bangunan yang indah dan nyaman 🙂

Tags :

Bagikan Artikel