BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Memasang Baru Alam yang Benar
0
0

Cara Memasang Baru Alam yang Benar

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 1, 2024

2 menit membaca

Copied to clipboard
memasang batu alamtop-right-banner

Rumah yang terkesan alami memang enak dipandang, sehat dan menyejukan hati. Salah satu cara untuk menambah kesan natural pada bangunan bisa menggunakan material batu alam dengan aneka pilihan warna, tekstur dan bentuk yang bervariasi. Jadi, pnting kamu bisa mengetahui cara memasang batu alam.

Ada yang namanya batu palimanan, batu candi, batu andesit, paras, batu granit, marmer dan sejenisnya. Jadi kita bisa memilih sesuai keinginan atau tema arsitektur desain rumah. Rumah Ekslusif juga sering menggunakan batu sebagai ornamen dinding.

Pins bisa menggunakan aplikasi Pinhome untuk menemukan rumah jadi impianmu. Kamu bisa mendapatkan informasi terkini hunian dekat Vivo Mall Bogor, perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence hingga unit di Oma Campus dan lainnya.

Nah, berbicara masalah kualitas pemasangan, disini kita berikan tips memasang batu alam agar bagus, rapi dan terlihat indah.

Cara Memasang Batu Alam

Dalam memasang batu alam dinding memang perlu kecermatan sebab bentuknya yang beragam. Adapun langkah-langkah yang dapat diikuti antara lain sebagai berikut:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Source : Pxhere

Mula-mula siapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan. Beberapa diantaranya adalah benang, adukan semen, paku beton. Fungsi benang adalah sebagai acuan agar pemasangan lebih rapi dan merata.

Untuk finishing nantinya digunakan cat coating batu alam yang melapaisi permukaan dinding. Tujuannya adalah agar tidak mudah terserang lumut.

2. Batu Alam Berbentuk Siku-Siku

Untuk batu alam yang digunakan sebaiknya cari yang bentuknya siku-siku. Pins juga bisa membentuknya sendiri dengan menggunakan gerinda yakni alat pemotong keramik.

Setelah itu siapkan dinding dengan mengupas atau membobok permukaannya dengan acak. Tujuan proses ini agar adukan semen menempel dan merekatkan batu dengan dinding.

3. Pasang Paku Beton

Source : Blibli

Pasang paku beton di bagian atas dinding yang dipasangi benang. Dengan mengikuti benang ini maka batu alam akan lebih siku dan rapi.

4. Rendam Batu Alam

Rendam dulu batu alam dengan air agar tetap lembab ketika dipasang. Jika kondisi batu alam terlalu kering maka akan cepat tersedot ke dalam adukan semen. Inilah alasan kenapa batu alam perlu direndam atau dibasahi dulu sebelum dipasang.

5. Pasang Batu Alam Dari Bawah

Source : Semen Merah Putih

Setelah adukan semen pasir telah disiapkan kini saatnya untuk memasang batu alam. Pemasangannya dimulai dari bawah terlebih dulu dan jangan lupa menambahkan ganjalan. Fungsinya agar batu alam tidak turun ke bawah setelah dipasang.

Untuk membuat dinding lebih estetik, gunakan pola pemasangan timbul tenggelam. Pola ini membuat tampilan dinding tidak monoton.

6. Bersihkan Sisa Semen

Bersihkan sisa semen ketika pemasangan telah selesai dilakukan. Sisa semen ini harus sesegera mungkin disingkirkan sebelum kering dan sulit dibersihkan nantinya.

7. Lapisi dengan Cairan Coating

Source : Ambi

Langkah terakhir adalah lapisi dengan cairan coating. Manfaatnya agar dinding batu alam tidak mudah terkenal lumut atau jamur. FUngsi lainnya dari proses ini adalah membuat tampilan dinding semakin indah.

Baca juga: 7 Cara Pasang Poster Dinding Tanpa Merusak Dinding

Tips Memasang Batu Alam Agar Bagus

memasang batu alam
Source : Pixabay

Untuk membuat tampilan dinding batu alam lebih presisi dan cantik terdapat beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Simak dulu triknya yang ada di bawah ini agar pemasangan batu alam tepat dan bagus.

  1. Jika dipasang pada dinding batu alam yang kondisinya sudah diplester aci maka perlu dilakukan pekerjaan ciping (bobok kecil-kecil pada dinding) agar batu alam dapat menempel kuat.
  2. Memperhatikan ukuran batu alam saat membeli dan mengatur presisi saat pemasangan agar terpasang rapi.
  3. Menggunakan semen instan atau bahan perekat khusus batu alam agar bisa menempel dengan kuat.
  4. Membuat adukan yang baik dengan campuran semen, pasir, dan air yang cukup. lalu mengoleskan adukan secara merata pada seluruh permukaan batu alam agar bisa menempel dengan kuat.
  5. Apabila batu alam terkena noda semen maka harus segera dibersihkan sebelum kering, karena kalau sudah kering maka akan sulit dibersihkan, hal ini dikarenakan sifat batu alam yang menyerap air.
  6. Menyikat dan mengeringkan permukaan batu alam setelah dipasang, bisa juga dilapisi dengan coating, hal ini agar batu alam warnanya lebih mengkilat tajam dan selalu dalam kondisi kering sehingga tidak ditumbuhi lumut atau jamur.
  7. Merendam batu alam kedalam air sebelum dipasang, hal ini dimaksudkan agar pori-pori batu alam nantinya tidak menyerap air semen saat proses pemasangan sehingga dapat mengurangi daya rekat.
  8. Kita bisa menambahkan perkuatan besi atau baja untuk pemasangan batu alam dengan ukuran besar pada dinding yang rawan jatuh, dengan sistem ini kita juga bisa menghemat penggunaan adukan.
  9. Supaya Pins lebih mudah memasangnya, kamu bisa melakukan pencngkelan acak di permukaan dinding yang hendak dipasang.
  10. Gunakan benang supaya kamu bisa melakukan pemasangan batu alam dengan rapi dan tepat..
  11. Kamu bisa memasang batu alam dari bagian bawah atau lantai terlebih dahulu.
  12. Agar hasilnya lebih maksimal, Pins juga bisa menggunakan jasa profesional lho. Ini tentunya menghindari Pins dari hasil pemasangan yang buruk atau kesalahan dalam memotong batu alam sehingga banyak yang rusak.

Demikian beberapa rahasia cara dan tips memasang batu alam. Bermacam tips lainya bisa dicoba untuk menghasilkan rumah atau bangunan yang indah dan nyaman.

Baca juga:

Sumber Feature Image: PickPik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Auleea Land dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download