BlogLifestyleEdukasiPenasaran Bagaimana Teknik Pembuatan Patung? Yuk Intip di Sini!
0
0

Penasaran Bagaimana Teknik Pembuatan Patung? Yuk Intip di Sini!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Jan 9, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
Bagaimana Teknik Pembuatan Patungtop-right-banner

Jika mendengar tentang patung, mungkin Anda terbayang patung-patung pahlawan yang terdapat di beberapa tempat bersejarah. Padahal saat ini patung tidak hanya dibuat sebagai simbol atau mengingat pahlawan dan tempat-tempat bersejarah saja. Patung saat ini banyak digunakan sebagai hiasan dan dekorasi bangunan. Tidak hanya itu, bahkan sejak dulu patung juga digunakan sebagai tambahan dekorasi di rumah. Lalu, pernah tidak Anda membayangkan bagaimana teknik pembuatan patung hingga menjadi objek seni yang utuh ya?

Pinhome – Ya, patung memang objek seni dan menambah nilai estetika lingkungan sekitarnya. Sayangnya teknik-teknik membuat patung tidaklah mudah. Keahlian dan peralatan khusus dibutuhkan untuk mengaplikasikan teknik dalam membuat patung. Nah bagi Pins yang penasaran bagaimana teknik pembuatan patung, yuk simak ulasan di bawah ini!

Baca Juga: Bagaimanakah Teknik Dasar Menggambar Benda Tiga Dimensi?

Jenis-Jenis Patung

Bagaimana Teknik Pembuatan Patung
Source : I news

Sebelum masuk pada teknik dalam membuat patung, sebaiknya kita mempelajari dulu apa saja jenis-jenis patung. Hal ini untuk membedakan patung yang akan kita buat nantinya. Jenis patung dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu figuratif dan nonfiguratif.

Baca Juga: Berikut Penjelasan Apa Yang Dimaksud Dengan Mozaik

Pada patung figuratif biasanya patung dibuat dengan meniru bentuk alami seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Jadi patung akan dibuat semirip mungkin dengan bentuk aslinya. Sedangkan pada patung nonfiguratif, patung dibuat tidak seperti bentuk aslinya. Pada patung jenis ini biasanya dibuat dengan membentuk garis-garis melintang, lubang, curve dan masih banyak lagi.

Teknik-Teknik Membuat Patung

Source : sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id

Berikut ini teknik-tekink dalam membuat patung yang bisa Anda pahami.

Teknik Cor

Source : Wira Griya

Bagi Pins yang penasaran bagaimana teknik pembuatan patung, teknik pertama yang perlu Anda ketahui adalah teknik cor. Teknik yang satu ini adalah salah satu teknik yang sering sekali digunakan dalam membuat patung. Sebelum membuat patung, Anda perlu menyiapkan cetakan yang akan digunakan untuk membentuk patung sesuai keinginan. Anda dapat membeli atau membuat sendiri cetakan, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan.

Teknik cor dilakukan dengan mencairkan bahan yang akan Anda gunakan untuk membuat patung. Setelah bahan tercampur dan dicairkan, bahan akan dituangkan ke dalam cetakan yang sudah dibuat sebelumnya. Oleh karena itu penting untuk menyiapkan cetakan sebelum membuat patung dengan teknik cor ini.

Teknik cor dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  • Tuang sekali pakai yang bisa digunakan untuk membuat benda-benda dari logam dengan desain rumit.
  • Teknik berulang yang menggunakan dua cetakan untuk mengulang teknik cor. Teknik ini biasanya digunakan untuk mencetak patung atau hiasan sederhana.
  • Teknik menempa yang digunakan untuk bahan jenis logam seperti besi dan tembaga.

Dalam membuat patung dengan teknik cor, bahan yang dapat Anda gunakan pun beragam. Anda dapat menggunakan emas, perak, perunggu, besi dan masih banyak bahan lainnya.

Teknik Cetak

Source : sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id

Mirip dengan teknik cor, teknik cetak juga membutuhkan cetakan dalam membuat patung. Ya, Anda juga perlu membuat cetakan sebelum membuat patung agar cetakan siap saat akan digunakan. Seperti yang telah dijelaskan bahwa teknik cetak memang mirip dengan teknik cor, jadi Anda akan mencampurkan bahan sebelum membuat patung. Jika bahan telah selesai dicampurkan, Anda dapat menuang bahan ke dalam cetakan.

Teknik Modeling

Pamerkan Karya Terbengkalai Untuk Dinikmati Masyarakat | Beritahu.co
Source : Beritahu.co

Teknik dalam membuat patung selanjutnya adalah teknik modeling. Teknik yang satu ini dilakukan dengan membuat model terlebih dahulu sebelum patung benar-benar dibentuk. Pada teknik ini biasanya model dituangkan dalam gambar. Dalam teknik modeling, bahan yang digunakan dalam membuat patung berbeda dari teknik cor dan teknik cetak, yaitu dengan menggunakan bahan plastis seperti tanah liat atau plastisin.

Teknik Membentuk

Seri Biografi Dramawan dan Perupa Sulut: Jolen Liow – Barta1.com
Source : Barta1.com

Selain teknik cor, cetak dan modeling, teknik selanjutnya yang dapat Anda gunakan dalam teknik-teknik membuat patung adalah dengan teknik membentuk. Teknik membentuk adalah teknik pembuatan patung dengan cara membentuk patung secara bertahap. Pada teknik ini sangat membutuhkan ketelitian dan perasaan yang kuat dari seniman. Meski membutuhkan perhatian ekstra, pada teknik yang satu ini bisa menghasilkan patung dengan kualitas yang bagus.

Teknik Pahat

Source : meitanteiikhsan.wordpress.com

Teknik pahat adalah teknik dalam membuat patung dengan material yang keras seperti kayu, batu dan bahan keras lainnya. Teknik yang satu ini sangat membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang sangat ekstra. Hal ini karena teknik pahat cukup sulit diaplikasikan. Setelah melakukan teknik pahat dan patung sudah terbentuk, Anda harus melakukan amplas pada patung, sehingga hasil patung lebih halus.

Teknik Butsir

Source : Kumparan

Teknik selanjutnya dalam teknik-teknik membuat patung adalah teknik butsir. Teknik butsir adalah teknik yang digunakan ketika Pins membuat patung dengan bahan dasar lunak seperti tanah liat dan gips. Teknik yang satu ini dilakukan dengan menambahkan atau mengurangi bahan pada bagian-bagian dasar patung sehingga hasil patung terbentuk sangat cantik. Sama dengan teknik lainnya, teknik butsir juga perlu dilakukan dengan kesabaran dan ketelitian yang ekstra. Setelah patung terbentuk, biasanya patung akan dijemur di bawah matahari hingga benar-benar mengeras. Setelah patung mengeras, Anda dapat melakukan finishing dengan menyemprotkan cat atau pernis agar patung terlihat lebih cantik lagi.

Itulah penjelasn mengenai teknik pembuatan patung. Semoga memberikan inspirasi dan pengetahuan baru ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah, apartemen seperti Apartemen Mardhika Park atau tanah seperti jual tanah di Jakarta Selatan di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download