BlogPemilik PropertiDesain HunianPenting! Beragam Perbedaan Granit dan Marmer
0
0

Penting! Beragam Perbedaan Granit dan Marmer

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
perbedaan-granit-dan-marmertop-right-banner

Kedua batu alam ini memiliki kualitas yang sangat baik dengan daya tahan yang kuat dan sangat awet. Tidak hanya itu, tampilannya yang cantik dengan motif batu alam yang khas membuat harga dari kedua batu alam ini pun tidaklah murah. 

Namun demi mempercantik rumah, tidak jarang orang yang menggunakan kedua batu alam ini sebagai lantai maupun dinding pada rumah. 

Bagi Pins yang masih kebingungan dalam membedakan granit dan marmer, tenang! Pinhome akan membagikan informasi lengkapnya lewat ulasan di bawah ini!

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, meski sama-sama memiliki kualitas yang baik dengan tampilan yang unik, marmer dan granit memiliki beberapa perbedaan yang harus menjadi pertimbangan Pins sebelum memilih salah satu dari kedua batu alam ini. Berikut penjelasan perbedaan granit dan marmer.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Pada Marmer Terampuh!

Motif Granit dan Marmer

(Pinterest)

Perbedaan marmer dan granit yang pertama terletak pada tampilan kedua batu ini. Marmer dan granit memiliki motif berbeda, meski dua-duanya terbentuk secara alami. 

Pada granit umumnya memiliki bintik-bintik yang dihasilkan dari batu-batu lain yang melebur di dalamnya seperti kuarsa, mika, biotit, feldspar hingga amfibol. 

Selain itu, granit juga tersedia dalam berbagai warna, jadi Pins lebih leluasa dalam memilih batu ini sesuai dengan selera kamu.

Hal ini berbeda dengan marmer yang hanya tersedia dalam warna putih keabu-abuan atau krem. Meski begitu, saat ini telah berkembang dan terdapat variasi warna lain pada marmer, seperti hijau pucat, merah muda dan hitam. 

Jika dilihat dengan seksama, marmer juga memiliki garis-garis yang khas yang mana terbentuk dari kotoran mineral dari endapan lumpur dan besi.

Perbedaan granit dan marmer lainnya adalah tampilannya yang lebih mengkilap dibandingkan dengan batu marmer yang terlihat lebih kusam. 

Namun pada pembuatan properti atau lantai, biasanya batu marmer telah dilakukan pemolesan tertentu sehingga membuat batu ini juga mengkilap dibandingkan sebelumnya.

Proses Pembentukan Granit dan Marmer

Kedua material ini terbentuk secara alami hasil dari peleburan berbagai macam jenis batuan. Hal ini mengakibatkan tekstur keramik memiliki motif yang indah.

Pabrik produsen keramik akan memotong keramik granit dan marmer sesuai kebutuhan. Namun, biasanya granit akan dipotong lebih besar daripada marmer. Materialnya yang kokoh membuat granit aman meskipun dikirimkan dalam bentuk yang besar

Karakteristik Granit dan Marmer

(Pinterest)

Marmer memang memiliki tampilan yang lebih ringan dan cantik untuk permukaan ruangan yang tidak banyak digunakan. Meski begitu, penggunaan marmer juga harus hati-hati karena batu yang satu ini membutuhkan perawatan yang intensif. 

Hal ini karena marmer lebih menyerap noda dari pada granit. Oleh karena itu, pada penggunaan marmer direkomendasikan untuk menggunakan nat yang tidak berpasir saat memasangnya.

Selain itu, marmer juga sangat rentan terhadap panas dan tumpahan asam. Jadi sebaiknya kamu tidak menempatkan peralatan masak yang masih panas di atas marmer. 

Hal ini bisa menyebabkan kerusakan serius pada marmer. Kerusakan pada marmer tidak dapat dicuci atau dilap, namun harus dipoles kembali.

Pemasangan Granit dan Marmer

(Pinterest)

Perbedaan marmer dan granit selanjutnya adalah aplikasi kedua batu alam ini. Umumnya, granit lebih tahan lama dan cocok jika digunakan sebagai lantai pada tempat-tempat umum seperti restoran atau perkantoran. 

Berbeda dengan marmer yang lebih cocok jika digunakan sebagai furniture seperti meja rias, bak mandi, dinding shower dan lantai kamar mandi.

Jadi penggunaan marmer ini memang tidak bisa sembarangan. Mengingat potensi kerusakannya yang lebih besar karena daya serapnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan batu granit.

Perawatan Granit dan Marmer

(Pinterest)

Bagi Pins yang telah memiliki salah satu batu alam ini tentu penasaran dengan cara merawatnya. Ya, granit dan marmer memang sama-sama memiliki pori-pori dengan ukuran yang cukup besar. Hal ini tentu membuat permukaan keduanya jadi lebih rentan untuk kotor. 

Jadi usahakan agar dinding atau lantai yang menggunakan granit atau marmer tidak terkena cairan yang bersifat asam, cairan kimia atau benda-benda yang panas.

Namun, jika hal tersebut terjadi, maka Pins harus segera membersihkannya supaya kedua batu ini belum sempat menyerap dan kebersihannya tetap terjaga.

Baca juga: 13 Perbedaan Granit Dan Keramik, Bahan Mana Yang Cocok Untuk Lantai Rumah?

Daya Tahan Granit dan Marmer

(Pinterest)

Perbedaan granit dan marmer selanjutnya adalah daya tahan kedua batu ini. Umumnya granit memiliki tingkat kekerasan dengan skala Mohs mencapai 6-7. 

Hal ini membuat granit tahan terhadap goresan dan kerusakan akibat suhu yang panas. Ini membuat granit sangat cocok digunakan sebagai material bangunan dapur maupun bagian luar rumah.

Tidak hanya itu, granit juga tidak akan lecet maupun mengalami perubahan warna dari kegiatan rumah tangga sehari-hari ini. 

Jadi penggunaan granit ini memang sangat tepat, terlebih daya tahannya yang sangat kuat membuat batu alam ini lebih awet dan tahan lama.

Sedangkan marmer bisa saja mengalami kerusakan akibat kegiatan memasak, seperti memotong, serta kontak dengan benda-benda panas. 

Jadi penggunaan marmer ini lebih cocok jika digunakan dengan lalu lintas aktivitas yang rendah seperti meja rias, dinding kamar mandi dan masih banyak lagi.

Harga Marmer dan Granit

(Pinterest)

Beralih ke harga, tentu banyak dari Pins yang sudah tahu bahwa baik harga marmer dan granit sama-sama tidak murah. Selain itu, biaya perawatan yang harus kamu keluarkan juga tidak sedikit. 

Umumnya lantai granit dan marmer dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp500.000 – Rp2.000.000 per meter persegi. Hal ini juga bergantung pada motif dan ukuran lantai yang kamu pilih.

Dampak dari Granit dan Marmer

Faktor perbedaan antara granit dan marmer lainnya dapat dilihat dari dampaknya yang dihasilkan. Granit dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia oleh karena corak dan bintiknya yang berpotensi untuk membawa kandungan zat radiokatif seperti uranium atau thorium dalam jumlah kecil.

Zat tersebut dapat menjadi gas beracun yang dapat berpengaruh pada kesehatan manusia lama-kelamaan. Pastikan kamu memilih granit dengan kualitas terbaik, ya!

Itulah beragam perbedaan granit dan marmer yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Kelebihan Dan Kekurangan Dari Lantai Marmer Yang Perlu Kamu Ketahui


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download