BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Desain Depan Rumah Dari Klasik Hingga Modern 2022
0
0

7 Desain Depan Rumah Dari Klasik Hingga Modern 2022

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari

Mei 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Fasad rumah merupakan istilah arsitektur yang mengacu pada desain depan rumah. Dari fasad rumah bisa diketahui karakter bangunan tersebut apakah bergaya modern minimalis, klasik, modern dan lainnya.

Ada pula yang memiliki balkon hingga area teras yang lapang untuk bersantai. Berikut beberapa model desain depan rumah yang bisa Pins jadikan rujukan untuk rumah berlantai satu ataupun dua:

Desain Fasad Semi Outdoor

desain depan rumah untuk hunian dua lantai
Source : Imglade

Fasad semi outdoor umumnya memiliki balkon sebagai area privat. Tempat ini dapat difungsikan sebagai lokasi untuk menghabiskan waktu sendirian.

Umumnya balkon dipisahkan dari area kamar dengan pintu. Tujuannya agar mudah menjangkau lokasi ini kapanpun.

Berdasarkan Smart Property Investment dikatakan rumah dengan balkon memiliki nilai jual lebih tinggi. Dikutip dari dailymail.uk menyatakan bahwa empat dari sepuluh orang lebih suka menambahkan balkon pada properti ideal mereka.

Balkon semi outdoor bisa dikombinasikan dengan beberapa tanaman di setiap sudutnya. Area ini akan lebih nampak hidup dan asri.

Bila ukuran balkon tidak terlalu besar ada baiknya dipilihkan warna putih sebagai dinding dan pagarnya. Tujuannya agar tidak menutup akses penglihatan dari luar sepenuhnya.

Jika memiliki lahan lebih luas bisa memilih desain rustic untuk balkon. Dominasi kayu akan menambah ruangan semakin elegan. Batasi furniture di balkon agar tetap terasa lapang.

Desain Fasad Open Space

Pexels

Desain depan rumah berlantai satu bisa menggunakan tema open space. Tema ini membuat tidak adanya sekat antar ruangan misalnya bagian ruang santai dan ruang tamu tidak memiliki dinding pembatas.

Ada banyak keunggulan desain rumah open space seperti tampilan lebih stylish serta tidak membutuhkan banyak jendela. Sirkulasi udara dibuat dari langit rumah yang lebih tinggi dan pemasangan ridge vent.

Pencahayaan lebih memaksimalkan cahaya matahari sebagai penerangan di siang hari. Desain depan rumah seperti ini lebih ramah lingkungan dan tak lekang termakan zaman. Bagian interior tidak memuat banyak furniture agar terlihat bersih dan rapi.

Baca juga:

Desain Fasad Jenga

Unsplash

Konsep ini mengadopsi permainan jenga yang nampak seperti rumah kontainer ditumpuk. Pins dapat menggunakan dua warna berbeda pada setiap lantainya. 

Contohnya pada lantai satu bisa menggunakan warna putih sementara lantai dua dinding berwarna hitam. Bagian lantai dua disusun menjorok ke luar lahan bangunan.

Konsep ini digandrungi banyak orang karena tata letak ruangan lebih fungsional dan sederhana. Walaupun demikian tidak mengesampingkan arsitektur bangunannya yang menonjol dan unik.

Untuk membuat rumah tampak lebih hidup bisa ditambahkan bebatuan alam pada bagian halamannya. Pins bisa menanam pohon kecil di tengah hamparan rumputnya untuk menambah keasrian bangunan.

Desain Fasad Scandinavian

Desain depan rumah klasik dengan ciri simetris di setiap sisinya
Pexels

Mulai abad ke 20 desain interior dan eksterior Scandinavian semakin populer di dunia. Scandinavia sendiri merujuk ke kawasan negara Nordik seperti Finlandia, Denmark hingga Norwegia.

Desainnya cenderung bergaya minimalis namun tetap fungsional. Material bangunan yang ditonjolkan ialah kayu dan bebatuan. Fasad dari kedua bahan tersebut diandalkan untuk menahan udara dingin.

Warna hitam dan netral lainnya lebih mendominasi. Warna hitam berguna untuk menahan panas. Desainnya juga dipenuhi garis minimalis sebagai dekorasi dan hiasan yang diandalkan membuat bangunan nampak modern.

Tak luput elemen desain Scandinavian juga berpadu dengan alam. Model fasad Scandinavian seperti ini di Eropa sering disebut downslope. Fasad rumah ini memakai dominasi warna putih untuk bangunan hingga pintu garasi. 

Pada halaman belakang terdapat hamparan rumput untuk aktivitas piknik dan bermain. Ada pula fasad rumah Scandinavian yang memakai atap datar dengan awning.

Baca juga:

Desain Fasad Bohemian

Desain depan rumah dengan variasi warna cerah untuk bangunannya
Source : HGTV

Rumah bergaya Bohemian cenderung tidak memiliki aturan baku. Ia bisa berupa campuran rustic, vintage hingga klasik. Warna gaya Bohemian lebih berani dan anti mainstream.

Dari fasad Bohemian bisa diketahui kepribadian pemilik rumah yang suka dengan warna cerah dan kebebasan. Cocok sekali bagi mereka yang menganut gaya hippie.

Dekorasi fasad rumah Bohemian bahkan dapat dilengkapi dengan dream catcher. Desain rumah seperti ini cocok untuk mereka yang suka nuansa ceria dan kreatif.

Desain Fasad Neo Klasik

Desain depan rumah klasik dengan ciri simetris di setiap sisinya
Pexels

Desain depan rumah Neo Klasik memiliki ciri simetris dan rapi. Ciri khasnya adalah halaman depan yang berdiri tegak dan mampu menopang atapnya.

Bagian fasad berbentuk memanjang dan datar. Gaya seperti ini sering ditemukan pada perumahan di Eropa. Cocok untuk Pins yang menyukai bangunan mewah dengan pilar-pilarnya yang menonjol.

Kombinasi warna ringan dan soft memaksimalkan pencahayaan. Umumnya mencondongkan warna putih, cream dan menghindari warna gelap. Ada pula cetakan pada langit-langit dan lengkungan sehingga berkesan klasik.

Baca juga:

Desain Fasad Mediterania

Pexels

Gaya fasad ini bisa diterapkan pada segala ukuran rumah termasuk minimalis. Konsepnya berasal dari pesisir laut Mediterania seperti rumah di kawasan Athena, Beirut, Madrid hingga Yerusalem.

Umumnya memakai warna terang seperti orange hingga kuning. Tingkat ketebalan dan kepekatan saat menghasilkan warna cat cenderung tidak merata.

Kesan fasad seperti ini memiliki halaman depan yang teduh. Detail dekoratif memakai warna alami untuk bagian dinding bangunan.

Ornamen khas Mediterania terlihat jelas pada bingkai pintu, pilar rumah, balkon bahkan pagar. Ketika musim panas memberikan suasana sejuk dan saat musim dingin menciptakan suasana hangat.

Bagaimana menurut Pins tentang pilihan desain depan rumah di atas? Mana yang lebih cocok untuk hunianmu?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download