12 Desain Rumah Tanpa Plafon yang Menarik

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

12 Desain Rumah Tanpa Plafon yang Menarik

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 17 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Apa Pins familiar dengan desain rumah tanpa plafon? Rata-rata perumahan pada negara tropis yang ditemui menggunakan plafon sebagai pelapis material atap rumah. Plafon dipercaya dapat meredam tingginya suhu di luar dan menetralkan udara sejuk di dalam rumah. Selain itu, atap rumah tanpa plafon dinilai lebih beresiko. Namun kini, seiring dengan perkembangan zaman, desain rumah tanpa plafon mulai banyak digunakan pada hunian.

Pinhome – Bila Pins lebih memperhatikan, penggunaan plafon dalam hunian sebenarnya juga dapat menjadi sarang tinggal beberapa hewan yang tidak diinginkan. Tikus misalnya, senang berada pada plafon atap yang bila didiamkan akan merugikan penghuni. Dengan berkembangnya material atap bangunan, Pins tidak perlu lagi khawatir akan suhu panas ruang sekaligus menghilangkan sarang hewan liar. Maka dari itu penggunaan atap rumah tanpa plafon menjadi solusi yang menarik. Seperti apa macam desainnya? Intip langsung yuk!

Baca Juga: Mengenal Apa itu Plafon PVC dan Beragam Modelnya

Rumah Tanpa Plafon Material Kayu

(Pinterest)

Lagi-lagi material kayu, kayu memang menjadi material terlaris yang digunakan dalam hunian. Baik dalam segi keindahan maupun kekuatan membuatnya menjadi favorit. Atap rumah tanpa plafon bisa dibuat menarik dengan penggunaan material kayu yang didesain menarik. Pins bisa menambah beberapa kayu di bawah atap dengan desain vertikal atau horizontal seperti pada tampilan dapur di atas. Selipkan lampu sorot pada sela-sela kayu, hasilnya seperti berada dalam kafe yang nyaman.

Tampilan Modern Rangka Besi Kaca

(Security Boulevard)

Untuk penggunan material besi kaca, pada atap juga bisa menjadi pilihan. Cocok sekali ditempatkan di atas ruang tamu maupun ruang keluarga. Santai sore dan pagi hari akan semakin lebih terasa dengan atap model seperti ini. Pins tidak perlu khawatir bocor bila curah hujan sedang tinggi, atap material baja apalagi dikombinasikan dengan kaca sudah terbukti kuat dan tentunya anti karat.

Penggunaan Desain Atap Ekpose

(Home)

Apa Pins pernah mendengar mengenai desain atap ekspose? Desain satu ini sengaja memperlihatkan tekstur dari atap tanpa adanya penutup plafon. Bagian bawah atap sengaja di perlihatkan atau sengaja diekspos agar menarik dan cenderung artistik. Materialnya bisa beragam, mulai dari kayu, batu bata hingga tanah liat. Teknik satu ini membuat ruangan terlihat lebih luas dan tentunya sirkulasi udara di dalamnya lebih baik. Padukan dengan desain jendela besar pada ruang untuk hasil maksimal.

Modern dengan Material Baja

(Arcdaily)

Bagaimana bila tampilan bawah atap menggunakan baja secara keseluruhan? Tentu bisa. Tampilan ruang akan terlihat modern tanpa khawatir akan panas. Salah satu jenis atap dengan teknik ekspose ini, kini sedang digemari pada hunian bergaya indusrial. Apa Pins ingin juga memilikinya?

Desain Melengkung Kekinian

(Pinterest)

Penggunaan atap baja pada hunian memang kini menjadi primadona. Mayoritas desain atap bisa dibuat dengan tampilan modern yang menarik. Salah satunya model rumah yang tidak menggunakan plafon dengan desain melengkung. Rumah akan semakin terlihat luas dan tentunya terlihat lebih cerah. Desain atap tinggi seperti ini sedang digandrungi kaum milenial lho!

Atap Artistik Desain Unik

(Madiridinc)

Masih bosan dengan tampilan atap yang monoton? Pins bisa berkreasi dengan tampilan yang artistik. Salah satunya penggunaan kayu seperti pada contoh di atas. Langit-langit dibuat tinggi dengan pembagian kayu berongga yang didesain unik. Hasil akhirnya tentu membuat hunian modern milik kamu tidak ada duanya.

Desain Rumah Tanpa Plafon Tema Industrial

(Pinterest)

Rumah bergaya industrial memang kini sedang digandrungi. Dengan anggaran yang terbatas, kamu bisa membuat rumah berpenampilan modern yang tentunya tidak membosankan. Hal ini juga bisa diterapkan pada rumah yang tidak menggunakan plafon. Tembok semen tanpa finishing bisa terlihat jelas disana, pipa-pipa air ataupun saluran listrik pun bisa terlihat sangat jelas.

Atap Rumah Tanpa Plafon Jenis Kuda-Kuda Kayu

rumah tanpa plafon
(Ruang Arsitek)

Memperlihatkan balok-balok kayu pada atap juga menjadi salah satu hal menarik yang dapat ditonjolkan dari desain rumah tanpa menggunakan plafon. Balok kayu bisa disusun sesuai dengan selera baik dalam tampilan horizontal maupun vertikal. Selain itu Pins Pun bisa berkreasi dengan ukuran balok tebal ataupun tipis.

Penggunaan Plafon Kombinasi

rumah tanpa plafon
(Reynaersathome.co.uk)

Ide lainnya, Pins bisa menggunakan model atap plafon kombinasi yang didominasi kaca. Ruang akan terlihat lebih cerah dan tentunya membuat sirkulasi udara dan pencahayaan semakin baik. Bila khawatir akan panas, Pins bisa menggunakan material kaca yang dapat memantulkan cahaya agar udara panas tidak menyerap masuk ke dalam rumah.

Layaknya Kubah Masjid

rumah tanpa plafon
(Pinterest)

Ingin memiliki rumah layaknya berada di dalam masjid yang sejuk? Pins bisa menggunakan tampilan rumah yang tidak menggunakan plafon dengan bentuk kubah. Material bisa menggunakan kaca dan juga membuat tampilan depan rumah lebih artistik, cocok sekali digunakan pada desain atap rumah yang cenderung tinggi.

Baca Juga: 8 Dekorasi Masjid yang Buat Suasana Menjadi Lebih Syahdu

Penggunaan Bahan Alami Ramah Lingkungan

rumah tanpa plafon
(Lanier)

Selanjutnya adalah penggunaan bahan alami ramah lingkungan. Hal ini bisa diwujudkan pada perumahan modern. Sperti pemakaian material bambu atau ilalang pada tampilan bawah atap. Hunian akan lebih sejuk dan tentunya baik bagi kesehatan penghuni walaupun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Rumah Tanpa Plafon Adaptasi Arsitektur Modern dan Tradisonal

rumah tanpa plafon
(Pinterest)

Nah, Bila Pins merupakan salah satu penghuni yang menyukai penggunaan arsitektur tradisonal, atap satu ini bisa menjadi inspirasi. Penggunaan desain modern dan tradisonal dalam rumah yang tidak ingin menggunakan plafon adalah dengan mengkombinasikan. Desain ruang industrial yang dipakai pada atap kayu terekspos merupakan salah satu hal yang menarik. Walaupun rumah modern gaya atap kayu yang kental akan suasana tradisonal tetap bisa diwujudkan.

Itulah beberapa inspirasi menarik mengenai desain rumah yang tidak menggunakan plafon. Semoga dapat memberikan gambaran menarik hunian modern yang tentunya tidak ketinggalan zaman. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Desain Rumah Sendiri


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel