11 Desain Kamar Tidur yang Bikin Makin Nyaman

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Achlisia Putri ∙ January 27, 2023 ∙ 6 menit membaca

Kamu punya kamar tidur sempit, dan bingung untuk menatanya? Jangan khawatir! Meski terbilang sempit, kamu tetap bisa menyulap kamar tidur yang nyaman dan terasa luas. Berikut ini beberapa tips untuk desain kamar tidur sempit sehingga terkesan lapang dan luas.

Baca juga: Menentukan Ukuran Kamar Tidur Ideal

Tips Desain Kamar Tidur Sempit

desain kamar tidur sempit

Ruang kamar, sama seperti bagian rumah lainnya, tidak boleh dirancang dengan sembarangan. Untuk Pins yang ingin membuat kamar nampak lebih luas, perhatikan beberapa tips berikut ini:

Batasi Fungsi Kamar

Pertama, batasi fungsi kamar tidur. Karena ukurannya yang kecil, pastikan kamar tidur hanya digunakan untuk menjalankan fungsi utamanya, yakni sebagai tempat untuk beristirahat. Hindari menjadikan kamar tidur sebagai tempat bekerja, belajar maupun berolahraga.

Hindari Banyak Furnitur

Kedua, hindari pemasangan perabot dan barang-barang yang berlebihan. Hindari menaruh barang-barang yang tidak diperlukan ke dalam kamar tidurmu.

Jika kamu memaksakan hal ini, kamar tidur akan terasa semakin sempit dan terkesan berantakan. Ada baiknya kamu cukup menempatkan furnitur seperti lemari pakaian maupun rak ambalan dari papan ataupun kayu.

Baca juga: Tips Memilih Furnitur Kamar Tidur

Maksimalkan Tempat Penyimpanan

desain kamar tidur sempit

Ketiga, maksimalkan tempat penyimpanan. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan furnitur multifungsi. Agar barang-barang di kamar bisa tersimpan dengan rapi, kamu bisa menggunakan kolong tempat tidur sebagai tempat penyimpanan.

Ada baiknya jika kamu mendesain tempat tidur yang dilengkapi dengan lemari atau rak di bagian kolongnya. Begitu pula dengan meja rias, pastikan dilengkapi dengan lemari.

Maksimalkan Pencahayaan

desain kamar tidur sempit

Keempat, memaksimalkan pencahayaan. Untuk membuat kesan lapang dan luas, kamu bisa menambahkan cermin besar pada salah satu dinding kamar. Jangan lupa membuat jendela kamar berukuran besar sehingga sinar matahari bisa masuk memenuhi ruangan.

Keberadaan jendela ini juga bisa membantu sirkulasi bisa berjalan dengan optimal sehingga bisa mengurangi hawa panas di dalam ruangan. Dengan adanya jendela, kamu bisa menghemat penggunaan listrik khususnya pada siang hari. Kamar tidur pun menjadi lebih sehat.

Baca juga: Tips Desain Kamar Tidur Utama

Pemilihan Warna

Kelima, pemilihan warna. Pemilihan warna cat kamar tidur yang tepat bisa memberikan kesan kamar tidurmu terasa luas dan lega. Warna-warna yang dianjurkan antara lain warna-warna terang yang mendekati warna putih.

Bisa pula menggunakan warna-warna yang tegas seperti kuning dan biru. Kamu juga bisa mengkombinasikan warna-warna tersebut. Misalnya, warna putih dengan warna-warna lain. Jika menginginkan kesan mewah, kamu bisa memadukan warna biru atau merah.

Baca juga:

Desain Kamar Tidur Sempit

Setelah mengetahui tipsnya, Pins juga harus tahu inspirasi desain kamar tidur yang bisa kamu coba. Berikut ini desain menarik yang dapat Pins pilih:

Kamar Tidur Sempit Simple

desain kamar tidur sempit
(Pinterest)

Tidak masalah bila Pins menginginkan kesan simple pada kamar tidur sempit kamu. Pins bisa menggunakan warna terang pada cat dinding. Selain itu, tambah juga beberapa tananaman hias kecil di kamar agar nampak segar.

Desain Kamar Tidur Sempit Minimalis

(Pinterest)

Agar tampak minimalis, Pins bisa memilih warna putih pada kamar tidur. Selain itu, kamar tidur sempit sebenarnya tidak terlalu membutuhkan banyak dekorasi. Ini tentunya agar area kamar terkesan lebih lapang.

Kamar Tidur Sempit Beraksen Coklat-Putih

desain kamar tidur sempit
(Pinterest)

Perpaduan warna coklat dan putih bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamar tidur sempit kamu. Ini karena warna tersebut memberi kesan nyaman dan hangat di dalam kamar. Jangan lupa, Pins bisa tambahkan beberapa dekor menarik.

Kamar Tidur Sempit tanpa Ranjang

(Minimalis)

Untuk kamar tidur yang tidak luas, Pins bisa membuatnya tanpa ranjang lho. Pins bisa menggantinya dengan kasur dengan warna yang selaras dengan dinding kamar. Agar terkesan segar, Pins bisa menambahkan beberapa tanaman hias di kamar.

Baca juga: Inspirasi dalam Membuat Kamar Tidur Mewah Minimalis Modern

Kamar Tidur Sempit dengan Elemen Kayu

desain kamar tidur sempit
(Pinterest)

Tambahan elemen kayu pada kamar bisa membuat kamar tidur terkesan lembut dan hangat. Kamar semakin cantik dengan tambahan beberapa furniture seperti rak dinding dan meja belajar bahkan cermin.

Kamar Tidur Sempit Ranjang Melintang

(Pinterest)

Ranjang tentunya menjadi bagian paling penting dalam sebuah kamar. Pada kamar yang sempit, Pins bisa menempatkan ranjang secara melintang di kamar agar menghemat ruang. Dengan cara ini, Pins dapat memaksimalkan ruang yang tersisa untuk kebutuhan yang lain.

Kamar Tidur Sempit Gaya Industrial

desain kamar tidur sempit
(InteriorDesign.id)

Gaya industrial bisa kamu tonjolkan di kamar tidur melalui dekor batu di dalam kamar. Kamu juga bisa memasang beberapa dekor menarik bertema industrial.

Desain Kamar Tidur Sempit untuk 2 Orang

(Tribun Solo)

Kamar sempit sebenarnya bisa cukup dengan dua orang. Jadi Pins bisa menambahkan dua kasur dengan penempatan yang tepat. Agar hemat ruang, kamu bisa menatanya dengan sejajar.

Pins juga tetap bisa menambahkan beberapa barang lain agar kamar tampak cantik. Mislanya, kamu bisa menambah meja atau lampu tidur di kamar.

Desain Kamar Sempit Remaja

desain kamar tidur sempit
(Pinterest)

Remaja yang berjiwa muda dan liar tentunya menginginkan kamar tidur yang menarik. Pins bia mencoba menggunakan warna cat berbeda di beberapa bagian. Selain itu, tambah beberapa dekor dengan kesan muda di beberapa bagian kamar.

Kamar Tidur Sempit Monokrom

(Pinterest)

Konsep monokrom adalah pilihan terbaik bagi Pins yang menginginkan kesan kalem pada kamar tidur. Agar kesan monokrom lebih menonjol, pastikan kamu memilih barang-barang dengan warna yang selaras dengan dinding kamar.

Kamar Tidur Sempit dengan Tumblr Estetik

desain kamar tidur sempit
(momsmoney.id)

Pins bisa menambahkan lampu-lampu tumblr cantik yang ditata di dinding kamar. Tambahan lampu-lampu ini akan membuat kamar Pins makin estetik. Namun, Pins harus bisa menatanya dengan rapi agar tidak berantakan.

Nah, itulah beberapa desain kamar tidur sempit lengkap dengan tipsnya. Dengan menerapkan inspirasi dan tips-tips tersebut, kamu bisa mewujudkan kamar tidur yang nyaman dan terasa luas merki memiliki ukuran sempit. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia