BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Model Furniture Multifungsi untuk Rumah Kecil
0
0

10 Ide Model Furniture Multifungsi untuk Rumah Kecil

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 27, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Disadari atau tidak, kehadiran furniture multifungsi pada sebuah ruangan mempunyai pengaruh yang besar dari sisi kenyamanan dan estetika. Dapat dilihat misalnya pada saat furniture multifungsi melekat ada sebuah benda yang seharusnya dua atau lebih menjadi satu benda.

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan multifungsi furniture di dalam huniannya, terutama bagi mereka yang menggunakan desain rumah modern dan rumah minimalis. Peralatan serbaguna mempunyai banyak sekali manfaat dalam rumah.

Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin memiliki rumah minimalis telah ada fasilitas Pengajuan KPR untuk mewujudkannya.

Baca juga: 

Apa itu Furnitue Multifungsi?

(

Furniture multifungsi adalah sebuah perabotan yang mempunyai lebih dari satu kegunaan pada suatu benda. Biasanya, furniture jenis ini digunakan pada rumah yang menggunakan konsep minimalis atau rumah yang berukuran kecil, seperti pada apartemen tipe studio atau rumah tipe 21-36.

Ada banyak sekali model multifungsi furnitur di pasaraan saat ini. Bentuk furnitur juga berbeda dengan yang biasanya, karena perabotan ini bisa disesuaikan di setiap tempat, contohnya seperti dapat diputar, dilipat, ataupun ditarik. Desainnya dirancang oleh ahli di bidangnya sehingga mampu memberikan manfaat yang maksimal dan aman digunakan.

Baca juga: 11 Model Pilar Rumah, Solusi Minimalis Untuk Tampilan Mewah

Kelebihan Furniture Multifungsi

Source : Themomnerd

Furniture multifungsi semakin dikenal banyak orang karena kepraktisannya. Fungsi sebuah benda pun akan lebih optimal dan dapat digunakan untuk berbagai aktivitas walau ukurannya lebih ramping atau kecil. Selain itu, furniture ini juga dapat memaksimalkan penggunaan ruang agar tidak terlalu sempit pada saat digunakan. Kelebihan dari multifungsi furnitur lainnya bisa disimak sebagai berikut:

  • Harganya bervariatif yang bisa disesuaikan dengan budget dan preferensimu
  • Bobotnya lebih ringan daripada furnitur aslinya. Kamu bisa dengan mudah memindahkan ke tempat lain jika butuh renovasi atau penataan ulang ruangan
  • Gaya desainnya cukup unik dan spesial daripada furnitur aslinya. Satu furnitur tak jarang memiliki lebih dari dua transformasi bentuk lain karena sifatnya yang bongkar pasang atau modular
  • Dalam produksi dan penggunaannya tergolong efisien karena mampu memenuhi beberapa penggunaan

Ide Model Furniture Multifungsi untuk Rumah Kecil

Selain dapat menghemat area penemepatan, furnitur mulitifungsi secara estetis juga akan lebih indah dan simpel. Cocok untuk diaplikasikan pada rumah yang memiliki ukuran kecil. Pada artikel kali ini Pinhome akan memberikan beberapa ide model furniture multifungsi untuk rumah kecil.

1. Partisi Lemari atau Rak

Source : Tokopedia

Kamu dapat memanfaatkan partisi ruangan dengan membuat rak atau lemari di bagian belakangnya. Isi dari rak tersebut juga dapat bervariasi, mulai dari baju, buku, pajangan dekorasi rumah, sampai sepatu.

2. Headboard Rak Buku

Source : Favim

Kamu dapat mendesain bagian atas tempat tidur atau sofa dinding dengan menambahkan rak buku. Penerapan furniture seperti ini dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dan ramping. Selain itu, Kamu dapat bersantai sembari menikmati bacaan favorit.

3. Sofa Bed

Source : Amazon

Jika tempat tidur yang dapat ditarik dan disembunyikan ke arah dinding sudah biasa, Kamu dapat memilih satu set furnitur tempat tidur dengan sofa. Furnitur yang satu ini dinamakan spaceman furniture yang dioperasikan dengan sistem penyeimbang untuk mengangkat tempat tidur dan membuat fungsi lain, yaitu dapat digunakan sebagai sofa.

Spaceman furniture merupakan tempat yang tepat untuk solusi hemat ruang yang inovatif dan cara yang rapi untuk benar-benar mendapatkan ruang fungsional.

4. Rak Tangga

Source : The Designer Chaser

Tangga pada umumnya akan memakan banyak tempat karena ukurannya yang terbilang cukup besar. Untuk membuat ruang tambahan harus mengubah tata letak tangga, Kamu hanya perlu beberapa renovasi kecil dengan menambahkan banyak laci di setiap sudutnya. Dengan mengubah setiap tangga menjadi laci, kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan sepatu, dan barang kecil lainnya.

5. Kursi Ottoman atau Storage

Source : Amazon

Terbuat dari kayu solid yang tahan lama dan kuat, kursi ottoman tidak hanya menawarkan fungsi sebagai tempat duduk biasa saja. Selain dapat dijadikan sebagai tempat duduk, kursin yang satu ini juga menyediakan ruang penyimpanan tersembunyi dan kursinya dapat menampung beban mencapai 90 kg lebih.

6. Rak Buku dan Meja Belajar

Source : Indofurnia

Jika Kamu merupakan seorang yang rajin membaca akan tetapi tidak mempunyai ruang untuk buku, Kamu dapat menggunakan furnitur yang satu ini. Desain furnitur yang satu ini bisa disesuaikan dengan ruang, prefensi, dan kebutuhan penyimpanan Kamu. Rak buku kotak yang berkelas dengan meja belajar yang menyatukan semua bagian dengan sempurna dengan gaya dan fungsionalitas dalam ukuran yang sama.

7. Kursi Lipat dengan Meja

Source : Blibli

Tanpa disadari, kursi lipat yang sering dilihat di kampus atau kantor ternyata adalah salah satu furniture multifungsi. Kamu bisa memilih kursi lipat yang memiliki model stylish dan modern.

8. Floor Lamp dengan Meja Samping

Source : AliExpress

Mempunyai floor lamp di ruang tamu bisa membantu pencahayaan ketika Kamu membaca buku atau harus bekerja hingga larut malam. Mempunyai floor lamp yang dilengkapi dengan meja samping merupakan furniture yang harus dipertimbangkan. Selain mendapatkan pencahayaan yang bagus ketika Kamu membaca atau bekerja juga bisa meletakkan remot, buku, atau gelas kopi di meja tersebut.

9. Meja Makan Tarik

Source : De Homary

Furniture yang satu ini mempunyai fungsi yang menakjubkan ketika kamu mempunyai dapur berukuran kecil atau terbatas. Kamu masih tetap bisa beraktivitas seperti biasa tanpa harus terhalang oleh meja makan dan kursi yang menetap di tengah ruang dapur, karena meja yang satu ini dapat ditarik dan disembunyikan ketika tidak digunakan.

10. Meja Dapur Multifungsi

Source : Pexels

Sekecil apa pun rumah Kamu, meja dapur adalah kebutuhan yang harus ada. Kamu bisa mempunyai kitchen set dengan fitur berupa meja tarik yang melekat di dasar lemarinya. Meja tarik ini dapat digunakan sebagai talenan atau menaruh bahan makanan yang akan dimasak.

Itu dia beberapa furniture multifunsi yang berguna untuk rumah minimalis atau rumah yang berukuran kecil. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Britania Green Resort dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download