14 Dekorasi Kamar Tidur Sempit Agar Nyaman dan Menarik

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ 10 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Bagi sebagian orang memiliki kamar tidur yang luas merupakan sebuah impian. Kasur yang lebar, tempat bersantai yang luas, maupun lemari pakaian yang besar menjadi angan-angan para pemilik kamar tidur sempit. Namun Pins tidak perlu risau, jika mengetahui cara dekorasi kamar tidur sempit dengan benar. Ide kreatif akan banyak bermunculan demi menyongsong kamar nyaman dan mampu menampung segala kebutuhan kamar yang Pins inginkan.

Apa Pins merupakan salah satu penghuni rumah yang memiliki masalah yang sama? Dekorasi kamar tidur sempit bisa menghasilkan kamar yang indah dan nyaman jika tahu dekorasi tata letak ruang yang benar. 

Mulai dari penataan perabot, pewarnaan ruangan, hingga jenis ruangan mempengaruhi dekorasi kamar yang sempit. Cara dekorasi kamar tidur sempit di bawah ini bisa Pins terapkan untuk menciptakan kamar yang nyaman.

Dekorasi Kamar Tidur Sempit dengan Banyak Penyimpanan

Dekorasi kamar Tidur Sempit
(Ikea)

Desain kamar tidur dengan banyak penyimpanan di dalamnya memang cocok diaplikasikan pada dekorasi kamar tidur sempit. Pins bisa menggunakan space di belakang kasur untuk membuat lemari pakaian sekaligus tempat penyimpanan barang. Bila ruangan kamar tidur Pins tidak ingin terlihat berantakan, cobalah untuk menggunakan desain rak lemari tertutup dengan warna yang cerah.

Baca Juga: 8 Kombinasi Warna Cat Tembok Kamar

Dekorasi Kasur di Bagian Tengah Ruangan

Dekorasi kamar tidur sempit
(Ikea)

Pemilihan tata letak kasur dalam dekorasi kamar tidur sempit menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan ikon utama dari suatu kamar tidur adalah kasur yang nyaman. Cobalah untuk memilih kasur terbaik dan tempatkan di tengah ruangan. Ini akan membantu Pins untuk memanfaatkan space di sekitar ruangan untuk benda-benda yang ingin Pins letakan di dalam kamar. 

Baca Juga: Motif Wallpaper Kamar Tidur Yang Punya Banyak Penggemar

Dekorasi Kamar Tidur Sempit Serba Putih

Dekorasi kamar tidur sempit
(Home Designing)

Dekorasi kamar tidur sempit sederhana selanjutnya diadaptasi dari pemilihan warna pada ruangan untuk menghasilkan kesan leluasa dan nyaman. Warna putih merupakan salah satu warna terbaik untuk kesan tersebut. Pemakaian warna putih untuk semua perabot rumah, kasur, hingga warna cat tembok dapat membuat kamar tidur Pins terlihat luas, bersih dan juga nyaman.

Penambahan Tanaman Hias dalam Kamar

Dekorasi kamar tidur sempit
(Ivy Muse)

Siapa bilang tanaman hias tidak bisa ditaruh di dalam kamar? Tanaman hias cocok menjadi salah satu barang pendukung dekorasi kamar tidur sempit. Tanaman akan menambah kesan nyaman dan sejuk dalam satu ruang sekaligus membuat kamar tersebut semakin aesthetic. Cocok dijadikan kamar pengisi konten instagram yang menarik. Tertarik?

Memanfaatkan Tembok Dengan Rak

Manfaatkan rak
(Viz-People)

Bila Pins ingin benar-benar memaksimalkan lahan dalam kamar tidur yang sempit, Pins dapat memanfaatkan ruangan maupun tembok yang dipakai menjadi rak tersembunyi. Hal tersebut akan membuat ruang dalam kamar terlihat lebih luas dan minimalis. Cobalah untuk memadupadankan dengan lantai kayu motif warna cerah agar memunculkan kesan rapi dan cerah.

Pemanfaatan Jendela Besar dalam Kamar

Manfaatkan jendela besar
(Behance)

Memanfaatkan kaca besar yang ditaruh sebagai jendela ruangan merupakan salah satu trik membuat kamar sempit menjadi luas selanjutnya. Dekorasi kamar tidur sempit sederhana milik Pins akan terlihat lebih menarik dengan kehadiran kaca super besar. Selain tidak perlu khawatir lagi akan cahaya matahari yang masuk ke dalam ruang, sirkulasi udaranya pun sangat baik.

Pemanfaatan Ruang dalam Ruang

Pemanfaatan ruang dalam ruang
(Home Desgining)

Pemanfaatan ruang dalam ruang dapat Pins aplikasikan pada hunian yang cenderung sempit. Dekorasi kamar tidur sempit dapat Pins maksimalkan dengan banyak ruang di dalamnya. Tidak hanya sebagai tempat istirahat, kamar tidur Pins bisa menjadi ruang berkumpul keluarga, maupun mengerjakan pekerjaan kantor. Pins bisa memanfaatkan dekorasi mezzanine kamar dengan warna yang cenderung cerah dan simpel.

Gunakan Tempat Tidur Serbaguna

Dekorasi kamar tidur sempit
(instagram @stephents3d)

Dekorasi tempat tidur kini memang beragam jenis dan juga motifnya. Mulai dari menggunakan bahan besi, kayu bahan rotan. Untuk menghasilkan ruang yang menarik dan tetap pada fungsinya. Desain kamar tidur serbaguna dapat Pins pakai dalam ruangan sempit seperti di atas. Bagian bawah tempat tidur dapat digunakan untuk penyimpanan. Selain itu jangan lupa untuk menambahkan aksesoris dekorasi pada kamar ya, agar tetap terlihat indah dan juga menarik.

Desain Loteng Sebagai Kamar Tidur

Desain kamar tidur sempit
(Home Designing)

Masih bingung menempatkan bagian kamar tidur yang sempurna tapi tidak memakan banyak bagian dalam hunian? Pins bisa menggunakan area loteng di dalam rumah. Loteng rumah tidak serta merta digunakan hanya untuk gudang lho Pins! Pins dapat menggunakannya sebagai desain kamar tidur cantik yang hangat. Jangan lupa untuk memasang kaca yang cukup besar untuk sirkulasi udara dan padukan dengan material kayu lembaran pada alas dan atap ruangan.

Perbanyak Kaca Dalam Ruang

Dekorasi kamar tidur sempit
(Pinterest)

Ini merupakan salah satu trik tak kasat mata yang banyak berhasil pada ruang tidur yang sempit. Gunakan kaca besar yang cukup banyak pada bagian muka lemari pakaian atau bagian belakang tempat tidur. Hal ini akan membuat kamar sempit milik Pins terlihat luas dan lebar. Apa Pins tertarik? Cobalah untuk memadukan warna cat kayu putih pada lantai. Kamar scandinavian milik Pins akan menarik perhatian.

Memaksimalkan Ruang Langit-Langit di Dalam Kamar

Dekorasi kamar tidur sempit
(Home Designing)

Ruang langit dalam kamar jangan disepelekan lho Pins! Ini bisa menjadi salah satu cara memaksimalkan luas ruangan yang sempit. Tidak perlu dibuat melebar ke samping, desain dekorasi kamar tidur yang sempit ke atas juga sedang happening di hunian. Pins bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Bila memerlukan luas kamar untuk bermain, Pins dapat menaruh kamar tidur di ruang atas. Namun, bila belum ada keperluan tersebut Pins dapat menukar lantai atas sebagai tempat penyimpanan barang.

Memanfaatkan Dekorasi Gantung dalam Kamar

Dekorasi kamar tidur sempit
(Home Designing)

Memaksimalkan dekorasi gantung pada ruang tidur yang sempit akan membuat ruangan terlihat luas dan kosong. Contohnya penggunaan lampu gantung seperti pada gambar di atas. Selain lampu tidur maupun lampu utama yang dibuat menggantung, Pins dapat menambahkan tanaman gantung yang segar pada kamar.

Kasur dan Sofa Lesehan

Dekorasi kamar sempit
(Pinterest)

Down to earth! Ini salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk desain kamar tidur sempit, biasanya dengan ukuran 2×2 meter. Down to earth yang dimaksud disini adalah bukan rendah hati, namun menempel pada bumi. Gunakan kasur dan sofa lesehan, sehingga tidak perlu memakan banyak tempat. Atur penggunaan cahaya, agar semakin syahdu. Terakhir, tambahan lukisan kecil, untuk membuat kamar terlihat simpel tapi menarik.

Kamar Tanpa Lemari ala Drakor

Dekorasi kamar tidur sempit
(Pinterest)

Kamu penggemar drakor? Pasti sering melihat kamar-kamar di serial drama korea yang tidak menggunakan lemari. Dan ternyata, ini adalah salah satu trik yang digunakan untuk menyiasati desain kamar tidur yang sempit. Untuk penyimpanan bajunya, Pins dapat memanfaatkan gantung baju. Kemudian untuk meletakan dokumen atau buku-buku yang, Pins bisa menggunakan lemari gantung yang ditempatkan pada dinding.

Bagaimana Pins? Cukup menarik bukan? Kini, dekorasi kamar tidur sempit di rumah dapat Pins maksimalkan dengan berbagai cara di atas. Jangan lupa untuk selalu eksplorasi berbagai desain dan tren baru ya Pins, agar kamar tidur milik Pins semakin nyaman dan tetap eksis.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Puri Cendana di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia