Pinhome

Finansial

Meminimalisir Biaya Bangun Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Biaya bangun rumah biasanya merupakan masalah utama yang dialami oleh orang ketika berencana untuk membangun sebuah rumah. Tidak jarang biaya pembangunan rumah membengkak dari anggaran dan rencana awal sehingga menghambat proses pembangunan rumah anda. Oleh karena itu, dalam perencanaan awal, anda harus detail dan teliti dalam menghitung anggaran biaya. Biasanya orang lebih memilih menggunakan jasa seorang arsitek ataupun kontraktor untuk membangun rumah, namun anda jangan langsung percaya dengan harga yang mereka tawarkan. Coba anda cek sendiri perhitungan yang mereka berikan.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan seorang kontraktor, maka biasanya mereka akan mengajukan sebuah harga untuk jasanya dan biaya total pembangunan. Dari total biaya yang mereka, anda bisa mengecek sendiri apakah nilai-nilai tersebut sudah benar atau belum. Coba anda turun langsung ke lapangan untuk mengecek apakah harga sekantong semen bener atau harga pasir sudah benar. Jika ada yang lebih murah, coba ditawarkan pada kontraktor anda. Perbedaan yang kecil pun dapat mengurangi biaya bangun rumah anda.

Tips untuk mengurangi biaya bangun rumah

Semua orang tentunya menginginkan sebuah rumah yang nyaman dan ideal, namun dengan biaya pembangunan yang semurah mungkin. Jika dipikir hal ini mustahil terjadi, karena biasanya harga berbanding lurus dengan kualiatas. Namun jika anda cerdik dan kreatif maka anda dapat melakukan beberapa alternatif untuk meminimalisir biaya bangun rumah. Biasanya yang menyebabkan biaya bangun rumah sangat mahal adalah penggunaan bahan materialnya. Hal ini dapat anda kurangi dengan memilih brand lokal dibandingkan dengan yang luar. Banyak produk lokal yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang terjangkau pula. Jika memang anda tetap pengin menggunakan produk yang mahal, maka anda bisa mencampur dua brand yang berbeda. Contoh simpelnya adalah semen. Anda bisa mencampur dua brand semen yang berbeda, kualitasnya pun nanti tidak jauh berbeda dengan yang mahal. Selain itu anda juga dapat menghemat biaya bangunan dengan membangun rumah dengan ukuran yang tepat. Cobalah anda membangun sebuah rumah dengan ukuran pas kelipatan 4 atau 3. Sebagian besar bahan material seperti besi dibeli dengan ukuran kelipatan 3. Oleh karena itu jika anda bisa membeli ukuran yang pas, tanpa ada yang terbuang, maka anda bisa menghemat banyak biaya pembangunan.

Cara lain untuk meminimalisir biaya bangun rumah adalah dengan menggunakan mandor atau tukang yang handal dan terpercaya. Biasanya seorang mandor yang berpengelaman akan mematok biaya yang agak tinggi, namun hal ini dapat membantu anda mempercepat pembangunan rumah anda. Semakin cepat proses pembangunannya, maka probabilitas membengkaknya biaya bangun rumah anda juga akan semakin kecil. Terkadang banyak orang yang memilih untuk memilih mandor yang murah, namun tidak jarang waktu selesainya molor, biaya membengkak dan hasilnya kurang memuaskan. Oleh karena itu lebih baik anda membayar sedikit lebih untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jadi sebenarnya banyak cara untuk meminimalisir biaya bangun rumah. Anda harus pinter mengakali biaya-biaya yang akan anda keluarkan sehingga biaya totalnya tidak terlalu besar. Cobalah membuat sebuah anggaran biaya yang detail untuk setiap bagian ruangan atau proses. Jadi jika nanti memang ada kenaikan biaya, maka anda bisa mengetahui kenaikan itu berasal dari mana.

Semoga dengan tips-tips diatas anda bisa menghemat biaya pembangunan anda dan mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan anda.

Bagikan Artikel