Pinhome

Tips Properti

Tips dan Trik Membangun Rumah Tingkat Minimalis

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 20 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Rumah bergaya minimalis memang sudah menjadi tren sejak beberapa tahun yang lalu karena memiliki bentuk yang sederhana dan simple. Dan juga biaya pemeliharaan rumah yang dikeluarkan lebih rendah. Saat ini, desain minimalis banyak diminati oleh anak muda karena biaya yang terjangkau.   Simak tips dan trik membangun rumah tingkat minimalis!

Pinhome – Meskipun simpel dan sederhana, kamu harus tetap merencanakannya dengan baik lho, Pins. Agar rumah impianmu dapat terwujud dan tidak over budget. Kamu juga harus menyesuaikan kapasitas rumah dengan kebutuhan kamu. Berikut ini beberapa tips dan trik membangun rumah tingkat bergaya minimalis.

Membangun Rumah Tingkat Minimalis

Susun rencana yang matang

sumber: Trello

Nah, langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah menyusun rencana pembangunan dengan mantap dan matang. Kamu harus memiliki komitmen yang kuat karena dalam membangun sebuah rumah akan membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang besar. Buatlah rencana sedetail mungkin agar rumah kamu dapat selesai dengan baik.

Lihat kondisi dan lingkungan sekitar

Pastikan kamu memilih lahan yang tepat dan bukan di daerah yang rawan terdampak banjir. Kamu juga harus tahu pasti tekstur, kondisi dan luas tanah sehingga kamu dapat menyesuaikan rumah yang ingin kamu bangun.

Pilihlah konsep yang tepat

Lalu, pilihlah konsep rumah minimalis yang tepat. Jika kamu sudah menikah dan sudah memiliki anak pilihlah konsep rumah yang memiliki dua lantai, namun jika kamu masih single pilihlah rumah dengan satu lantai.

Tentukan tipenya

Tentukan tipe sesuai dengan kebutuhan dan lahan yang kamu miliki. Dan pilihlah tipe yang sesuai dengan keuangan kamu.

Susun denah dan estimasi biayanya

sumber: CareerAdict

Setelah itu kamu bisa mulai dengan menyusun denah rumah yang akan kamu bangun secara detail, supaya kamu dapat membuat estimasi biaya yang akurat. Jangan lupa untuk menghitung biaya pembangunannya ya Pins, dengan mengecek harga – harga bahan bangunan dan keperluan lainnya.

Ukur dengan akurat

Sangat penting untuk melakukan pengukuran dengan akurat, karena ini berpengaruh pada biaya yang akan kamu keluarkan. Jika kamu cermat dalam menghitung, maka kamu akan membeli bahan – bahan material dengan jumlah yang tepat sehingga kamu tidak over budget Pins.

Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Kondisi keuangan sangat menentukan, cobalah untuk mengecek tabungan kamu dan sesuaikan pembangunan dengan kondisi finansial kamu Pins.

Pilih material dengan kualitas baik dengan harga yang terjangkau

Hindari membeli bahan material yang mewah, terutama jika kamu membangun rumah dengan gaya minimalis. Cari bahan material yang murah dan memiliki kualitas yang baik.

Pakai jasa arsitek yang profesional

sumber: F Collins

Agar pembangunan rumah berjalan dengan baik, sesuai budget, dan sesuai dengan rencana, kamu bisa gunakan jasa arsitek profesional Pins. Dan agar rumah kamu benar benar sesuai dengan konsep yang kamu inginkan.

Baca juga: Inilah 10 Desain Rumah Minimalis 2020 Terkeren! Simak di Sini!

Beri perhatian khusus pada bagian pondasi

Pondasi merupakan bagian yang penting karena berfungsi sebagai penopang rumah. Terlebih jika rumah kamu memiliki dua lantai, pastikan pondasiya benar – benar kokoh dan tahan lama.

Cermat dalam penggunaan sekat

Rumah bergaya minimalis biasanya tidak banyak memiliki banyak sekat ruangan, sehingga terlihat lebih luas, meskipun dalam ukuran yang tidak begitu luas.

Pilih tangga yang tepat

sumber: Archfy

Jika kamu memiliki konsep rumah dengan dua lantai, maka pilihlah tangga yang sesuai dengan konsep rumah yang telah ditentukan. Kamu bisa gunakan material besi, keramik ataupun kayu.

Gunakan warna yang tepat sesuai dengan konsep

Pilihlah warna yang tepat sesuai dengan konsep. Untuk rumah bergaya minimalis gunakanlah warna – warna netral. Pastikan kombinasi warnanya yang digunakan serasi sehingga keseluruhan rumah tampak indah dan nyaman.

Percantik area taman

sumber: Tamanpedia

Jangan lupa untuk menata taman, karena rumah kamu akan terlihat lebih asri dan menarik. Kamu bisa menanam rumput hias dan juga beberapa pohon berjenis palem atau yang lainnya.

Itu dia beberapa tips dan trik membangun rumah tingkat bergaya minimalis, semoga bermanfaat ya Pins!


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel