BlogPemilik PropertiFinansialTips Memilih KPR, Perhatikan 5 Hal Penting Ini!
0
0

Tips Memilih KPR, Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 21, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
tips memilih kprtop-right-banner

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR merupakan metode pembiayaan yang sangat membantu masyarakat, khususnya untuk para milenial yang ingin mencari rumah pertama. Tapi agar cash flow tetap sehat, pastikan Pins memperhatikan tips memilih KPR yang tepat.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa membeli rumah membutuhkan komitmen ekstra. Misalnya Pins ingin membeli Vasa Jagakarsa yang merupakan rumah di perumahan di Jagakarsa. Maka Pins harus meluangkan waktu dan memperhitungkan secara detil jenis properti, lokasi, bentuk rumah, serta lingkungan rumah, kamu juga harus benar-benar teliti memilih KPR yang pas dengan kebutuhan.

Jika Pins bingung memilih KPR yang tepat untuk membeli rumah eksklusif impian, pada pembahasan kali ini Pinhome akan memberikan berbagai tips memilih KPR rumah dan hal-hal yang perlu Pins pertimbangkan sebelum memilih KPR. Penasaran apa saja? Simak baik-baik ya!

Baca juga: Penting! Ini Biaya-biaya yang Bisa Muncul Selama Masa Angsuran KPR

Tips Memilih KPR Untuk Pemula

Source : Shutterstock

Tidak perlu takut jika ingin menggunakan KPR untuk membeli rumah, berikut ini tips memilih KPR rumah untuk pemula agar tidak salah:

1. Gali Informasi Tentang KPR di Semua Bank

Pins, hampir semua bank memiliki program KPR. Masing-masing bank juga punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Ada yang menawarkan program cicilan ringan namun dengan KPR tenor panjang, ada pula yang menawarkan tenor singkat namun cicilan per bulan lebih besar.

Selain itu, ada pula yang memodifikasi besaran down payment (DP) untuk membuat program KPR lebih menarik. Tugas kita adalah mengetahui dengan sangat detil program-program tersebut dan memilih yang paling sesuai dengan kondisi ekonomi kita.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Jenis-jenis KPR dan Suku Bunganya

2. Perhitungkan Suku Bunga

Besaran cicilan setiap bulan bisa berubah-ubah tergantung dari suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Inilah mengapa Pins harus mengetahui program KPR yang ditawarkan oleh semua bank.

Ada yang menerapkan fixed rate alias besaran bunga sama selama masa tenor, ada yang langsung menerapkan suku bunga mengambang atau floating rate (berubah-ubah).

Setelah mengetahui program KPR dan suku bunganya, Pins bisa menghitung lebih detil mengenai cicilan bulanan dan tenor yang harus diambil. Ingat, semakin lama tenor, semakin besar kemungkinan Pins harus membayar bunga yang lebih besar juga. Hitung baik-baik, ya!

Baca juga: Tips Membeli KPR Rumah Bekas

3. Perhatikan Biaya Tambahan KPR

Proses pengajuan KPR juga membutuhkan biaya! Biaya-biaya KPR yang sudah pasti terjadi adalah uang muka atau down payment (DP). Secara umum, kita harus membayar sebagian dari harga rumah yang kita inginkan di awal, Pins, sekitar 10 hingga 30%.

Besaran DP ini bisa mempengaruhi cicilan KPR kita, lho! Selain itu, ada biaya-biaya tambahan yang harus Pins keluarkan untuk urusan administrasi bank serta notaris. Hitungan kasarnya adalah sekitar 5% dari harga jual rumah yang kita inginkan.

Baca juga: 

4. Jangan Takut Bertanya

Ketika sudah ada hitungan kasar mengenai cicilan bulanan dan suku bunganya, dan sudah ada tabungan untuk DP dan biaya tambahannya. Sekarang saatnya Pins berdiskusi dengan petugas bank atau penyalur KPR. Jangan ragu untuk bertanya sampai detail.

Jangan lupa juga untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan preventif, seperti:

  • Berapa denda keterlambatan pembayaran
  • Proses pelunasan KPR sebelum tenor berakhir
  • Apa ada batasan pembiayaan (plafond) di program KPR yang kita pilih

Baca juga: Beli Rumah, Mending DP Besar atau Cicilan Besar

5. Cari Promo KPR Bank

Tak ada salahnya untuk memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh bank atau penyalur KPR. Apalagi kita berbicara mengenai investasi yang jumlahnya sangat besar!

Tanyakan kepada petugas bank mengenai promo-promo yang mereka miliki atau kerja sama yang mereka lakukan dengan pihak lain. Siapa tahu ada penawaran menarik, semisal DP 0%, bunga fixed rate lebih lama, dan lainnya.

Cara Memilih Bank KPR

cara memilih bank kpr
Source : Shutterstock

Setelah mengetahui tips memilih KPR, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara memilih bank KPR yang tepat. Pada dasarnya, banyak hal yang harus diperhitungkan untuk memilih bank mana yang akan kamu ajukan KPR rumah.

Beberapa hal berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi untuk mempertimbangkan pemilihan bank KPR untuk rumah.

1. Periksa Kredibilitas Bank

Sebelum memilih bank untuk mengambil KPR pastikan kredibilitas pihak bank dalam menangani KPR sebelum-sebelumnya. Mintalah penjelasan sejelas-jelasnya dari pihak bank. Termasuk besaran suku bunga, dan tentu tabel cicilan.

2. Hindari Bunga Tidak Stabil

Beberapa bank menawarkan produk KPR dengan syarat pengajuan yang mudah dan proses yang cepat. Namun, hal tersebut tak boleh jadi alasan untuk tergiur begitu saja.

Pastikan bahwa tidak bunga pinjaman KPR yang ditawarkan tetap flat. Hindari sistem peminjaman KPR yang terus naik selama masa cicilan berlangsung.

Baca juga: Tips Memilih Rumah KPR Aman, Nyaman, Tidak Pake Tipu-Tipu

3. Pastikan Ada Tidaknya Denda dan Pinalti

Hal lain yang harus ditanyakan pada pihak bank sebelum memutuskan untuk setuju dengan syarat KPR adalah ada tidaknya denda serta pinalti yang mungkin diberikan pihak bank jika kita melakukan hal-hal seperti misalnya pelunasan sebelum masa cicilan berakhir.

Beberapa hal yang dikemukakan di atas jelas harus menjadi pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk mengajukan cicilan KPR kepada pihak bank tertentu. Selain itu ada hal lain yang perlu dipertimbangkan yaitu jangka waktu cicilan.

Secara umum, pihak bank di Indonesia mensyaratkan jangka waktu cicilan selama 15 tahun. Namun sebagai tambahan tips, pilihlah jangka waktu KPR yang lebih cepat, dengan suku bunga yang flat. Hal ini dinilai lebih aman dari segi beban yang harus ditanggung.

Tetapi keputusan untuk mengambil KPR dengan tengat waktu cicilan yang lebih cepat jelas harus mempertimbangkan kemampuan ekonomi pribadi setiap bulannya karena pasti, besaran cicilan yang harus dibayarkan lebih besar dibandingkan jika memilih KPR dengan jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: 15 Daftar Rumah KPR Subsidi di Bekasi

Cara Mengambil KPR Rumah

kelebihan dan kekurangan kpr bank syariah
Source : Shutterstock

Mencari rumah sebenarnya bukan hal yang sulit, kamu hanya perlu memilih rumah mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Tetapi menentukan KPR bank yang tepat tidak semudah yang kamu bayangkan. Berikut ini ada beberapa cara mengambil KPR rumah yang tepat:

1. Pilih Bank dengan Kredibilitas Terpercaya

Carilah info mengenai kredibilitas dari bank yang kamu pilih, seperti mencari tau mengenai jumlah nasabah yang dimiliki, kualitas layanannya dan banyaknya kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah.

Bank yang sudah memiliki kredibilitas terpercaya akan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam pelayanannya. Sebaiknya jangan mudah tergiur dengan suku bunga yang ditawarkan oleh bank lain yang belum memiliki kredibilitas terpercaya.

2. Pastikan Bunga Pinjaman

Bunga pinjangan merupakan hal yang sangat penting saat kamu membeli rumah. Bunga akan mempengaruhi angsuran yang akan dibayarkan. Sebaiknya pilih suku bunga yang rendah, tetapi jangan langsung tergoda dengan tawaran suku bunga yang rendah.

Suku bunga rendah memang sangat menguntungkan, namun biasanya akan diikuti oleh beberapa persyaratan yang sulit. Carilah informasi dahulu mengenai angsuran dan ketentuan yang akan ditanggung dengan menggunakan suku bunga yang rendah.

Baca juga: 3 Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Mengajukan KPR

3. Hitung Suku Bunga

Hitunglah terlebih dahulu suku bunga yang ditawarkan. Buatlah tabel simulasi cicilan dan sistem suku bunga yang akan dipilih juga masukkan jangka waktu cicilan yang diinginkan.

Pilihlah jangka waktu yang tidak terlalu panjang agar suku bunganya tidak terlalu besar. Lebih baik kamu melakukan konsultasi dengan bank yang dipilih untuk membahas mengenai suku bunga yang akan kamu tanggung.

4. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Bacalah terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku agar dapat mengetahui denda yang harus dibayar apabila telat dalam pembayaran. Jangan lupa juga dengan berbagai biaya lain yang harus dibayarkan.

Seperti uang muka membayar rumah, biaya notaris untuk mengurus sertifikat serta surat-surat, biaya provisi dan administrasi, biaya premi asurasi kebakaran dan biaya asuransi jiwa.

Jika hal-hal di atas sudah dipertimbangkan dengan matang, barulah kamu dapat memilih rumah yang tepat dan sesuai bank yang memiliki kredibilitas terpercaya. Sehingga ketika mengurus untuk membeli rumah dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Demikianlah beberapa tips memilih KPR yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, kamu tak perlu takut lagi untuk membeli rumah dengan metode pembayaran KPR. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Source Feature Image:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Elements dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download