Yuk, kenali Beberapa Jenis KPR Beserta Detailnya!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta ∙ January 24, 2023 ∙ 8 menit membaca

Bagi sebagian orang, adanya Kredit Pemilikan Rumah, atau yang lebih sering disebut KPR, merupakan hal yang sangat membantu. Terlebih, kini ada pula beragam jenis KPR yang sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah idaman.

Oke Pins, yuk kita simak beberapa informasi mengenai jenis KPR beserta detailnya berikut ini.

Jenis KPR

Seperti yang Pins ketahui, rumah merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Nah, dengan adanya KPR ini, Pins bisa mendapatkan rumah idaman untuk tinggal bersama keluarga tercinta dengan lebih mudah. Bagaimana tidak, di zaman yang kini kian modern, kebutuhan untuk tempat hunian semakin meluas. Selain itu, harga rumah-rumah juga semakin melonjak.

Oleh karena itu, Pins bisa menggunakan beragam jenis KPR atau kredit pemilikan rumah untuk mendapatkan rumah impian dengan lebih mudah. Selain lebih mudah, Pins juga bisa membayarkannya dengan lebih aman lho! Kenapa bisa lebih aman? Karena KPR bekerja sama langsung bersama bank, sehingga pembayaran Pins akan aman. Yuk intip beberapa jenis KPR berikut ini!

KPR Konvensional

jenis-kpr
(tren asia)

Jenis KPR yang pertama yaitu KPR Konvensional. Pada umumnya, KPR Konvensional merupakan jenis yang paling banyak diminati di kalangan masyarakat. Mengapa demikian? KPR Konvensional ini akan menawari masyarakat mengenai jumlah dana untuk rumah yang diinginkan.

Selanjutnya, Pins hanya perlu membayar jumlah yang disepakati untuk setiap bulannya dengan jangka waktu yang juga telah disepakati. Jumlah uang yang dibayar, akan tergantung pada lama masa pembayaran ya Pins. Jadi, jika Pins membayar dalam jangka waktu yang dekat, maka pembayaran setiap bulannya akan lebih tinggi namun dengan waktu yang tidak lama.

Untuk jenis yang kedua yaitu KPR Bersubsidi. Seperti halnya subsidi yang sering kita dengar, KPR Bersubsidi ini mengandung unsur subsidi dari pihak pemerintah ya Pins. Nah, dari sini Pins bisa mendapatkan keringanan untuk KPR yang Pins miliki. Akan tetapi, KPR ini tidak untuk semua kalangan ya Pins.

Baca juga: Memilih KPR, Perhatikan 5 Hal Penting Berikut Ini!

KPR Bersubsidi

Jenis KPR subsidi ini hanya diperuntukkan bagi beberapa kalangan saja yakni MBR atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Selain itu, khusus untuk jenis KPR ini, Pins akan terbebas dari Pajak Penambahan Nilai (PPN), serta tak perlu membayar suku bunga KPR.

Jika dilihat dari segi pembayaran atau cicilan tiap bulannya, nilai dari KPR Berubsidi lebih rendah dibandingkan dengan KPR konvensional. Bisa dikatakan bahwa KPR Bersubsidi ini memang dikhususkan untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk dapat memiliki rumah dengan meringankan pembayaran.

KPR Syariah

KPR subsidi yang ketiga yaitu KPR Syariah. KPR ini merupakan metode pembiayaan yang di dalamnya menerapkan aturan sesuai syariah islam dalam proses pembelian rumah. Semua transaksi KPR Syariah ini akan disesuaikan dengan murobahah. Dengan begitu, Pins bisa lebih tenang dan bisa semakin yakin dengan kehalalan jenis KPR Bersubsidi ini.

Pembayaran dari cicilan juga akan disesuaikan dengan kesepakatan bersama. Pins bisa membayar cicilan hingga sekitar 15 tahun sebagai waktu maksimal.

Baca juga: Macam-Macam Jenis KPR Syariah Dan Cara Pengajuannya

KPR Pembelian

KPR yang keempat yaitu KPR Pembelian. KPR ini sedikit lebih berbeda dengan KPR yang lainnya. Di sini, Pins diharuskan untuk membuat pinjaman pada bank. Kemudian, uang tersebut akan digunakan untuk mendirikan bangunan dengan bangunan itu sebagai agunannya.

Pins boleh menggunakan jasa KPR pembelian untuk mendirikan banguanan selain rumah. KPR jenis ini, juga melayani pembangunan ruko, pertokoan, apartemen, dan sejenisnya. Dengan begitu, Pins juga bisa membangun tempat usaha dengan bantuan dari KPT pembelian ini. Inilah yang membedakannya dengan KPR lainnya.

Baca juga: Beli Rumah KPR, Solusi Berhemat di Perantauan

KPR Refinancing

Jenis KPR berikutnya yaitu KPR Refinancing. Jika pada KPR yang sebelumnya menggunakan metode pencicilan untuk mendapatkan rumah, maka KPR Refinancing bisa dikatakan cukup berbeda dari yang sebelumnya. Di sini, Pins akan membutuhkan sebuah jaminan untuk mendapatkan properti yang diinginkan.

Jaminan ini, tidak hanya dikhususkan untuk membeli properti saja ya Pins. Pins juga bisa mengajukan pinjaman pribadi menggunakan KPR Refinancing ini. jaminan yang digunakan juga beragam mulai dari surat tanah atau bangunan lain seperti rumah pribadi. Selain itu, jenis KPR ini juga bisa membantu dalam hal peminjaman dana pribadi nih Pins.

KPR Take Over

Jika pada umumnya jenis KPR lain hanya menggunakan jasa dari satu bank, maka pada KPR take over, Pins bisa menggunakan atau mengganti bank lebih dari satu kali. Di sini, Pins bisa mengganti bank yang terhubung dengan KPR.

Selain itu, KPR take over ini juga merupakan biduk persaingan antar bank. Antara bank satu dan lainnya akan memperebutkan nasabah untuk KPR ini. Jadi, Pins bisa memilih antara bank satu dan lainnya dengan mempertimbangkan limit dari KPR tersebut. Dengan begitu, Pins bisa mendapatkan tambahan limit dari jenis KPR yang satu ini.

Baca juga: Cara Mempercepat Angsuran KPR Rumah

KPR Angsuran Berjenjang

Selain beberapa KPR subsidi di atas, ada pula jenis KPR yang menyediakan fasilitas menarik lainnya, lho, Pins! Fasilitas tersebut adalah KPR dengan angsuran berjenjang yang menyediakan fasilitas penundaan pembayaran cicilan atau angsuran. Dengan KPR subsidi jenis angsuran berjenjang ini, Pins bisa menunda pembayaran angsuran atau cicilan yang dibebankan hingga 3 tahun.

KPR Duo

Untuk KPR yang terakhir yaitu KPR duo. KPR yang satu ini cukup jarang ditemukan di tengah-tengah masyarakat. Bisa dikatakan, jenis KPR yang satu ini adalah paket komplit Pins. Bagaimana tidak, pada KPR duo ini menyediakan paket pembelian rumah dan seisinya secara lengkap.

Pada KPR ini, Pins akan mendapatkan kredit rumah beserta dengan isinya. Maksud dari isi rumah yaitu perabot, kendaraan, dan lain sebagainya.  Bagaimana Pins? Jika Pins tertarik dengan kredit rumah beserta isinya, maka Pins bisa memilih KPR Duo. Namun sayangnya, KPR Duo jarang ditemui. Jadi, mungkin Pins harus mencari jaringan lebih luas untuk menemukannya.

Nah, itu dia Pins beberapa jenis KPR ang mungkin bisa kamu dapatkan. Menariknya lagi, Pins bisa memilih KPR tersebut sesuai dengan keadaan dan kebutuhan yang ada. Dengan banyaknya KPR, Pins bisa lebih leluasa bukan untuk menentukannya.

Selain itu, Pins juga bisa lebih mudah mendapatkan rumah yang Pins idamkan dengan bantuan beberapa KPR tersebut. Sekian ulasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Perbedaan KPR Rumah Bekas dan Baru

Tips Agar KPR Disetujui Oleh Bank

jenis-kpr
(Lifepal)

Meskipun cara kerja KPR konvensional dan Syariah berbeda namun cara pengajuan KPR adalah sama untuk setiap bank. Sebelum menyetujui KPR, bank akan tetap melakukan Analisa kelayakan terhadap keuangan nasabah. Sehingga, tidak semua KPR akan disetujui oleh bank.

Untuk membantu Pins dalam mengajukan KPR, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

Masuk Batasan Usia

Bank memiliki Batasan usia 21 tahun – 55 tahun untuk yang ingin mengajukan cicilan. Ketika akan mengajukan KPR, pastikan untuk mempertimbangkan periode tenor agar masuk dalam batasan usia tersebut. Contohnya jika Pins saat ini usia 38 tahun, maka pilihlah tenor maksimal 17 tahun.

Hal ini dikarenakan Batasan usia KPR adalah 55 tahun. Jika Pins mengambil lebih dari itu, pasti akan ditolak karena Pins sudah berusia lebih dari 55 tahun. Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal tersebut pada saat pengajuan KPR.

Kelengkapan Dokumen

Ada banyak persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan KPR. Pastikan semua dokumen lengkap dan detail karena bank akan melakukan pengecekan satu per satu. Persetujuan KPR adalah keuntungan namun juga risiko untuk bank, jadi pihak akan memastikan keaslian dokumen. Jadi, pastikan untuk melampirkan copy dokumen yang asli.

Baca juga: Berbagai Macam Contoh Surat Keterangan Kerja Sebagai Syarat KPR

Kredit tidak Lebih dari 30%

Pastikan total cicilan yang dibayarkan tidak lebih dari 30-40% dari gaji Pins. Karena ini akan beresiko untuk bank dan menyulitkan pengaju. Jadi, pastikan untuk mengajukan KPR sesuai dengan kemampuan pendapatan. Jangan terlalu besar karena pasti akan ditolak oleh bank.

Bukti Penghasilan Detail

Salah satu syarat KPR adalah adanya bukti penghasilan detail. Bank akan melakukan pengecekan sumber dana berasal dari mana saja dan apakah cukup untuk membayar cicilan. Semakin detail dan jelas bukti penghasilannya akan semakin bagus.

Baca juga: Serba-Serbi KPR Konvensional dan Untung-Ruginya

Catatan Bersih

Bank akan selalu melakukan pengecekan terhadap sejarah keuangan nasabah melalui BI checking. Jika ada hutang yang menunggak, bank akan sangat mempertimbangkan hal ini. Jadi, agar KPR diterima, pastikan memiliki catatan yang bersih di BI.

Jadi, itulah beberapa hal yang Pins perlu ketahui tentang KPR konvensional maupun Syariah. KPR adalah salah satu metode untuk memudahkan Pins dalam membeli rumah, namun ingat bahwa ada suku bunga dan margin. Pastikan untuk selalu memperhitungkan dengan baik keuangan Pins sebelum mengajukan KPR.

Seringkali nasabah tidak melakukan perhitungan dengan baik sehingga terjadi penumpukan pembayaran di akhir. Jika Pins menggunakan KPR konvensional, akan terkena denda yang cukup besar. Jadi, pastikan untuk mengetahui kemampuan Pins dalam membayar ketika mengajukan KPR.

Baca juga: Perbedaan KPR Syariah dan Konvensional


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Ayodhya Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia