BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Jenis Pohon Peneduh yang Bisa Ditanam di Depan Rumah
0
0

15 Jenis Pohon Peneduh yang Bisa Ditanam di Depan Rumah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 6, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
jenis pohon peneduhtop-right-banner

Untuk membuat suasana jadi lebih rindang dan sejuk, dibutuhkan kehadiran beberapa jenis pohon peneduh rumah yang bisa ditanam di halaman atau taman rumah. Tentu saja Pins tidak bisa asal memilih karena ada lahan terbatas yang tersedia serta estetika rumah yang harus dijadikan pertimbangan. Maka dari itu, pastikan kamu memilih spesies yang sesuai dengan kebutuhan tanpa mengurangi keindahan desain taman, baik secara interior maupun eksteriornya.

Kamu dapat menambahkan pohon peneduh yang kamu sukai di rumah baru kamu di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Pins juga dapat menambahkan pohon peneduh yang tepat atas dasar referensi artikel ini di rumah terbaik edisi Pinhome di sekitar Panghegar Bandung.

Jenis Pohon Peneduh yang Bisa Ditanam di Depan Rumah

Pohon peneduh merupakan pohon yang memiliki jumlah daun yang sangat banyak atau dapat dibilang berdaun rindang yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat berteduh dari cahaya matahari sekaligus turunnya air hujan.

Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa jenis pohon peneduh depan rumah maupun yang bisa ditaruh di dalam rumah. Kehadiran mereka bisa memperindah sekaligus meningkatkan kualitas udara supaya lebih segar. Dengan begini, penghuni rumah sekaligus lingkungannya bisa sama-sama sehat dan saling memberikan kenyamanan.

Agar tak terkesan biasa, Pins bisa memilih beberapa jenis pohon yang memiliki warna bunga yang unik. Selain itu, pertimbangkan juga tentang kelebatan daunnya supaya tidak meninggalkan kesan menyeramkan, ya. Berikut ini beberapa jenis pohon peneduh yang bisa ditanam di depan rumah:

1. Angsana

Angsana
Source : Kompas

Jika kamu tidak terlalu tertarik dengan pohon rindang yang cocok di depan rumah, Pins bisa mencoba alternatif Bunga Angsana sebagai opsi. Kelopaknya yang berwarna kuning akan membuat pemandangan jadi lebih indah. Namun, kamu harus mengkalkulasi jarak antara pintu rumah dan tanamannya. Pasalnya jika terkena hujan dan angin, batangnya rawan patah.

Baca juga: 18 Jenis-Jenis Lampu Dekorasi Taman untuk Halaman Rumah

2. Asam Jawa

Asam Jawa
Source : Blog.TokotTanaman

Selain bisa diambil buahnya untuk rempah makanan, asam Jawa juga bisa dijadikan sebagai tumbuhan peneduh di taman depan rumah. Tak perlu banyak perawatan khusus, tanaman ini juga bisa besar asalkan berada di lahan yang luas.

3. Bambu

bambu
Source : Unsplash

Tanaman bambu juga bisa dijadikan sebagai alternatif jenis pohon peneduh di depan rumah. Supaya tidak menutupi eksterior rumahnya, kamu bisa memilih bambu dengan spesies kecil yang jika tumbuh batangnya tidak terlalu besar. Selain itu, kamu bisa memotong ujungnya secara berkala supaya lebih terawat.

Baca juga: 17 Inspirasi Desain Air Mancur Minimalis Untuk Taman Rumahmu!

4. Beringin

Beringin
Source : Unsplash

Menanam pohon beringin sangat direkomendasikan untuk ditanam oleh Pins yang mau konsisten dalam perawatannya. Kamu harus sering memangkas dahan dan rantingnya supaya tidak terlalu rimbun. Pasalnya, jika terlalu rimbun akan membuat halaman jadi lebih gelap. Tak jarang banyak orang yang mengasosiasikan pohon ini dengan konotasi menyeramkan jika tidak dirawat dengan baik.

Baca juga: Tips Membuat Taman Hidroponik di Rumah

5. Cemara Pensil

Cemara Pensil
Source : Greeners

Salah satu spesies pohon peneduh rumah minimalis yang bisa ditanam di halaman yang luasnya terbatas adalah cemara pensil. Pohon ini bisa menjulang tinggi dan bisa membuat eksterior tetap enak dilihat meskipun hanya ditanami beberapa batang. 

6. Flamboyan

Flamboyan
Source : Dlhk.JogjaProv

Jenis pohon peneduh lain yang cocok untuk ditumbuhkan di luar ruangan adalah flamboyan. Bunganya yang memiliki warna terang akan membuat penampakan dari luar jadi lebih menarik perhatian.

Baca juga: 10+ Inspirasi Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

7. Holly Amerika

Holly Amerika
Source : Pexels

Dari namanya, pohon peneduh rumah ini memang sangat familiar didapati di Amerika Serikat. Daun hijaunya yang berukuran kecil hingga sedang serta memiliki buah kecil berwarna merah adalah ciri khasnya. Meskipun begitu, kemampuannya untuk membuat rumah jadi lebih teduh sudah tidak perlu diragukan lagi.

8. Kersen

Kersen
Source : Detik

Pohon kersen memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di tanah air. Ada yang menyebutnya dengan nama keres atau bahkan cherry. Bukan tanpa alasan, buahnya memang memiliki bentuk yang menyerupai cherry namun warnanya lebih muda. Rasanya pun juga manis jika sudah matang. Perawatan jenis pohon peneduh ini juga mudah. Tapi, kamu harus berhati-hati karena tanaman ini rawan dihinggapi ulat.

Baca juga: 10 Jenis Rumput untuk Taman Indoor Maupun Outdoor

9. Ketapang Kencana

Ketapang Kencana
Source : GardenCenter

Jika Pins memiliki halaman yang lebih luas, Ketapang Kencana bisa dijadikan sebagai pohon depan rumah untuk peneduh. Batangnya yang ramping akan ditumbuhi ranting yang menjulur ke samping. Warnanya pun didominasi dengan warna hijau muda yang membuat rumah jadi lebih asri.

10. Kiara Payung

Kiara payung
Source : GardenCenter

Biasanya, tanaman peneduh ini banyak tumbuh di area sekolah. Selain teduh, jarak antara setiap daun dan rantingnya juga tetap bisa memberikan sirkulasi udara yang bagus. Salah satu kekurangan yang harus dilakukan adalah harus rajin untuk menyapu daun keringnya yang berguguran dalam jumlah yang cukup banyak.

Baca juga: Kumpulan Tips dan Ide Taman di Dalam Rumah yang Bisa Dicoba

11. Palem

Palem
Source : Unsplash

Punya rumah yang berlokasi di tepi pantai? Manfaatkan pohon palem untuk membuat tempat tinggalmu jadi lebih teduh. Pohon ini bisa tinggi hingga 20 meter panjangnya. Meskipun jarang disiram, tumbuhan ini bisa tumbuh dengan baik.

12. Pohon Mangga

Pohon Mangga
Source : Unsplash

Salah satu pohon peneduh rumah yang banyak didapati di pemukiman warga dengan halaman luas adalah pohon mangga. Dibutuhkan tempat yang luas serta perawatan seperti pemberian pupuk secara teratur supaya bisa membuat tanaman ini tumbuh subur supaya bisa tumbuh tinggi hingga menutupi atap. Dengan begini, cuaca di depan rumah bisa menjadi lebih sejuk.

Baca juga: 11 Cara Mematikan Rumput Liar Agar Tidak Tumbuh Lagi

13. Pucuk Merah

Pucuk Merah
Source : FaktualNews

Bila ingin mencari jenis pohon peneduh yang tidak terlalu besar dan tinggi, ada pucuk merah yang bisa ditanam di halaman. Selain itu, jika kamu memiliki lahan terbatas di luar, tanaman ini juga bisa ditanam di dalam pot. Daunnya yang berwarna jingga kemerahan bisa tumbuh rimbun dan akan membuat suasana menjadi lebih ceria.

14. Tabebuya

Tabebuya
Source : Unsplash

Bagi yang tinggal di beberapa kota besar, tentu sudah familiar dengan pohon tabebuya. Banyak yang mengira jika tanaman peneduh depan rumah ini mirip dengan sakura. Memiliki varian warna yang didominasi pink dan kuning, tanaman ini ternyata berasal dari Brazil. Selain bisa tumbuh tinggi, tanaman ini juga mampu menarik perhatian ketika daun dan bunganya bermekaran dengan sempurna.

Baca juga: 12 Ide Taman Samping Rumah yang Cocok untuk Segala Rumah!

15. Trembesi

Trembesi
Source : DjarumTreesForLife

Bila tidak terlalu familiar dengan pohon trembesi, mungkin kamu tahu dengan sebutan lainnya yakni pohon ki hujan. Jika kamu memiliki rumah dengan tanah lapang yang luas, jenis pohon peneduh ini bisa dijadikan pilihan. Karena tumbuh sangat besar, banyak yang enggan untuk memilihnya karena meninggalkan kesan misterius dan seram.

Itu dia beberapa pilihan jenis pohon peneduh yang bisa ditanam di area rumah. Pins bisa menanamnya di halaman ataupun ditaruh di dalam ruangan dan ditempatkan di dalam pot. Kalau bisa, cari yang minim perawatan khusus saja, ya.

Feature Source Image: Rawpixel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Vasa Jagakarsa dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download