BlogLifestyleHobi10 Manfaat Tanaman Palem Merah yang Jarang Diketahui
0
0

10 Manfaat Tanaman Palem Merah yang Jarang Diketahui

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jul 15, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Palem merah sering jadi tanaman favorit di halaman rumah. Misalnya Vasa Jagakarsa yakni salah satu rumah dijual di Jagakarsa bisa semakin menarik bila ditumbuhi tanaman ini. Rumah Ekslusif juga sering memiliki tanaman ini agar membawa hoki bagi penghuninya.

Manfaat lainnya dari tanaman ini bisa untuk meningkatkan kualitas udara. Dari segi Feng shui maupun lingkungan palem merah memiliki dampak positif.

Manfaat Tanaman Palem Merah

Tanaman palem merah mempunyai nama latin Cyrtostachys Lakka Becc. Dalam artikel ini akan dibahas dari segi kesehatan maupun manfaat tanamannya dari sudut pandang Feng shui.

1. Memperbaiki Kualitas Udara

manfaat palm merah untuk kualitas udara
Source : Pexels

Secara visual tanamannya memang menarik dengan batang yang berwarna merah menyala. Tanaman hijau ini tumbuh di dataran rendah serta memiliki fungsi memperbaiki kualitas udara di sekitar rumah. Apalagi ketika hunian dekat dengan jalan besar sehingga banyak kendaraan berlalu lalang.

Udara kotor bisa berasal dari kendaraan umum maupun polusi udara dari industri di sekitar tempat tinggal. Palem sering dipakai sebagai penyaring udara karena membantu penyerapan polusi. Misalnya untuk meminimalisir formalin dan polutan lainnya yang menyebabkan meningkatnya radikal bebas.

2. Bahan Dapur

Buahnya yang berwarna bebas bisa dijadikan bahan dapur. Pins dapat menggunakannya sebagai pewarna makanan secara alami. Untuk menanam tanaman ini bisa menggunakan media tanam pot. Buat lubang tepat di tengah pot sedalam 5-8 cm.

Cabut bibit dari media pembibitan kemudian letakan pada lubang tadi. Tutup bibit hingga menutupi akar kemudian siram hingga lembab. Ketika masih kecil cukup siram sekali dalam sehari dan saat tumbuh besar perlu disiram dua kali sehari.

Pelepah dan tulang daunnya berwarna merah menyala dan berbatang lurus. Ttingginya bisa mencapai 16 meter dan daun berbentuk sirip agak melengkung. Tanaman ini sering tumbuh di lahan yang memiliki sinar matahari cukup tinggi atau terik.

Baca juga: 13 Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan

3. Antioksidan

Source : Pxhere

Faktanya buah palem memiliki kandungan vitamin E dan beta karoten. Senyawa ini mampu digunakan sebagai antioksidan yang ampuh melawat zat radikal bebas. Dengan begitu konsumsi buahnya secara rutin meningkatkan imunitas tubuh. 

Kekebalan tubuh yang baik dapat menghindarkan resiko serangan penyakit. Khususnya yang memiliki kaitan dengan penurunan fungsi sel. Buahnya juga bisa difungsikan sebagai bahan minyak atsiri.

4. Pembawa Rezeki

Menurut Feng shui, tanaman palem merah mampu membawa rezeki bagi penghuni rumah. Kabarnya tanaman ini mampu menaikan kedudukan, derajat, pangkat bahkan rezeki penghuni rumah tersebut.

Konon katanya palem merah diberikan sebagai hadiah bagi pasangan yang baru menikah. Dalam budaya Tionghoa warna merah melambangkan keberuntungan senada dengan jenis palem ini. Pemberian tanaman ini dipercaya menjadikan bisnis menguntungkan bagi pasangan. Benar atau tidaknya hal tersebut, tak ada salahnya menanam palem di rumah.

5. Menenangkan

Source : Pixabay

Jenis palem ini dianggap sebagai tanaman beraura dingin. Secara tidak langsung mampu menimbulkan rasa tenang. Tak heran penghuni rumah akan merasa betah karena tidak mudah merasa stres. Apalagi secara visual, tanaman satu ini terlihat asri dan menyejukan.

Baca juga: 5 Ciri Khas dari Pohon Cendana, Jenis dan Manfaatnya

6. Menangkal Energi Negatif

Sebagian besar daerah mengenal istilah santet sebagai medium meraih tujuan tertentu. Orang yang terkena santet akan mengalami sakit yang tak terdeteksi medis, sulit tidur di malam hari atau emosi yang tidak terkontrol. 

Saat terkena santet maka orang tersebut akan datang ke orang pintar. Sejak dulu tanaman dengan batang merah ini dianggap mampu menangkal energi negatif ataupun santet. Uniknya lagi tanaman palem merah dijadikan sebagai maskot kota Jambi. Salah satu tujuannya menangkal malapetaka yang bisa menimpa penghuni rumah.

7. Simbol Produktivitas dan Optimisme

Source : Pxhere

Manfaat selanjutnya dari tanaman ini adalah simbol produktivitas sekaligus optimisme. Palem adalah jenis tanaman yang mampu memberikan rasa tentram bagi penghuni rumah. Simbol produktivitas dan optimisme akan mengubah rumah serta memberi semua keberuntungan yang dibutuhkan.

8. Lambang Kebahagiaan

Dalam budaya Tiongkok, warna merah bersifat positif karena tergolong cerah dan berkilau. Tak heran bila palem ini dilambangkan sebagai kebahagiaan apalagi dipadukan dengan warna hijau untuk daun dan sedikit batangnya mampu menyegarkan mata. Tanaman memberikan suasana menyejukan dan menimbulkan kesan mewah. 

9. Mengundang Keberuntungan

buah palem merah
Source : Pxhere

Mitos terkait tanaman palem merah sudah diwariskan dari generasi ke generasi. Banyak orang percaya bahwa dalam tanaman ini akan membawa hoki ke dalam rumah. Tak heran banyak orang mulai menanam ini pada halaman atau taman di depan rumah.

Baca juga: Cara Membudidayakan Pohon Kayu Manis dan Info Habitatnya

10. Penghias Pekarangan

Manfaat terakhir dari tanaman ini tidak lain adalah penghias pekarangan. Batang merahnya yang menjulang dan daun palem yang tumbuh subur dengan warna hijaunya sangat menenangkan. Tanaman ini bisa tumbuh baik tergantung dari karakteristik tanah termasuk gersang sekalipun.

Pohon palem mudah dibudidayakan karena tidak butuh pemupukan dan pengairan yang rutin. Perawatannya tidak sulit dan secara visual sangat menarik karena kombinasi warna merah dan hijau. Makna dari tanaman ini bisa berupa lambang kebahagiaan, pembawa keberuntungan hingga menangkal bala petaka.

Palem merah bisa jadi pilihan tanaman menarik untuk mengisi pekarangan. Visualnya menenangkan dan buah palem dapat digunakan sebagai pewarna alami sekaligus obat karena memiliki antioksidan tinggi.

Feature Image Source: Flora dan Fauna


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kertamukti Sakti Residencedan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download