Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Tahukah Kamu Ini Dia Bonsai Beringin Termahal?

Hobi

Tahukah Kamu Ini Dia Bonsai Beringin Termahal?

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 29 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Pinhome – Jika Pins pecinta tanaman, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman bonsai. Ya, tanaman bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan sehingga tingginya tidak bertambah. Sayangnya merawat tanaman bonsai beringin tidaklah semudah merawat tanaman hias biasa. Harganya pun relatif tinggi, namun banyak bonsai beringin termahal tetap punya banyak peminat.

Merawat tanaman yang satu ini memerlukan perhatian khusus, sehingga tidak bisa sembarangan. Terdapat banyak jenis tanaman dalam bentuk bonsai, salah satunya adalah beringin.  Bonsai ini adalah salah satu bonsai yang cukup populer. Bonsai ini cukup populer karena bentuknya yang banyak disukai oleh para pecinta tanaman bonsai. 

Bentuknya yang kerdil dengan akar-akar pohon yang berkeliaran di sekitar tanahnya membuat bonsai ini sangat menarik hati untuk dipelihara. Nah bagi Pins yang penasaran mengenai jenis-jenis bonsai ini, yuk simak apa saja jenis bonsai termahal dan cara merawatnya pada ulasan di bawah ini.

Beringin Dolar

(Pinterest)

Jenis bonsai yang pertama adalah bonsai dolar. Bonsai yang satu ini memiliki bentuk mirip pohon beringin namun berukuran sangat kecil. Meski kecil, bonsai ini sangat kuat dan kokoh. Daun-daunnya yang rimbun membuat bonsai yang satu ini sangat disukai oleh para pecinta bonsai. Bahkan harga untuk satu bonsai jenis ini cukup fantastis, yakni berkisar di angka 2 juta rupiah. 

Jika Pins tertarik untuk menanam bonsai dolar dari bibit, Anda perlu kesabaran ekstra. Karena bonsai ini memerlukan waktu yang cukup lama hingga bertumbuh menjadi besar. Meski begitu, perawatan dari bonsai dolar ini cukup mudah lho! Pins hanya perlu melakukan pemangkasan rutin pada daun dan ranting-ranting bonsai dolar ini.

Beringin Afrika

(Tanaman Bonsai)

Jenis beringin selanjutnya adalah Beringin Afrika. Beringin yang satu ini dapat banyak dijumpai di Indonesia. Daunnya pun lebih rimbun dengan bentuk yang sangat unik. Pada pohon aslinya, beringin Afrika ini bisa memiliki tinggi mencapai 15 meter. Namun jika dalam bonsai, beringin Afrika ini tingginya hanya mencapai 50 cm dan tidak lebih dari 1 meter.

Ciri khas dari beringin Afrika ini adalah daunnya yang berbentuk oval dan lancip pada bagian ujungnya. Karena keunikan inilah yang membuat beringin Afrika ini menjadi favorit para pecinta bonsai. Tidak heran, jika bonsai ini telah tumbuh besar dan memiliki ranting yang bagus, beringin Afrika ini bisa dijual dengan harga mencapai Rp25.000.000.

Beringin Kimeng

(Taman Bonsai)

Bonsai beringin kimeng merupakan salah satu jenis beringin yang menjadi incaran pecinta bonsai. Karena biasanya beringin jenis ini dijadikan sebagai bibit. Bentuk daunnya yang unik yakni berbentuk oval dan batangnya yang banyak membuat pohon yang satu ini tampak rindang. Harga bonsai kimeng biasanya dijual dengan harga berkisar antara Rp250.000 – Rp350.000.

Beringin Korea

(Pinterest)

Bonsai beringin Korea dapat dikatakan sebagai bonsai jenis baru. Meski begitu, bonsai yang satu ini banyak diminati oleh para pecinta bonsai. Bentuknya yang sangat cantik membuat bonsai ini menjadi incaran banyak orang.
Bentuk bonsai Korea ini mirip dengan beringin dolar, hanya saja daun beringin Korea berbentuk lonjong. Batang bonsai Korea ini cukup tebal dan daunnya cukup rimbun, sehingga bonsai ini memiliki penampilan yang sangat cantik dan cocok jika dijadikan penghias taman rumah. Harganya sendiri untuk bibit biasanya dibanderol mulai dari Rp150.000. Sedangkan untuk bahan bonsai beringin termahal biasanya dibanderol mulai dari Rp1.500.000 sampai Rp3.500.000.

Beringin Elegan

(Taman Bonsai)

Jenis beringin lain yang memiliki harga cukup mahal adalah beringin elegan. Bonsai yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan beringin jenis kimeng. Hanya saja beringin elegan memiliki daun yang lebih tebal. Pertumbuhan daunnya juga cenderung lebih rapat dibandingkan jenis beringin yang lain.

Perawatan untuk beringin elegan ini juga tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu menyiramkan air pada bonsai setiap hari dan memberikan pupuk secara berkala. Harga yang dibanderol untuk bibit bonsai jenis ini mulai dari Rp 17.000. Sedangkan untuk bonsai dengan ukuran besar dibanderol mulai dari harga Rp500.000 hingga Rp5.500.000.

Cara Merawat Bonsai Beringin

Meski merawat bonsai cukup mudah dilakukan, namun terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika merawat tanaman hias yang satu ini. Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat bonsai.

Pintar Memilih Bibit

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih bibit bonsai yang bagus. Dengan bibit bonsai yang bagus, tentu akan bonsai akan lebih kuat dan tidak mudah mati. Bibit bonsai yang bagus tentu akan mempermudah Anda dalam merawat bibit bonsai.

Jika Anda sudah menemukan bibit bonsai yang baik, Anda bisa mulai menanamnya pada media tanam yang sudah diberikan pupuk. Hal ini agar bibit bonsai tidak kekurangan nutrisi.

Cara Menyiram

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah menyiram bonsai dengan cara yang benar. Ya, jika biasanya Anda akan menyiramkan air dengan porsi banyak pada tanaman hias lain, namun berbeda pada bonsai. Anda perlu menyiram tanaman bonsai ini dengan mengabutkan atau dengan tidak terlalu banyak air. Karena kelembaban berlebih akan membuat bibit menjadi busuk.

Potong Ranting Secara Berkala

Nah hal khusus lainnya yang perlu dilakukan jika merawat bonsai adalah memotong rantingnya secara berkala. Pemotongan ini berfungsi agar daun atau ranting tidak membebani batang pohon.

Itulah informasi tentang daftar bonsai beringin termahal dan cara merawatnya.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Baca Juga: Intip Yuk Nama Tanaman Hias Daun Dan Gambarnya Berikut


Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel