Pinhome

Uncategorized

Inilah Jenis-Jenis Kusen Rumah Beserta Keunggulannya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Rumah yang terlihat indah akan membuat penghuni rumah dan tamu yang datang ke rumah tersebut merasa senang dan nyaman. Namun kenindahan dari rumah bukan hanya dilihat dari bentuk rumah, cat dinding rumah atau  tanaman yang ada di halaman rumah, tetapi kusen-kusen yang ada di jendela juga akan mempengaruhi keindahan dari sebuah rumah.

Kusen yang memiliki bentuk yang modern dan terlihat bersih akan membuat jendela pada rumah Anda menjadi indah dan nyaman untuk dilihat. Pilihlah kusen yang sesuai dengan desain dari rumah Anda agar lebih terlihat serasi. Kusen memiliki berbagai macam jenis, Anda dapat menyesuaikan kusen yang akan dipilih dengan bentuk rumah. Nah berikut ini ada beberapa jenis dari kusen beserta keunggulannya yang dapat menjadi referensi Anda untuk dipasang di rumah, diantaranya :

Kusen Kayu

Kusen yang menggunakan bahan dasar kayu ini banyak digunakan oleh beberapa rumah. Kusen dari kayu tidak selamanya akan memberi kesan yang kuno ataupun vintage. Meskipun berbahan dasar kayu, kusen ini cocok untuk digunakan pada berbagai jenis rumah seperti rumah modern. Rumah modern akan terlihat cocok apabila menggunakan kusen kayu. Tetapi kusen yang terbuat dari kayu biasanya membutuhkan kayu yang banyak dan berkualitas, sehingga akan merusak lingkungan. Perawatannya juga cenderung lebih mahal dari kusen lainnya, karena harus dilapisi antirayap dan coatin agar tidak lapuk.

Kusen Alumunium

Kusen alumunium cenderung lebih murah dibandingkan dengan kusen kayu. Kusen alumunium juga lebih awet karena tidak mudah keropos dan terpengaruh perubahan cuaca. Namun kelemahan dari kusen alumunium yaitu cepat penyok apabila terbentur dan rentan terkena jamur jika tidak rutin dibersihkan. Desain kusen alumunium juga kurang bervariasi.

Kusen Fiberglass

Kusen fiberglass cocok digunakan untuk kantor atau rumah yang memiliki gaya minimalis modern. Harga dari kusen fiberglass juga cukup terjangkau karena terbuat dari bahan-bahan yang ringan. Bersihkan kusen fiberglass secara rutin karena cenderung cepat berjamur apabila area disekitarnya terasa lembab dan sering menjadi sarang debu.

Kusen Unplasticized Polyvinyl Chloride (UPCV)

Kusen unplasticized polyvinyl chloride merupakan kusen yang menggunakan material turunan plastik. Kusen ini tidak cepat memuai apabila terjadi perubahan suhu di sekitarnya dan juga tahan bocor. Kusen unplasticized polyvinyl chloride memiliki desain yang dapat disesuaikan dengan bentuk jendela Anda dan juga dapat menahan kesejukan ruangan. Jika Anda memiliki ruangan yang ber-AC, penggunaan ini menjaga kesejukannya sehingga tidak terpapar udara panas dari luar. Anda cukup mengelapnya agar bersih setiap seminggu sekali.

Itulah beberapa jenis kusen yang dapat menjadi referensi bagi rumah Anda agar terlihat lebih indah. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel