BlogPemilik PropertiDesain HunianLantai Lebih Kuat dengan Epoxy Lantai & Estetik
0
0

Lantai Lebih Kuat dengan Epoxy Lantai & Estetik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 26, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
Epoxy dapat dicampur untuk menjadi lantai.top-right-banner

Epoxy lantai adalah solusi inovatif yang telah merevolusi industri lantai modern. Hal itu bukan alasan, karena lantai yang satu ini dikenal karena daya tahan yang luar biasa dan ketahanannya terhadap berbagai kondisi ekstrem.

Dalam beberapa dekade terakhir, lantai yang merupakan campuran ini telah menjadi pilihan utama bagi banyak pemilik gedung, perusahaan, dan rumah tangga. Namun sebelum membahas berbagai kelebihan serta kekurangannya, lapisan dari lantai ini sangat cocok untuk rumah eksklusif impian.

Rumah seperti itu pun bisa Kamu cari lewat PinValue yang menyediakan iklan jual rumah online gratis untuk wilayah perumahan di Jakarta Timur ataupun rumah bekas di Jakarta Selatan. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa melihat Simulasi KPR dan informasi terkait pengajuan KPR.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai Paling Mudah

Mengenal Epoxy Lantai

Mengaplikasikan epoxy lantai untuk parkiran.
Source : Freepik

Sebelum menggunakannya, penting untuk memahami apa itu epoxy lantai. Epoxy adalah bahan yang digunakan sebagai pelapis untuk lantai beton.

Biasanya, epoxy terdiri dari campuran cat epoxy atau resin dengan pengeras. Kedua komponen ini dicampur sehingga membentuk cat lantai yang memiliki penampilan menyerupai plastik dan keras, baik dalam bentuk transparan maupun berwarna.

Dengan menggunakan teknologi ini, lantai akan selalu terlihat berkilau dan licin. Tak jarang, lantai ini digunakan di berbagai bangunan umum, seperti restoran, bandara, dan pabrik, untuk menjaga tampilan yang bersih dan menarik.

Selain untuk lantai, epoxy juga dapat digunakan di berbagai bagian bangunan dari beton, seperti dinding atau rangka bangunan.

Baca juga: Tips Memilih Keramik untuk Lantai yang Baik dan Sesuai

Jenis-Jenis Epoxy Lantai

Proses instalasi epoxy lantai.
Source : Freepik

Berikut adalah beberapa jenis lantai campuran bahan epoxy yang perlu diketahui:

1. Lantai Epoxy Self Dispersing

Lantai epoxy self dispersing adalah jenis yang sangat kuat dan tahan lama untuk digunakan di area yang sering dilalui oleh kendaraan berat. Kekuatan epoxy ini berasal dari penggunaan pasir kuarsa yang mampu menahan beban berat.

Selain itu, lantai ini juga aman karena dapat mencegah permukaan menjadi licin ketika terkena cairan.

2. Lantai Epoxy Self Leveling

Lantai epoxy self leveling adalah jenis yang diaplikasikan pada permukaan beton. Fungsi utama dari jenis self leveling adalah untuk melindungi dan membuat permukaan lantai menjadi lebih awet, serta tahan terhadap gesekan.

Jenis yang satu ini mengandung resin yang mampu “menyembuhkan diri” dengan mengisi celah-celah lantai yang rusak.

3. Lantai Epoxy Mortar Coating

Lantai epoxy mortar coating terbuat dari campuran bahan keras yang memiliki ketahanan tinggi. Epoxy ini mengandung komposisi resin yang dicampur dengan hardener dan pasir silika.

Komposisi tersebut menjadikan jenis ini sebagai pilihan yang tepat untuk melapisi lantai yang mudah pecah dan bergelombang.

4. Pelapis Lantai Epoxy 3D

Untuk menciptakan tampilan estetik dan menarik pada lantai rumah, Kamu dapat mencoba menggunakan pelapis jenis epoxy 3D. Epoxy 3D adalah desain lantai tiga dimensi yang menggunakan bantuan self leveling floor dalam pengaplikasiannya.

Pengaplikasian pelapis lantai 3D ini harus dilakukan pada permukaan lantai yang halus agar hasilnya rapi dan menarik. Selain memberikan tampilan visual yang indah, pelapis lantai ini juga melindungi lantai dari bahan-bahan berbahaya seperti asam dan zat klorida.

5. Lantai Epoxy Anti Static

Beberapa jenis lantai dapat menghasilkan listrik statis, yang dapat menyebabkan risiko kebakaran. Untuk mengurangi risiko ini, Kamu bisa menggunakan jenis anti static yang mengandung campuran karbon konduktif dan tembaga.

Lapisan epoxy ini akan mengalirkan listrik statis tanpa memerlukan grounding listrik rumah dan meningkatkan faktor keselamatan terutama di pabrik yang memproduksi bahan mudah terbakar.

6. Lantai Epoxy Flake

Lantai epoxy flake adalah salah satu jenis yang memberikan tampilan visual menarik bagi bangunan dan rumah. Berbeda dengan epoxy 3D coating, jenis flake memberikan kesan serpihan yang unik.

Jenis epoxy ini cocok untuk diaplikasikan pada area seperti ruang makan, teras, dan pada desain kamar tidur.

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Rumah Tingkat Minimalis

Berapa Lama Epoxy Lantai Bisa Bertahan?

(

Sebenarnya bila pengaplikasiannya dilakukan dengan benar dan dirawat dengan baik maka ketahanannya bisa mencapai 20 tahun lebih. Biasanya penggantian epoxy terjadi setelah 2-3 tahun khususnya bila digunakan untuk aplikasi berat maupun terpapar cuaca ekstrim.

Ini artinya ketahanan epoxy lantai tergantung dari pemakaian serta pemeliharaannya. Kamu bisa membersihkannya dengan kain yang memiliki permukaan lembut agar tidak meninggalkan goresan.

Kelebihan Epoxy Lantai

Epoxy lantai diaplikasikan oleh profesional.
Source : Freepik

Berikut ini adalah berbagai kelebihan dari epoxy sebagai pertimbangan sebelum mengaplikasikannya:

1. Ketahanan Tinggi

Salah satu kelebihan utama dari epoxy adalah ketahanannya yang tinggi terhadap berbagai faktor yang dapat merusak lantai, seperti bahan kimia, goresan, noda, dan benturan fisik.

Jenis yang satu ini sangat cocok untuk lingkungan industri dan komersial yang mengalami lalu lintas berat dan aktivitas intensif.

2. Tampilan Estetis

Epoxy menyediakan pilihan desain yang beragam, termasuk berbagai warna, pola, dan efek visual. Kamu dapat memilih tampilan glossy atau matte, yang membuatnya ideal untuk berbagai ruang seperti kantor, showroom, toko ritel, dan bahkan garasi.

3. Pembersihan Mudah

Permukaan yang halus dan non-poros dari lantai epoxy memudahkan proses pembersihan dan pemeliharaan rutin. Noda dan kotoran dapat dengan mudah dihapus dengan lap basah atau penghapus khusus untuk mempertahankan tampilan lantai yang bersih dan menarik.

4. Daya Tahan Terhadap Cuaca

Lantai ini juga cocok digunakan di luar ruangan karena ketahanannya terhadap sinar UV dan perubahan cuaca ekstrem. Ini membuatnya cocok untuk teras, kolam renang, atau area luar lainnya yang membutuhkan perlindungan tambahan.

5. Pengaplikasian yang Cepat

Proses aplikasi epoxy relatif cepat dan sederhana, terutama jika dilakukan oleh para profesional yang berpengalaman. Waktu pengeringan yang singkat memungkinkan ruang segera digunakan kembali setelah instalasi selesai.

6. Perlindungan Terhadap Kelembapan

Lantai yang satu ini memberikan perlindungan tambahan terhadap kelembapan, sehingga mengurangi risiko munculnya jamur atau kerusakan lain yang disebabkan oleh kadar air berlebih.

Baca juga: Denah Rumah Satu Lantai: Pilihan Tepat Bagi Anda dan Keluarga

Kekurangan Epoxy Lantai

Contoh hasil mengaplikasikan epoxy.
Source : Freepik

Akan tetapi dibalik berbagai kelebihannya, lantai yang merupakan campuran dari bahan ini ternyata juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

1. Ketahanan Terhadap Goresan

Meskipun lantai dari campuran bahan ini cukup tahan terhadap goresan, permukaannya tidak sepenuhnya bebas dari kerusakan. Goresan tajam atau benda berat yang jatuh dari ketinggian dapat menyebabkan kerusakan permanen pada lapisan epoxy.

2. Pemasangan yang Memerlukan Keahlian

Instalasi epoxy hingga menjadi lantai memerlukan keterampilan khusus dan persiapan permukaan yang tepat agar hasilnya maksimal. Jika proses ini tidak dilakukan dengan benar, lantai mungkin mengalami masalah seperti mengelupas atau mengelupas dari permukaan.

3. Respon Terhadap Suhu Ekstrem

Lantai yang satu ini dapat merespon suhu ekstrem dengan cara yang tidak diinginkan, terutama jika terkena panas tinggi. Suhu yang sangat panas dapat menyebabkan lantai menjadi lembek atau retak, sementara suhu yang sangat rendah dapat membuatnya menjadi rapuh dan retak juga.

4. Biaya Instalasi

Meskipun lantai campuran ini menawarkan banyak manfaat, biaya instalasinya cenderung lebih tinggi daripada jenis lantai lainnya. Namun, ini sebanding dengan manfaat dan ketahanannya dalam jangka panjang.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan epoxy, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik spesifik dari area yang akan dilapisi untuk memastikan bahwa ini adalah solusi yang tepat.

Jika dipasang dengan benar dan dirawat dengan baik, lantai ini dapat menjadi investasi yang berharga untuk memberikan perlindungan dan penampilan maksimal bagi rumah.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download