BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Manfaat Grounding Listrik Rumah dan Cara Pasangnya
0
0

5 Manfaat Grounding Listrik Rumah dan Cara Pasangnya

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Okt 23, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
grounding listrik rumahtop-right-banner

Pins, mungkin diantara kalian masih belum familiar dengan pemasangan grounding listrik rumah, kan? Nah sebelum kamu mengetahui lebih jauh tentang manfaat grounding listrik rumah, kamu perlu memahami apa itu grounding listrik rumah, ya

Mungkin kamu yang saat ini tinggal di Avoria Estate atau Intan Residence bermaksud untuk mencari tahu tentang cara pasang grounding listrik rumah, kan? Terutama kamu yang tinggal di Perumahan di Bogor dan rumah seken di Kab Bandung Barat ya Pins. 

Sebelum itu mari cek informasi mengenai estimasi harga rumah dan juga program KPR di Pinhome, yuk! 

Apa itu Grounding Listrik Rumah?

Source : tridinamika.com

Grounding listrik rumah merupakan prosedut penting dalam instalasi listrik rumah lho Pins. Tujuan dari pemasangan ini ialah untuk melindungi peralatan elektronik dan keselamatan penghuni rumah. Grounding adalah penghubung yang aman antara peralatan listrik dan bumi, yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik yang tidak diinginkan ke bumi dan mencegah potensi bahaya kejutan listrik atau api yang dapat terjadi akibbat korsleting atau gangguan pada sistem listrik. 

Baca juga: 20 Cara Membangun Rumah yang Murah Tapi Berkualitas

5 Manfaat Grounding Listrik Rumah

Penggunaan grounding listrik rumah adalah penting karena memiliki beberapa tujuan utama yang berkontribusi pada keselamatan penghuni rumah dan peralatan elektronik. Berikut adalah alasan mengapa harus menggunakan instalasi. Yuk simak ulasannya dibawah ini. 

1. Keselamatan Penghuni Rumah

Source : kompas.com

Salah satu manfaat paling krusial dari grounding adalah melindungi penghuni rumah dari bahaya kejutan listrik. Dalam situasi korsleting atau gangguan dalam sistem listrik, grounding memberikan jalur yang aman untuk mengalirkan arus berbahaya ke bumi, menghindari risiko cedera atau bahkan kematian.

2. Perlindungan Terhadap Korsleting dan Bahaya Api

Source : tugu.com

Grounding membantu mencegah bahaya api yang disebabkan oleh korsleting. Saat dua kawat listrik berkontak, grounding memungkinkan arus berlebih untuk mengalir ke bumi, mencegah terjadinya percikan api atau kebakaran.

3. Perlindungan Terhadap Lonjakan Listrik

Source : jawapost.com

Pmasangan instalasi ini juga melindungi peralatan elektronik dan perangkat rumah tangga dari lonjakan listrik yang dapat merusak peralatan. Ketika ada lonjakan tegangan, grounding mengalirkan arus berlebih ke bumi sehingga tidak merusak peralatan yang terhubung dalam sistem listrik.

4. Kinerja Listrik yang Stabil

Grounding membantu menjaga kualitas daya listrik dan kinerja listrik yang stabil di seluruh rumah. Dengan mengalirkan arus berlebih ke bumi, grounding menjaga tegangan dalam batas yang aman, mencegah fluktuasi tegangan yang dapat merusak peralatan.

5. Kepatuhan dengan Kode Listrik

Source : wilsoncables.com

Banyak negara memiliki peraturan dan kode listrik yang mewajibkan penggunaan ini dalam instalasi hunian. Kepatuhan terhadap peraturan ini adalah penting untuk memastikan keselamatan penghuni rumah dan keandalan instalasi listrik.

Baca juga: 8 Perencanaan Pembangunan Rumah Baru

Cara Pasang Grounding Listrik Rumah

Pasang grounding listrik rumah dengan benar adalah tugas yang memerlukan perhatian terhadap detail, dan dalam banyak kasus, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari seorang profesional listrik berlisensi. Namun, berikut adalah panduan umum tentang cara pasang instalasi listrik secara detail. Pastikan selalu mematuhi kode listrik setempat dan berunding dengan otoritas setempat jika diperlukan.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • Ground rod (batang grounding).
  • Kabel grounding tembaga atau aluminium yang sesuai dengan peraturan setempat.
  • Clamp grounding (pengikat kabel grounding).
  • Alat gali (untuk menggali lubang).
  • Pelindung kabel (jika kabel grounding berada di luar tanah).
  • Terminal grounding di dalam panel listrik rumah.

Langkah-Langkah Pasang Grounding

  • Tentukan Lokasi Ground Rod: Tentukan lokasi di mana ground rod akan ditanam. Tempatkan ground rod dekat dengan panel listrik atau meteran listrik rumah.
  • Gali Lubang: Gali lubang dengan kedalaman sesuai dengan kode listrik setempat, biasanya sekitar 2,4 hingga 3 meter. Pastikan lubang sejajar dengan ground rod.
  • Pasang Ground Rod: Pasang ground rod ke dalam lubang. Pastikan sekitar satu meter dari ujung ground rod tetap terlihat di atas tanah.
  • Koneksikan Kabel Grounding: Hubungkan kabel grounding (tembaga atau aluminium) ke ground rod dengan clamp grounding yang sesuai. Pastikan koneksi sangat kuat dan tidak longgar.
  • Lanjukan Kabel ke Panel Listrik: Bawa kabel grounding dari ground rod ke panel listrik rumah. Kabel harus diisolasi dan dijaga agar tidak mengalami kerusakan.
  • Koneksikan Kabel ke Terminal Grounding Panel Listrik: Hubungkan kabel grounding ke terminal grounding di dalam panel listrik. Terminal ini biasanya berwarna hijau atau memiliki simbol grounding.
  • Pelindung Kabel (Opsional): Jika kabel grounding akan berada di luar tanah atau di lokasi yang terkena risiko kerusakan mekanis, Pins dapat melindunginya dengan pipa atau pelindung kabel.
  • Uji Grounding: Setelah grounding terpasang, lakukan pengujian untuk memastikan bahwa grounding berfungsi dengan baik dan memiliki resistansi rendah. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat pengukur resistansi.
  • Periksa Kepatuhan Kode Listrik: Pastikan instalasi grounding mematuhi semua peraturan dan kode listrik setempat. Dalam beberapa kasus, Pins mungkin perlu meminta inspeksi dari otoritas setempat.

Pins, itu saja informasi mengenai tentang manfaat dan cara pasang grounding listrik rumah yang bisa menjadi referensi bacaan kamu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca juga: 

Sumber featured image: amanitekno.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download