BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Memilih Keramik untuk Lantai yang Baik dan Sesuai
0
0

10 Tips Memilih Keramik untuk Lantai yang Baik dan Sesuai

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Nov 9, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Memilih keramik untuk lantaitop-right-banner

Keramik merupakan alternatif material yang dapat digunakan sebagai finishing lantai rumah. Ada berbagai macam pilihan warna keramik banyak tersedia di pasaran. Hal-hal tersebut  terkadang membuat Pins bingung dalam memilih keramik untuk lantai yang akan dipilih menghiasi rumah idaman. Kini Pins bisa menggunakan tips memilih keramik lantai ini agar mendapatkan kualitas terbaik dan cocok untuk interior.

Untuk mewujudkan Rumah Ekslusif impianmu segera unduh aplikasi Pinhome. Melalui fitur pencariannya maka kamu bisa menemukan rumah bekas di Mojokerto atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Mutiara Gading City atau di Grand Wisata Bekasi. Perumahan tersebut menggunakan keramik pilihan terbaik dengan material yang anti selip dan licin.

Tips Memilih Keramik Untuk Lantai

Bongkar pasang keramik mampu menambah biaya pembangunan. Selain itu juga menghabiskan waktu yang semestinya dapat dihemat dalam proses pembangunan rumah. Berikut ini beberapa tips dalam memilih keramik untuk lantai sehingga didapatkan hasil yang sesuai harapan.

1. Konsultasi dan Perencanaan

Source : Pexels

Konsultasikan terlebih dahulu dengan keluarga, karena masing-masing mempunyai selera sendiri dalam memilih keramik. Buat terlebih dahulu gambar kerja pemasangan keramik, hal ini berguna untuk menentukan dimana area keramik yang akan dipotong serta peletakan pola-pola lantai yang baik.

Baca juga: Ukuran Keramik Lantai Berdasarkan Jenisnya

2. Kesesuaian Budget

Banyaknya model keramik di pasaran tentu membuat kamu bingung. Sebenarnya untuk mengeliminasinya bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia. Bandingkan harga keramik dengan merk yang sama di beberapa toko untuk memperoleh harga terbaik. Perbedaan harga keramik biasa terjadi karena ukuran, bahan hingga motif yang digunakan begitu bervariasi.

3. Pilih Warna Keramik

Memilih keramik untuk lantai
Source : Unsplash

Pastikan warna keramik bagus, tidak luntur dan seragam, karena meskipun berasal dari satu jenis keramik ada kalanya mempunyai warna yang berbeda. Warna keramik juga mampu meningkatkan kesan yang dibangun pada ruangan tersebut seperti suasana ceria untuk kamar anak atau kesan mewah di ruang tamu.

Warna keramik biasa disinkronisasikan dengan warna dinding di ruangan tersebut. Misalnya untuk ruang keluarga bisa menggunakan ubin polished berwarna netral. Sementara kamar tidur memakai keramik berwarna dingin seperti abu-abu, beige, biru hingga warna lembut lainnya.

4. Mengenal Jenis Keramik

Source : Wikipedia

Jenis keramik beragam ada yang terbuat dari batu alam seperti granit, marmer dan lainnya. Pilih yang sesuai dengan gaya interior dan budget kamu agar interior bisa selaras dan seimbang.

Misalnya saja keramik unpolished sering dipakai untuk area yang langsung berinteraksi dengan air namun intensitas rendah. Contohnya pada kamar mandi kering, dapur, garasi hingga teras. Keramik polished sebaiknya untuk area ruang dalam seperti dinding kamar tidur, ruang tamu hingga ruang keluarga.

Baca juga: Model dan Harga Keramik Carport Terbaik dengan Desain Ciamik!

5. Tentukan Ukuran Keramik

Pastikan ukuran keramik seragam, mempunyai sudut siku-siku yang bagus, serta menyesuaikan ukuran keramik dengan ukuran ruang. Misalnya ukuran ruang kecil seperti kamar mandi akan lebih bagus menggunakan keramik berukuran kecil (20 cm x 20 cm). Sedangkan ruang keluarga yang besar lebih baik menggunakan keramik berukuran besar (40 cm x 40 cm  atau 60 cm x 60 cm).

6. Pertimbangkan Tekstur Keramik

Source : Kompas

Sesuaikan tempat atau ruangan dengan tekstur keramik yang hendak dipasang. Misalnya jika mencari keramik kamar mandi pilih yang permukaannya sedikit kasar. Tujuannya agar memberi pijakan kuat sehingga tidak mudah terpeleset.

7. Ketahui Berat Keramik

Berat keramik ternyata penting dalam memilih keramik untuk lantai. Jika terasa ringan ada kemungkinan mengalami pengeroposan di bagian dalam. Apabila cukup berat menandakan kualitas material kokoh. Untuk mengetesnya cukup ayunkan perlahan untuk mengetahui perkiraan berat keramik.

Baca juga: 15 Merk Cat Keramik Lantai Terbaik

8. Perhatikan Merk Keramik

Memilih keramik untuk lantai
Source : Unsplash

Merk produsen keramik yang sudah teruji baik diharapkan dapat memberikan hasil pekerjaan keramik dengan hasil yang memuaskan. Beberapa merk keramik tak jarang memiliki nilai jual tinggi karena menggunakan bahan terbaik di kelasnya. Biarpun begitu pastikan keramik minimal telah memenuhi standar nasional atau ISO 13006 untuk industri keramik di tingkat internasional.

9. Cek Kualitas Keramik

Kualitas keramik biasanya dikelompokan berdasarkan KW-1, KW-2, KW-3 yang masing-masing kelas tersebut mempunyai standar kualitas masing-masing. Tanyakan kelebihan dan kekurangan setiap jenis keramik agar kamu memperoleh keramik yang paling cocok.

Pelajari pula struktur dan teknik pemasangannya agar dapat tahan terhadap beban. Pemasangan keramik yang pas memperlihatkan corak unik yang berbeda khususnya keramik dengan pola tertentu. Keramik lantai hadir dengan tekstur lebih kasar dibanding keramik dinding.

Tujuannya agar orang tidak mudah terpeleset ketika menginjak lantai dan tidak rentan pecah. Padankan pula keramik dan furnitur yang digunakan agar lebih sesuai dengan interior ruangan yang diangkat.

10. Grout

Source : Unsplash

Grout merupakan semen khusus untuk pengisi celah keramik yang biasanya memberi kontras warna. Pilih grout yang berwarna kontras dengan keramik lantai guna menekankan permainan garis dan desain. Bila menggunakan warna senada maka efek lantai lega dan seamless juga bisa tercipta dengan sendirinya.

Dengan tips memilih keramik lantai di atas, kamu bisa memperoleh interior ruangan yang diinginkan. Selain itu keramik lantai yang digunakan terjamin memiliki kualias terbaik di kelasnya. Pilihan keramiknya juga sesuai dengan tipe ruangan yang ada di rumah.

Baca juga : 8 Motif Keramik Minimalis

Feature Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download