BlogPemilik PropertiDesain HunianDenah Rumah Satu Lantai: Pilihan Tepat Bagi Anda dan Keluarga
0
0

Denah Rumah Satu Lantai: Pilihan Tepat Bagi Anda dan Keluarga

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Nov 10, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Denah Rumah Satu Lantai: Pilihan Tepat Bagi Anda dan Keluargatop-right-banner

Bagi kamu yang sedang berencana untuk membangun sebuah rumah idaman, tentunya kamu akan berpikir untuk membuat rumah satu lantai atau lebih dari satu lantai. Jika kamu tidak menyukai model rumah dua lantai atau lebih, kamu bisa dapat memilih model rumah satu lantai dengan memaksimalkan fungsi dalam tiap-tiap ruangan yang akan dibuat. Dalam membangun rumah tersebut, kamu membutuhkan denah rumah satu lantai. Berikut ini beberapa rekomendasi denah yang dapat kamu ikuti!

Kamu dapat menemukan rumah satu lantai yang tepat untuk keluarga di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Pins juga dapat membangun rumah satu lantai sesuai dengan keinginan dan selera Pins menggunakan KPR rumah.

Denah Rumah Satu Lantai

Sebagian orang memang tidak menyukai model rumah dua lantai karena dirasa agak merepotkan harus naik turun tangga setiap harinya. Selain itu, rumah dua lantai akan berpotensi untuk membatasi komunikasi antara keluarga yang menghuni lantai satu dan lantai di atasnya.

Namun, bukan berarti rumah dua lantai tidak bagus untukmu. Bagi mereka yang tidak memiliki banyak lahan, model rumah dua lantai dapat menjadi alternatif yang bagus untuk membangun sebuah rumah yang kamu impikan.

Apalagi jika kamu memiliki anak yang masih sangat kecil, tangga yang menghubungkan antara lantai satu dan lantai dua akan berbahaya jika anak anda naik turun tangga tanpa pengawasan. Sebelum memulai untuk membangun sebuah rumah, tentu kamu memerlukan sebuah perencanaan matang yang dapat kamu tuangkan dalam gambar denah rumah.

Berikut ini beberapa ide denah rumah satu lantai yang dapat menjadi referensi kamu:

1. Ide Denah Rumah Satu Lantai Tipe 21

Source : ArsiMedia

Denah hunian satu lantai merupakan denah rumah yang sangat umum di masyarakat. Tetapi membuat denah hunian satu lantai terkadang tidak semudah yang kamu bayangkan. Kamu harus memperhitungkan dengan cermat dalam menentuan susunan ruangan-ruangan yang akan kamu buat.

Sebagai contoh, kamu harus benar-benar mengetahui bagaimana menyusun letak ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan garasi.

Baca juga: 15 Inspirasi Desain Rumah Tipe 21 dan Tips Makin Nyaman untuk Kamu!

2. Ide Denah Hunian Satu Lantai Tipe 30

Source : Trenggalek

Dalam membangun rumah dengan satu lantai kamu perlu memerhatikan letak tiap-tiap ruangan yang hendaknya saling berkesinambungan dan memudahkanmu untuk mengakses ruangan yang satu dengan yang lainnya. Hal ini dilakukan demi memaksimalkan fungsi di rumah yang luasnya tidak berlebih.

Membuat denah rumah satu lantai sebenarnya tidak harus menggunakan lahan yang luas. Pada umumnya, tipe rumah ini memerlukan ukuran sedang sekitar 60m2. Kamu harus mengetahui desain rumah knock down.

3. Ide Denah Rumah Satu Lantai Tipe 36

Source : Studio7

Biasanya rumah dengan ukuran ini sudah meliputi dua atau tiga kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dua kamar mandi, ruang makan, dapur, dan garasi. Keuntungan memiliki rumah satu lantai adalah tidak memerlukan terlalu banyak biaya dalam proses pembangunannya jika dibandingkan dengan rumah dua lantai.

Ditambah lagi, Pins tidak perlu meluangkan biaya lebih dalam membeli barang-barang untuk mengisi di lantai selanjutnya. Cobalah membangun rumah menggunakan bata merah, desain rumah bata merah.

4. Ide Denah Rumah Satu Lantai Tipe 40

Source : PesonaKhayangan

Memiliki rumah satu lantai dapat menghemat biaya untuk pembangunan struktur rumah juga lebih ringan dan mobilitasmu sekeluarga juga lebih mudah karena tidak perlu naik turun tangga untuk mengakses ruangan yang lain. Hal ini juga dapat bermanfaat bagi keluarga yang memiliki anak kecil atau orang tua lanjut usia, karena tidak akan kelelahan fisik menaiki tangga menuju lantai dua (2).

Lalu, kamu juga tidak memerlukan pembelian furniture berlebih untuk mengisi ruang kosong di lantai dua (2). Ketahui inspirasi desain rumah idaman terbaik untuk kamu.

5. Ide Denah Hunian Satu Lantai Tipe 42

Source : Kibrispdr

Rumah satu lantai akan dengan mudah menciptakan suatu kerukunan bagi Pins sekeluarga karena setiap harinya anda akan berinteraksi langsung dalam satu rumah. Interaksi dapat terjalin dengan sangat mudah dan transparan, karena tidak terhalang dengan ruangan-ruangan berbeda seperti kehadiran lantai dua (2).

Tanpa lantai dua (2), rumah kamu akan mendapat sirkulasi udara yang cepat menyebar ke berbagai arah. Kamu dapat mencontoh ide desain rumah timur tengah minimalis.

6. Ide Denah Hunian Satu Lantai Tipe 45

Source : Gravel

Pemilihan denah rumah tetap tergantung pada seleramu. Tipe rumah apapun yang kamu pilih, baik itu rumah satu lantai, dua lantai, tiga lantai, dan seterusnya, kamu harus memperhatikan kebersamaan yang akan terjalin dalam rumahmu. Sehingga, kamu akan memiliki sebuah hunian yang nyaman dengan suasana kekeluargaan yang terjalin dengan harmonis. Ketahui desain rumah gaya Inggris yang menawan.

7. Ide Denah Hunian Satu Lantai Tipe 50

Source : Pinterest

Kamu dapat mengikuti ide denah hunian berikut ini dengan penggunaan 3 kamar. 2 ruangan kamar berukuran besar dan 1 ruangan berukuran cukup besar. Di antara 2 kamar yang besar terdapat ruang keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Kamar mandi yang disediakan hanya berjumlah 1. Lalu, rumah satu ini memiliki carport yang cukup untuk menyimpan kendaraanmu.

Di rumah kamu yang satu lantai, gunakan desain rumah pintu 2 dari klasik hingga modern.

8. Ide Denah Hunian Satu Lantai Tipe 54

Source : CreoHouse

Di ide denah selanjutnya juga memiliki jumlah kamar tidur sebanyak 3 ruangan. Kamu dapat memilih denah satu ini dengan tipe hunian 54. Dilengkapi dengan satu ruang kamar mandi, carport yang terpisah berada di halaman rumah, dan ruang hijau yang berada di bagian luar rumah.

Memiliki rumah yang berdiri dengan satu lantai, kamu akan mendapatkan keuntungan dari biaya perawatan yang harus kamu keluarkan. Tentu saja perawatannya akan lebih minim yang memilik rumah berlantai satu. Kamu juga tidak perlu meluangkan tenaga untuk membersihkan rumah bagian atas.

Baca juga: 7 Tipe Rumah Minimalis Terbaru

9. Ide Denah Hunian Satu Lantai Tipe 60

Source : Pinterest

Bagi kamu yang menyukai rumah dengan dipenuhi ruang hijau yang menyegarkan, kamu dapat mengikuti denah hunian satu ini untuk diterapkan pada desain rumah kamu. Bagian depan dan bagian belakang dipenuhi oleh tanaman-tanaman hijau yang dapat menambah sirkulasi udara kamu menjadi lebih bersih.

Ide denah satu ini dibangun dengan mendapati kamar berjumlah 2 ruang, 1 kamar mandi, dapur, dan juga ruang keluarga. Pada bagian depan juga disediakan carport untuk memarkirkan kendaraan. Ketahui juga ide desain rumah atap dak 1 lantai.

10. Ide Denah Hunian Satu Lantai 70

Source : ArsiturStudio

Ide denah terakhir yang cocok untuk kamu ikuti jika menginginkan rumah yang cukup luas adalah tipe 70 satu ini. Kamu akan mendapatkan 2 kamar tidur berukuran besar dan 1 kamar tidur berukuran kecil. Untuk kamar tidur berukuran kecil berada di sisi belakang rumah dekat dengan taman, bersebelahan dengan kamar mandi. Setiap kamar dilengkapi dengan kamar mandi.

Pins akan dengan mudah menata tata letak furniture di lantai satu dan bisa menggunakan tips menciptakan langit-langit yang tinggi agar hunian satu lantai tampak semakin mewah. Rumah satu ini juga dipenuhi dengan ruang hijau baik di bagian depan maupun di bagian belakang rumah. Pins dapat menggunakan inspirasi desain rumah minimalis atap rata di rumah satu lantai kamu.

Itulah beberapa ide denah lantai satu yang dapat kamu jadikan sebagai referensi, semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Vasa Jagakarsa dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download