3 Tips Membuat Desain Rumah Kos 2 Lantai

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Rumah kos adalah bangunan yang disewakan dengan tarif waktu tertentu seperti bulanan atau tahunan. Jenis rumah sewa ini banyak ditemukan di kota-kota besar atau daerah yang mempunyai banyak pendatang. Tentunya, akan membutuhkan desain rumah kost 2 lantai yang nyaman dan bersih.

Isi ruangan sebuah kamar kos biasanya terdiri dari ruang tidur dan kamar mandi yang dilengkapi dengan toilet. Beberapa kamar juga memiliki ruang tamu dan dapur, dan umumnya jenis unit ini biasa disebut sebagai kamar kontrakan.

Baca Juga:

Desain Rumah Kos 2 Lantai

Denah Desain Rumah Kos 2 Lantai
(Thegorbasala.com)

Rumah kos biasanya memiliki desain yang sama setiap lantainya. Berikut ini beberapa ruang yang biasanya ada disetiap desain rumah kos 2 lantai atau lebih:

  1. Teras rumah dan koridor digabungkan menjadi satu dan juga digunsikan sebagai tempat bersantai atau menjemur pakaian jika hujan turun.
  2. Kamar tamu berada tepat saat masuk pintu utama.
    masuk kedalam lagi ada kamar tidur yang dapat dibuat untuk menaruh tempat tidur sesuai desain interior rumah kos yang diharapkan.
  3. Paling belakang berjejer dapur dan kamar mandi yang harus diberikan ventilasi jendela agar udara bersih dapat keluar masuk dengan sehat.
  4. untuk tempat belajar dan tempat makan bisa di lokasi ruang tamu yang bisa juga difungsikan sebagai ruang keluarga apabila penyewa rumah kos sudah berumah tangga.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Kost Minimalis

Tampak Rumah Kos

Tampak Rumah Kos
(Propertipekanbaru)

Beginilah sebuah contoh desain rumah kos yang siap dibangun menyesuaikan lahan dengan ulkiran per pintu adalah 3 m x 6 m. Jadi untuk empat pintu adalah 12 m x 6 m, jika tanah yang tersedia masih mencukup untuk penambahan kamar ke samping, maka tinggal menambahkan petak dengan jumlah sesuai harapan.

Namun, jika menginginkan untuk membangun rumah kos bertingkat tiga atau lebih, maka tinggal menambahkan satu denah lain sama seperti dibawahnya. Namun harus diberikan tambahan perkuatan pondasi dan ukuran kolom struktur agar kuat menahan beban bangunan yang ada.

Baca Juga: Contoh Denah Kamar Kost Minimalis

Tips Desain Rumah Kos Menggunakan Wallpaper

Tips Desain Rumah Kos Menggunakan Wallpaper
(Rukita)

Pemakaian kertas dinding atau wallpaper menjadi pilihan bagi penghuni rumah yang ingin mengganti cat. Selain lebih modern, pemakaian wallpaper dinilai lebih mudah dan terdapat banyak motif yang bisa disesuaikan dengan selera penghuni rumah. Namun tentu saja dalam penggunaan wallpaper pada perawatannya. Berikut ini adalah tips perawatan wallpaper rumah.

Pelajari Jenis Wallpaper

Kenalilah kertas dinding sebelum membersihkannya. Beberapa kertas dinding bisa dicuci namun ada yang tidak bisa dicuci. Apabila terdapat lapisan vinyl tipis, itu artinya kertas dinding tersebut bisa dicuci.

Cara mencucinya cukup dengan mengelap menggunakan kain basah. Sedangkan kertas dinding yang tidak bisa dicuci, cukup dengan mengelap menggunakan kain bersih karena kertas dinding tersebut lebih sulit dicuci.

Pahami Noda Pada Kertas Dinding

Noda yang menempel pada kertas dinding bermacam-macam. Ada yang disebabkan oleh debu, makanan yang tidak sengaja menempel, noda akibat krayon atau stabila, dan juga noda bekas tangan yang sering menyentuh kertas dinding.

Noda-noda tersebut perlu diketahui agar bisa dibersihkan sesuai kebutuhan. Jika sudah mengerti apa saja noda yang tertempel, maka tahap selanjutnya adalah membersihkan kertas dinding sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Biaya Jasa Desain Rumah Online

Cara Membersihkan Wallpaper

  1. Lakukanlah hal yang sederhana terlebih dahulu yaitu membersihkan debu dengan menggunakan sikat lembut atau penyedot debu. Pakailah sapu yang dibalut dengan kain untuk menjangkau dinding yang tinggi.
  2. Setelah debu menghilang, bersihkan noda-noda lain seperti bekas krayon, spidol, atau noda-noda lainnya yang menempel. Jika noda sulit dihilangkan, gunakan larutan pengangkat noda. Gunakan air sabun hangat untuk noda seperti minyak yang susah dihilangkan.
  3. Bagian kertas dinding yang bisa dicuci sebaiknya dibersihkan dengan sisa air sabun hangat yang sudah ditambahkan amonium hidroksida. Lapisan dinding dengan vinyl cukup dibersihkan menggunakan cuka, namun berhati-hatilah jangan langsung menyiramnya pada kertas dinding. Gunakan kain sebagai sarana untuk membersihkan. Kertas dinding yang sudah dibersihkan, perlu dibilas hingga bersih kemudian lap dengan air hangat. Gunakan kain bersih yang telah dibasahi air hangat sebagai lapnya. Kemudian, keringkan dengan kain yang lembut.
  4. Untuk wallpaper yang tidak bisa dicuci terdapat noda alat tulis gunakan karet penghapus atau larutan pembersih. Sedangkan jika terdapat noda minyak bisa menggunakan panas setrika atau menggosoknya dengan roti, dengan begitu minyak akan tersamarkan dan perlahan-lahan menghilang.
  5. Untuk noda minyak yang tidak bisa hilang, gunakan bubuk talc, boraks atau tepung jagung yang dicampur pada sedikit air kemudian oleskan pada noda hingga kering. Jika sudah kering segera gosok perlahan menggunakan kain lembut hingga noda terangkat. 

Baca Juga: Desain Rumah Unik dan Sederhana


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Rolling Door Terbaru dari Berbagai Tipe

Rolling door tak cuma bisa digunakan sebagai pintu toko. Kamu pun bisa memakai rolling door untuk g

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Kayu Jati Semua Ukuran, Terlengkap dan Terbaru!

Kayu jati merupakan salah satu jenis material yang umum digunakan untuk membangun rumah atau membua

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Teralis Jendela Terbaru, Lengkap dengan Tips Memilihnya

Demi alasan keamanan, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan teralis jendela pada rumahanya. S

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal Atap Membran, Inovasi Atap yang Fleksibel dan Unik

Atap membran atau yang juga dikenal dengan sebutan kanopi membran, bukanlah inovasi baru. Meski pen

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

Material atap rumah ada bermacam-macam. Pins tentunya sudah mengenal sejumlah material yang digunak

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia