BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Desain Rumah Sudut Hook, Manfaatkan Lahan Luas
0
0

10 Inspirasi Desain Rumah Sudut Hook, Manfaatkan Lahan Luas

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 14, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah sudut hooktop-right-banner

Rumah Hook adalah rumah yang terletak ada bagian ujung dari ruas perumahan atau ruas jalan. Istilah desain rumah hook disebut juga rumah sudut atau corner lot karena berdiri di pojok. Banyak orang mengidamkan memiliki tanah pada sudut lahan hook kemudian membangun rumah diatasnya. Di samping itu harga rumah atau kavling pada sudut cenderung lebih tinggi dari pada yang lain.

Tak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk memburu rumah yang berada pada hook tersebut. Beberapa kelebihan rumah hook membuatnya memiliki daya pikat dibandingkan jenis rumah pada lahan biasa. Hal ini sering kita temui di perumahan ataupun cluster. Lahan hook, adalah lahan pertama yang menarik minat pembeli sekalipun mungkin lebih mahal dibandingkan rumah pada lahan biasa.

Bagi kamu yang memiliki lahan Hook dan ingin membangun rumah eksklusif sendiri yang tak kalah dengan Mutiara Gading City ataupun rumah di Cipayung, misalnya di sekitar Cibubur Junction. Kamu bisa melihat 10 inspirasi desain rumah sudut hook berikut ini.

Baca juga: Cara Membangun Rumah Hook yang Harus Kamu Ketahui

Inspirasi Rumah Sudut Hook

Desain rumah sudut atau “hook” menjadi semakin populer karena kemampuannya memaksimalkan ruang dan menawarkan tampilan unik yang menonjol di lingkungan sekitarnya. Berikut adalah 10 inspirasi desain rumah sudut yang bisa Pins pertimbangkan:

1. Gaya Suburban

Desain rumah sudut hook
Source : Shutterstock

Desain rumah sudut hook yang pertama ini sangat cocok bagi kamu yang tinggal di daerah pinggrian kota. Biasanya daerah pinggiran kota masih memiliki lahan yang cukup luas dan penuh tanaman hijau. Pins bisa menyisahkan lahan di depan rumah untuk membuat sebuah taman rumput hijau.

2. Gaya Victorian

Desain rumah sudut hook
Source : Shutterstock

Desain rumah sudut hook kedua adalah bergaya victorian. Desain ini memberikan kesan klasik pada hunian. Pins juga bisa memberikan pagar dengan tinggi 1,5 meter untuk menjaga privasi rumah. Warna rumah juga bisa kamu padukan antara cat dan batu-bata agar kesan klasiknya bisa kuat.

3. Garasi Besar

desain rumah sudut hook
Source : Shutterstock

Lahan yang luas menjadi kelebihan desain rumah sudut hook. Kamu bisa membuat garasi berukuran besar yang muat hingga dua mobil pada bagian sudut lahan. Desain ini biasanya banyak diterapkan di Amerika Serikat. Karena hunian Pins terletak pada sudut lahan, akses keluar masuk ke garasi mobil juga jadi lebih mudah.

4. Batu Granit

desain rumah sudut hook
Source : Shutterstock

Memiliki rumah pada bagian sudut lahan tentu akan menarik banyak perhatian. Apalagi jika hunian Pins merupakan tempat lalu lalang banyak orang. Menggunakan batu granit tidak hanya membuat rumah menjadi lebih indah. Namun hunian Pins juga akan lebih menarik perhatian orang-orang. Kamu bisa membuat taman kecil pada bagian depan rumah untuk membatasi antara lahan pribadi kamu dengan jalan umum untuk pejalan kaki.

5. Luxury

Desain rumah sudut hook
Source : Shutterstock

Desain rumah sudut hook luxury ini sangat cocok bagi Pins yang memiliki lahan yang luas dan memanjang. Pins bisa membuat rumah 1 lantai namun memanjang untuk memanfaatkan lahan yang Pins miliki. Pins bisa membuat garasi di bagian belakang rumah, sehingga tampak depan rumah menjadi bersih. Tidak lupa berikan taman kecil pada bagian depan rumah sehingga rumah menjadi lebih asri.

6. Minimalis Modern

rumah minimalis modern
Source : Pinhome

Rumah hook minimalis dengan gaya minimalis modern menekankan pada garis-garis bersih dan bentuk geometris sederhana. Pilihan material seperti beton, kaca, dan logam sering digunakan untuk menciptakan tampilan yang kontemporer. Dinding kaca besar dapat digunakan untuk memaksimalkan pencahayaan alami dan menghubungkan ruang interior dengan lingkungan luar.

Untuk kamu yang suka rumah bergaya minimalis modern, desain ini sangat cocok kamu terapkan pada hunianmu.

7. Konsep Terbuka dengan Taman Tengah

desain rumah hook
Source : Pinhome

Memanfaatkan sudut rumah untuk menciptakan ruang terbuka dengan taman di tengahnya bisa menjadi pilihan menarik. Taman tengah ini tidak hanya memberikan sumber cahaya alami tetapi juga menjadi pusat rumah, memberikan kesan segar dan tenang.

8. Fasad Dinamis dengan Elemen Kayu

desain rumah hook
Source : Pinhome

Menggunakan elemen kayu pada fasad dapat menambah kehangatan pada desain rumah sudut. Elemen kayu ini bisa dikombinasikan dengan material lain seperti batu atau beton untuk menciptakan kontras yang menarik. Desain atap yang unik dan asimetris juga dapat menambah karakter pada rumah.

9. Rumah Sudut Multifungsi

desain rumah hook
Source : Pinhome

Untuk rumah sudut di area perkotaan, mempertimbangkan desain multifungsi bisa menjadi solusi cerdas. Lantai dasar bisa digunakan untuk keperluan komersial seperti toko atau kafe, sementara lantai atas sebagai area tinggal. Pendekatan ini memaksimalkan penggunaan lahan dan menawarkan keuntungan ekonomi.

10. Integrasi dengan Alam

desain rumah hook
Source : Pinhome

Untuk rumah sudut di area yang lebih terbuka, mengintegrasikan desain dengan alam sekitar bisa menjadi pilihan yang menenangkan. Penggunaan material alami dan palet warna yang serasi dengan lingkungan, serta jendela besar yang menghadap ke pemandangan luar, dapat meningkatkan kenyamanan dan kedamaian.

Itulah 10 inspirasi desain rumah sudut hook yang bisa Pins jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download