BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Inspirasi Desain Rumah Sudut Hook untuk Manfaatkan Lahan Luas
0
0

15 Inspirasi Desain Rumah Sudut Hook untuk Manfaatkan Lahan Luas

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jun 27, 2024

2 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah sudut hooktop-right-banner

Rumah Hook adalah rumah yang terletak ada bagian ujung dari ruas perumahan atau ruas jalan. Istilah lain hunian ini adalah desain rumah sudut hook atau corner lot karena berdiri di pojok. 

Banyak orang mengidamkan memiliki tanah pada sudut lahan hook kemudian membangun rumah diatasnya. Di samping itu harga rumah atau kavling pada sudut cenderung lebih tinggi dari pada yang lain.

Baca juga: Cara Membangun Rumah Hook yang Harus Kamu Ketahui

Inspirasi Desain Rumah Sudut Hook

Desain rumah sudut atau “hook” menjadi semakin populer karena kemampuannya memaksimalkan ruang dan menawarkan tampilan unik yang menonjol di lingkungan sekitarnya. Berikut adalah 15 inspirasi desain rumah sudut yang bisa Pins pertimbangkan:

1. Gaya Suburban

Desain rumah sudut hook
Source : Shutterstock

Desain rumah sudut hook yang pertama ini sangat cocok bagi kamu yang tinggal di daerah pinggrian kota. Biasanya daerah pinggiran kota masih memiliki lahan yang cukup luas dan penuh tanaman hijau. Pins bisa menyisahkan lahan di depan rumah untuk membuat sebuah taman rumput hijau.

2. Gaya Victorian

Desain rumah sudut hook
Source : Shutterstock

Desain rumah sudut hook kedua adalah bergaya victorian. Desain ini memberikan kesan klasik pada hunian. Pins juga bisa memberikan pagar dengan tinggi 1,5 meter untuk menjaga privasi rumah. Warna rumah juga bisa kamu padukan antara cat dan batu-bata agar kesan klasiknya bisa kuat.

3. Garasi Besar

desain rumah sudut hook
Source : Shutterstock

Lahan yang luas menjadi kelebihan desain rumah sudut hook. Kamu bisa membuat garasi berukuran besar yang muat hingga dua mobil pada bagian sudut lahan. Desain ini biasanya banyak diterapkan di Amerika Serikat. Karena hunian Pins terletak pada sudut lahan, akses keluar masuk ke garasi mobil juga jadi lebih mudah.

4. Batu Granit

desain rumah sudut hook
Source : Shutterstock

Memiliki rumah pada bagian sudut lahan tentu akan menarik banyak perhatian. Apalagi jika hunian Pins merupakan tempat lalu lalang banyak orang. Manfaat batu granit tidak hanya membuat rumah menjadi lebih indah.

Namun hunian Pins juga akan lebih menarik perhatian orang-orang. Kamu bisa membuat taman kecil pada bagian depan rumah untuk membatasi antara lahan pribadi kamu dengan jalan umum untuk pejalan kaki.

5. Luxury

Desain rumah sudut hook
Source : Shutterstock

Desain rumah sudut hook luxury ini sangat cocok bagi Pins yang memiliki lahan yang luas dan memanjang. Pins bisa membuat desain rumah 1 lantai namun memanjang untuk memanfaatkan lahan yang Pins miliki.

Pins bisa membuat garasi di bagian belakang rumah, sehingga tampak depan rumah menjadi bersih. Tidak lupa berikan taman kecil pada bagian depan rumah sehingga rumah menjadi lebih asri.

Baca juga: Catat! Ini Dia Fengshui Rumah Hook Sebelum Membelinya

6. Minimalis Modern

rumah minimalis modern
Source : Pinhome

Rumah hook minimalis dengan gaya minimalis modern menekankan pada garis-garis bersih dan bentuk geometris sederhana. Pilihan material seperti beton, kaca, dan logam sering digunakan untuk menciptakan tampilan yang kontemporer.

Dinding kaca besar dapat digunakan untuk memaksimalkan pencahayaan alami dan menghubungkan ruang interior dengan lingkungan luar. Untuk kamu yang suka rumah bergaya minimalis modern, desain ini sangat cocok kamu terapkan pada hunianmu.

7. Konsep Terbuka dengan Taman Tengah

desain rumah hook
Source : Pinhome

Memanfaatkan sudut rumah untuk menciptakan ruang terbuka dengan taman di tengahnya bisa menjadi pilihan menarik. Taman tengah ini tidak hanya memberikan sumber cahaya alami tetapi juga menjadi pusat rumah, memberikan kesan segar dan tenang.

8. Fasad Dinamis dengan Elemen Kayu

desain rumah hook
Source : Pinhome

Menggunakan elemen kayu pada fasad dapat menambah kehangatan pada desain rumah sudut. Elemen kayu ini bisa dikombinasikan dengan material lain seperti batu atau beton untuk menciptakan kontras yang menarik. Desain atap rumah 2 lantai yang unik dan asimetris juga dapat menambah karakter pada rumah.

9. Rumah Sudut Multifungsi

desain rumah hook
Source : Pinhome

Untuk rumah sudut di area perkotaan, mempertimbangkan desain multifungsi bisa menjadi solusi cerdas. Lantai dasar bisa digunakan untuk keperluan komersial seperti toko atau kafe, sementara lantai atas sebagai area tinggal. Pendekatan ini memaksimalkan penggunaan lahan dan menawarkan keuntungan ekonomi.

10. Integrasi dengan Alam

desain rumah hook
Source : Pinhome

Untuk rumah sudut di area yang lebih terbuka, mengintegrasikan desain dengan alam sekitar bisa menjadi pilihan yang menenangkan. Penggunaan material alami dan palet warna yang serasi dengan lingkungan, serta jendela besar yang menghadap ke pemandangan luar, dapat meningkatkan kenyamanan dan kedamaian.

11. Type Scandinavian

Source : Pinterest

Tipe Skandinavia memiliki tampilan lapang dan nyaman yang didominasi warna netral. Bagian fasad hood menggunakan elemen kayu dengan ventilasi pada bagian samping atau depan rumah.

12. Konsep Bentuk Kubus

Source : Homedit

Kombinasi warna putih dan abu-abu sebagai cat dinding membuat desain rumah hook 2 muka ini semakin menarik. Perbedaan warnanya membuat masing-masing bagian ruangan seperti di bangunan terpisah.

13. Model Atap Miring

Source : SGCBM

Model atap miring memang fungsional karena mampu menahan hawa panas masuk. Udara yang masuk dalam rumah jadi lebih banyak sehingga terasa sejuk bahkan saat siang hari.

14. Nuansa Jepang

Source : Pinterest

Gaya rumah Jepang ini juga sangat cocok digunakan pada hunian satu hingga dua lantai. Tambahkan taman kecil dan perabot dari bahan kayu agar terlihat lebih hidup dan artistik.

15. Modern Futuristik

Source : Pinterest

Pemakaian bangunan vertikal mengotak mampu mempertegas setiap sudut fasad. Kesan eksentrik ditonjolkan pada pemilihan warna gelap dan terang yang ditambahkan lampu LED pada sudut yang ditonjolkan.

Itulah 15 inspirasi desain rumah sudut hook yang bisa Pins jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Pelajari Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Tusuk Sate


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download