BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti6 Tips Beli Tanah Kavling Agar Tidak Salah Pilih
0
0

6 Tips Beli Tanah Kavling Agar Tidak Salah Pilih

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Sep 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi tanah kavling.top-right-banner

Sebelum Kamu membeli sebidang tanah kavling, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengetahui apa saja tips beli tanah terbaik. Dengan demikian, Kamu akan memiliki aset berharga yang dapat memberikan manfaat finansial dan keamanan jangka panjang. Namun, seperti dalam segala hal dalam hidup, keputusan ini tidak boleh diambil dengan sembrono.

Penting untuk memastikan bahwa Kamu melakukan pembelian dengan bijak, agar tidak salah pilih dan menghindari penyesalan di masa depan. Hal itu karena harga tanah yang terus meningkat dengan segala faktornya.

Sama halnya penting mengetahui tips beli tanah kavling, Kamu juga perlu mengetahui bahwa salah satu Rumah Ekslusif terbaik adalah Avoria Estate. Jika Kamu mau mencari informasi lebih lanjut, Kamu dapat mengunjungi PinValue.

Sementara jika Kamu mencari lokasi lain, Kamu dapat mencari tahu rumah second di Kab Tangerang atau rumah dijual di Depok melalui fitur unggulan Pinhome.

Baca juga: Beli Rumah KPR atau Tanah Kavling, Lebih Untung Mana Ya?

Apa Itu Tanah Kavling?

Tips beli tanah kavling.
Source : Freepik

Tanah kavling adalah istilah yang umumnya digunakan di Indonesia untuk merujuk pada tanah yang telah dibagi-bagi menjadi beberapa bagian kecil atau lot-lot yang lebih kecil. Setiap lot ini biasanya dijual kepada individu atau pengembang properti untuk tujuan pengembangan, seperti pembangunan rumah atau bangunan komersial.

Sebagai informasi, penjualan tanah kavling ini merupakan cara yang umum dalam pengembangan properti di Indonesia. Berikut adalah beberapa informasi tambahannya:

1. Pembagian Tanah

Tanah kavling adalah hasil dari pembagian sebidang tanah yang lebih besar menjadi beberapa lot yang lebih kecil. Proses pembagian ini dilakukan oleh pemilik tanah atau pengembang properti dengan maksud untuk menjualnya kepada pihak lain.

2. Ukuran dan Bentuk

Lot-lot tanah kavling biasanya memiliki ukuran yang relatif kecil dan bentuk yang bervariasi. Lot-Lot tersebut dapat berbentuk kotak, persegi panjang, atau bahkan tidak beraturan, tergantung pada bagaimana tanah awalnya dibagi.sertifikat tanah dan izin pembangunan yang diperlukan.

3. Harga

Harga tanah kavling sangat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, fasilitas, dan permintaan pasar. Daerah yang lebih strategis dan berkembang biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

Terkait hal ini, penting bagi setiap orang mengetahui cara menghitung harga tanah per meternya.

4. Keuntungan

Pembelian tanah kavling dapat menjadi investasi yang menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Harga tanah biasanya meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di daerah tersebut.

Namun selain itu, Kamu perlu tahu bahwa untung rugi beli tanah kavling harus diperhatikan lebih lanjut.

Baca juga: Cara Mengajukan Kredit Tanah Kosong atau Kavling ke Bank

6 Tips Beli Tanah Kavling

Keuntungan tips beli tanah kavling.
Source : Freepik

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai 6 tips untuk membeli tanah kavling:

1. Cari Informasi Tanah di Situs Properti Terpercaya

Langkah pertama dalam membeli tanah kavling adalah mencari informasi tentang properti yang tersedia. Situs web properti terpercaya, portal real estate, atau agen properti yang terkemuka adalah sumber yang baik untuk memulai pencarian.

Kamu dapat melihat daftar tanah kavling yang tersedia, harga, dan detail lainnya. Pastikan untuk memeriksa situs yang memiliki reputasi baik dan ulasan positif. Ditambah lagi, memiliki properti tak lagi sekadar mimpi dengan kehadiran Pinhome.

2. Cek Lokasi dan Kondisi Tanah

Setelah menemukan tanah kavling yang menarik, langkah berikutnya adalah mengunjungi lokasinya secara langsung. Periksa kondisi tanah tersebut, termasuk topografi, akses jalan, drainase, dan lingkungan sekitar.

Pastikan bahwa lokasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan rencana Kamu untuk penggunaan tanah tersebut. Misalnya, jika Kamu berencana membangun rumah, pastikan tanah tersebut cocok untuk konstruksi.

3. Cek Batas Tanah Kavling

Penting untuk memeriksa dengan cermat batas-batas tanah kavling. Hal ini dapat membantu menghindari masalah hukum di masa depan yang mungkin timbul akibat persengketaan batas tanah.

Kamu dapat meminta pemilik tanah atau agen properti untuk memberikan informasi tentang batas-batas tanah dan memeriksa dengan jelas tanda-tanda fisik yang menandai batas tersebut.

4. Ketahui Peruntukan Tanah

Pahami dengan jelas peruntukan tanah kavling sesuai dengan peraturan setempat. Tanah tersebut mungkin memiliki zonasi tertentu, yang dapat memengaruhi jenis bangunan yang dapat Kamu konstruksi di atasnya.

Pastikan tanah tersebut sesuai dengan rencana penggunaan yang diinginkan, apakah itu untuk rumah tinggal, komersial, atau lainnya.

5. Cek Status Kepemilikan Tanah dan Kelengkapan Dokumen

Cek dokumen lengkap sebagai tips beli tanah kavling.
Source : Freepik

Pastikan untuk memeriksa status kepemilikan tanah kavling dan kelengkapan dokumen properti. Kamu perlu memastikan bahwa pemilik yang menjual tanah memiliki hak sah atas properti tersebut.

Periksa sertifikat tanah, surat-surat legal, dan izin-izin yang diperlukan. Jika ada keraguan atau ketidakjelasan, sebaiknya konsultasikan dengan seorang ahli hukum properti.

6. Meminimalisir Bahaya dan Prospek Kenaikan Harga

Terakhir, pertimbangkan risiko dan prospek kenaikan harga. Pelajari tentang perkembangan lingkungan, rencana pembangunan infrastruktur, dan proyek-proyek besar di sekitar lokasi tanah kavling.

Hal tersebut dapat memengaruhi nilai properti di masa depan. Selain itu, pertimbangkan faktor-faktor risiko seperti banjir, gempa bumi, atau masalah lingkungan yang dapat mempengaruhi investasi.

Selain itu sebelum transaksi, perhatikan estimasi nilai properti pinvalue.

Itulah berbagai informasi hingga tips sebelum membeli tanah kavling yang perlu diperhatikan. Jangan lupa untuk meminta saran dari para profesional properti atau hukum jika diperlukan agar transaksi berjalan lancar.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download