BlogLifestyleEdukasi10 Manfaat Batu Granit untuk Manusia dari Waktu ke Waktu
0
0

10 Manfaat Batu Granit untuk Manusia dari Waktu ke Waktu

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Agu 18, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tekstur dan warna batu granit beragam sehingga sering dijadikan material bangunan. Batuannya sangat padat dan tahan akan erosi maupun abrasi sekaligus mampu menahan beban berat. Manfaat batu granit bagi manusia mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Sama halnya dengan KPR rumah perlu dipantau suku bunganya agar tidak membebanimu ketika mengangsur. Kamu bisa mendapatkan rumah bekas di Mojokerto hingga perumahan baru di kabupaten Bekasi seperti Nismara Harapan Indah dengan cara mencicil.

Kelebihan Batu Granit

Source : Pxhere

Batu granit mengandung mineral kuarsa sebesar 10-50% dari mineral feseik dan mineral alkali feldspar sebanyak 65-90%. Kelebihan dari batu granit antara lain adalah:

  • Anti noda; granit terkenal tahan terhadap noda membandel. Teksturnya glossy dan kuat membuatnya mudah untuk dibersihkan jika terciprat noda
  • Tahan panas; tidak sama seperti batu lainnya yang mudah rusak karena suhu panas tinggi. Granit cenderung tidak mudah rusak walaupun terkena suhu panas tinggi.
  • Perawatan mudah; dalam merawat furnitur atau material dengan bahan ini tergolong mudah. Kamu bisa membersihkannya sendiri dan tidak memakan waktu lama.
  • Padat; teksturnya padat sehingga kuat menahan berbagai beban berat. Cocok untuk meja atau lantai rumah karena anti gores

Baca juga: 15 Desain Rumah Papan Setengah Batu yang Kokoh

Manfaat Batu Granit untuk Manusia

Apa manfaat batu granit bagi manusia? Nyatanya material satu ini berguna bagi konstruksi bangunan dan lainnya yang bisa disimak sebagai berikut:

1. Media Panjat Tebing

Source : Wikipedia

Penggunaan batu granit dipakai dalam olahraga dan seni seperti media panjat tebing. Batu alamnya dipakai sesuai bentuk alaminya yang dipasang pada dinding secara vertikal. Potongan batuannya sebagai pijakan ketika memanjat khususnya pada tebing. 

Granit yang paling terkenal berada di pegunungan Alpen barat disebut ‘Mont Blanc Massif. Adapun tebing lainnya yang punya batu granit sebagai media panjat tebing adalah California Yosemite, Corsica dan dapat ditemukan pada pegunungan Karakoram Perancis yang terletak di perbatasan Pakistan, China dan India.

Meskipun batuannya tahan panas namun bisa pula mengalami kerusakan karena faktor alam seperti bencana alam. Kerusakan lainnya mungkin terjadi karena ulah manusia sendiri.

2. Interior Bangunan

Karakter batunya keras dan jika diasah tampilannya semakin menarik serta elegan. Warna batunya terang menjadikan granit sangat indah sebagai interior bangunan seperti difungsikan untuk panel dinding rumah.  

Dalam mengolahnya, batu granit diasah kemudian dihaluskan. Setelahnya dipotong lembaran kemudian dijadikan ubin dengan berbagai variasi warna. Umumnya granit juga bisa dijadikan anak tangga hingga dinding ruangan.

Baca juga: Tampak Kokoh! Ini 7 Model Pagar Batu Alam Terbaik!

3. Eksterior Bangunan

Source : Pexels

Batu granit manfaat bagi eksterior bangunan dapat difungsikan sebagai ornamen fasad. Bahan ini difungsikan sebagai material jembatan, dasar monumen hingga gedung perkantoran. Sifatnya padat dan bisa dihancurkan dan dimanfaatkan menjadi agregat bagi pembangunan jalan raya dan rel kereta api.

4. Acuan Alat Ukur

Karakteristik batuan ini kaku, kedap air dan non-higroskopis dengan koefisien termal yang rendah. Umumnya dipakai sebagai bahan acuan dalam pembuatan alat laboratorium kimia khususnya sebagai pengukur. Keberadaan batu granit nyatanya dibutuhkan dalam bidang sains.

5. Batu Perhiasan

Salah satu jenis batu granit yang menarik adalah K2 ditemukan di puncak tertinggi kedua di dunia. Di dasar gunungnya ditemukan eksposur batu granit berwarna terang bernama bola azurite biru. Bahan ini telah dipasarkan pada pasar permata Amerika Serikat dan memiliki value tinggi.

6. Batu Nisan

Source : Pxhere

Warga Amerika Serikat sering memakai batu alam ini sebagai batu nisan. Keunggulannya adalah sangat tahan lama dan menampilkan kesan elegan ketika dipoles. Tampilannya tak kalah dengan batu marmer dalam pembuatan batu nisan.

7. Bahan Pembuatan Patung

Batu granit ternyata bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan patung. Warga Mesir menggunakan batu granit sebagai bahan dasar pembuatan piramidanya. Kamu bisa menemukan bahan ini pada piramida Agung Giza dan piramida Menkaure. 

Zaman Mesir kuno, pemakaian granit dipakai pada kolom, sarkofagus dan struktur rumah seperti kusen, palang dan jambs. Sifatnya tahan lama dan tahan gores membuat batu granit sering dipakai sebagai bahan monumen atau batu peringatan.

8. Untuk Membuat Paving

manfaat batu granit sebagai paving
Source : Pixnio

Batu granit manfaat lainnya sebagai material pembuatan paving jalan maupun teras rumah. Kesan indah pada warna-warni batu granit membuat paving semakin cantik. Sayangnya harga material cukup mahal sehingga hanya beberapa orang saja yang memakainya. Beberapa orang lebih memilih aspal dan beton guna menekan biaya konstruksi yang lebih rendah.

Baca juga: 20 Model Batu Alam untuk Garasi Mobil

9. Ubin Lantai

Selain menjadi panel dinding, fungsi granit adalah sebagai material ubin lantai. Tampilannya elegan dan berkilauan cocok untuk interior rumah mewah. Batu yang dipakai untuk ubin umumnya granit hitam. Biasanya disebut dengan gabro atau diabas tergantung ukuran butirannya.

10. Material Furnitur

manfaat batu granit sebagai bahan furnitur
Source : Pexels

Tampilannya yang menarik sering pula membuat batu granit sebagai bahan furnitur. Misalnya sebagai permukaan meja granit yang dipoles halus untuk meja dapur maupun meja ruang tamu.

Manfaat batu granit dalam kehidupan manusia dulunya sebagai material monumen. Lama kelamaan fungsinya sebagai material bangunan, batu nisan, bahkan perhiasan.  Pada bidang sains bahan ini dipakai pula sebagai acuan alat ukur. Hal ini karena keunggulannya yang tahan panas, anti noda dan anti gores.

Feature Image Source: Pxfuel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Britania Green Resort dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download