BlogLifestyleEdukasiBerapa Biaya Buat Garasi Mobil? Ini Cara Hitungnya!
0
0

Berapa Biaya Buat Garasi Mobil? Ini Cara Hitungnya!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Agu 24, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
berapa biaya buat garasi mobiltop-right-banner

Dalam membangun garasi mobil, tentu ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan dengan baik. Mulai dari desain garasi mobil, ukuran garasi mobil, hingga budget yang harus dipersiapkan. Pasalnya, membangun garasi mobil membutuhkan budget yang sangat bervariatif. Tak heran jika banyak orang yang menanyakan berapa biaya buat garasi mobil.

Jika Pins tidak memperhitungkan budget sebelum membuat garasi mobil, mungkin saja ini bisa menghambat pembangunan garasi nantinya. Karenanya, sebelum membangun garasi sebaiknya kamu memperhitungkan terlebih dahulu berapa biaya buat garasi mobil. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan lengkap berikut ini!

Baca juga: Tips Memilih Atap Carport

Berapa Biaya Buat Garasi Mobil?

berapa biaya buat garasi mobil
Source : Pixabay

Garasi sebagai salah satu bagian rumah memang bukan termasuk yang urgen dan mutlak harus ada. Tapi tetap alangkah baiknya untuk menghadirkan garasi sebagai bagian dari rumah yang akan menambah fungsi serta estetika.

Meski biaya buat garasi mobil memang cukup menguras budget, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat garasi mobil minimalis untuk menghemat budget. Berikut ini cara menghitung berapa biaya buat garasi mobil yang harus kamu ketahui:

Tentukan Material Garasi Mobil yang Akan Digunakan

berapa biaya buat garasi mobil
Source : Pexels

Sebagai langkah pertama, kamu harus menentukan material garasi mobil yang akan digunakan. Hal ini mencakup beberapa aspek seperti kanopi, keramik garasi mobil, hingga model pintu garasi.

Untuk bagian dasar garasi, Pins bisa memilih dasar garasi menggunakan cor-coran dengan harga Rp650 ribu per meter. Selain pilihan dipelur atau dicor, pilihan dasar garasi mobil lainnya adalah paving block, hanya saja lebih mahal dan membutuhkan proses pemasangan yang lama.

Untuk kanopi atau atap carport, kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp200 ribuan – Rp2 jutaan permeter. Harga kanopi ini belum termasuk harga pemasangannya ya, Pins. Kamu bisa memilih model kanopi sesuai dengan kebutuhan dan seleramu.

Sementara untuk harga pintu garasi sendiri, harga yang dijual di pasaran juga cukup bervariatif mulai dari Rp800 ribuan. Harga ini tergantung dari model dan ukurannya. Namun jika garasi milikmu berada di tempat yang aman, kamu bisa melewatkan daftar belanja yang satu ini.

Selanjutnya kamu perlu memperhitungkan harga keramik garasi mobil. Pada tahap ini kamu juga bisa melewatinya jika ingin menghemat budget. Nampaknya, dasar garasi berupa cor atau paving block sudah cukup untuk membuat garasi jika kamu ingin menghemat budget.

Baca juga: Desain Bangunan Rumah Tinggal yang Bagus

Hitung Biaya Tukang Bangunan Buat Garasi Mobil

Source : Pinterest

Setelah menghitung material yang diperlukan, kamu bisa melanjutkannya untuk menghitung biaya tukang bangunan untuk membuat garasi mobil. Untuk membuat garasi satu mobil, kamu bisa menggunakan jasa 2 tukang bangunan saja.

Waktu pembangunannya bisa menghabiskan tujuh hari. Untuk biaya tukang bangunan sendiri, biasanya memerlukan sekitar RP150 ribu per hari untuk satu orang. Harga jasa tukang bangunan ini juga bervariatif tergantung jasa tukang yang kamu gunakan ya, Pins!

7 Pertimbangan Sebelum Membuat Garasi Mobil

berapa biaya buat garasi mobil
Source : Pinterest

Setelah mengetahui cara menghitung biaya buat garasi mobil, selanjutnya kamu perlu mengetahui pertimbangan sebelum membuat garasi mobil. Simak poin-poin berikut ini:

Pastikan Lahannya Tersedia

Ini biasa terjadi di permukiman padat penduduk. Orang memiliki kendaraan tapi tak punya lahan untuk membangun garasi, sehingga harus menyewa. Tentunya hal ini memang sah-sah saja. Dengan dasar ini pula sebelum membangun garasi hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kesiapan lahan.

Penghitungan Budget Secara Detil

Saat ini, melakukan pekerjaan konstruksi apapun bukanlah hal yang murah dan mudah. Perlu pertimbangan pasti, termasuk dalam hal membangun garasi.

Pastikan budgetnya tersedia, jangan sampai proyek berhenti ditengah jalan karena hambatan keuangan. Ini akan menjadikan rumah bukannya tampak indah malahan terkesan berantakan.

Baca juga: Cara Menghitung RAB Rencana Anggaran Biaya Bangunan

Sesuaikan dengan Desain Bangunan

Desain Garasi Rumah Minimalis
Source : Pinterest

Terkadan orang membangun garasi setelah keseluruhan bangunan telah berdiri. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghitung keseluruhan konsep, sehingga tidak sampai menggangu konsep rumah yang telah jadi sejak awal.

Pilih Pekerja Konstruksi Profesional

Meski bersifat komplementer, membangun garasi adalah pekerjaan konstruksi serius juga. Lakukan ini dengan menggunakan jasa tenaga konstruksi atau tukang profesional. Oleh karena itu, pastikan bahwa budget telah siap dan tersedia.

Baca juga: Jenis Profesi tukang bangunan profesional

Pertimbangkan Perabot Tambahan

Sebagai bagian dari rumah, garasi juga perlu ditambahkan beberapa perabot sederhana. Salah satunya adalah rak penyimpanan. Ini perlu agar barang-barang yang seyogianya menjadi perlengkapan berkendara tak berserakan kala dikeluarkan dari dalam mobil.

Tentukan Pintu Garasi

Source : Pinterest

Dari sekian banyak hal, pintu ada pertimbangan membangun garasi rumah yang utama. Selain berfungsi keamanan. Bagian ini juga adalah bagian vital yang akan menjaga kendaraan dari kontak dengan luar ruangan saat terparkir.

Oleh karenanya pikirkan dengan baik bentuk dan modelnya, termasuk juga material apa yang akan dipergunakan untuk membangun.

Baca juga: Apa Saja Tren Model Pintu Rumah Minimalis 2020?

Memilih Lantai Garasi

Bagian lantai garasi tak bisa diremehkan, fungsinya juga mengandung unsur keselamatan. Beberapa pakar konstruksi berpendapat, ada baiknya ruangan ini menggunakan material lantai carport khusus. Keramik khusus ini akan meningkatkan faktor safety saat memarkir kendaraan didalam garasi.

Itulah cara menghitung biaya buat garasi dan hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuat garasi. Tentu saja sebagai pemilik rumah dan kendaraan, Pins bisa melakukan penyesuaian lebih agar semakin nyaman dan aman bila akan membangun sebuah garasi untuk mobil kesayangan. Semoga tips kali ini bermanfaat dan bisa Pins terapkan.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download