BlogPemilik PropertiDesain HunianDesain Rumah Berkonsep Eco-Green
0
0

Desain Rumah Berkonsep Eco-Green

Dipublikasikan oleh Abdurrahman Marangga dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 16, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumah berkonsep eco greentop-right-banner

Isu pemanasan global kini menjadi perhatian masyarakat dunia karena dampak negatif yang ditimbulkan terhadap manusia. Banyak kalangan yang mulai berinovasi untuk menyelamatkan lingkungan dan diantaranya para pengembang. Kalau selama ini konsep desain rumah berkonsep eco green living banyak didengungkan untuk bangunan-bangunan seperti perkantoran, mal, hotel, dan apartemen.

Pinhome – Maka sekarang konsep serupa juga bisa diterapkan untuk bangunan rumah tinggal (landed house). Para pengembang properti mulai banyak yang menawarkan desain rumah berkonsep eco-green atau green property pada proyek yang dikembangkannya.

Baca Juga:

Penerapan Desain Rumah Berkonsep Eco Green

Konsep eco-green harus diterapkan secara komprehensif pada desain rumah sejak pra konstruksi, konstruksi, dan pasca konstruksi untuk hasil yang maksimal. Salah satu yang perlu diterapkan pada konsep eco-green adalah penggunaan energi seminimal mungkin.

Mewujudkan konsep green living ini dapat dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pemilihan material bangunan dan pemilihan desain rumah. Untuk bangunan baru, dua pendekatan ini lebih mudah diterapkan. Material bangunan berupa bahan-bahan alami yang bersumber dari daerah lokal, pemilihan cat yang ramah lingkungan, memilih alat-alat hemat listrik, misal lampu LED atau T5.

Source : Ruangarsitek.id

Untuk desain rumah yang terpenting pada efektifitas model rumah dengan  melihat lokasi sinar matahari dan angin untuk memanfaatkan energi alam.

Baca Juga:

Hal yang Perlu Disesuaikan

Selanjutnya desain rumah akan dirancang dengan memaksimalkan material, pandangan, dan ventilasi. Pengaturan pencahayaan merupakan poin utama karena dengan memaksimalkan pencahayaan alami akan menghemat energi listrik. Begitupun dengan pengaturan ventilasi untuk mengurangi penggunaan mesin penyejuk ruangan. Sehingga setiap bangunan dapat memanas atau mendinginkan rumah secara otomatis.

desain rumah berkonsep eco green
Source : Dindindesign.com

Selain pencahayaan dan ventilasi masih ada tips desain rumah lain untuk model rumah eco-green ini seperti memodifikasi pagar rumah yang semula desain beton menjadi pagar hidup. Pagar hidup ini tidak harus rumput tapi juga bisa berupa tanaman sayur atau buah merambat.

Selain itu jika ingin membuat kanopi untuk kebun juga dapat diganti dengan tanaman anggur atau pohon jenis daun lebar dan rindang. Sementara untuk bangunan yang sudah jadi (existing building), desain rumah dapat menggunakan pendekatan ekonomi dan bisnis, seperti penggantian interior dan peralatan rumah tangga yang ramah lingkungan dan hemat energi. Seperti penggantian lampu ke jenis LED, televisi ke jenis LCD, tempat sampah non-organik ke tempat sampah kompos.

Baca Juga:

Featured Image Source: Interiordesign.id

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download