BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Ruko 1 Lantai Minimalis dan Modern
0
0

10 Ide Desain Ruko 1 Lantai Minimalis dan Modern

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
desain ruko 1 lantaitop-right-banner

Ruko atau rumah toko adalah sebutan untuk bangunan yang umumnya memiliki 2-5 lantai. Namun apa jadinya jika kamu membuat ruko 1 lantai? Tentu saja bisa, meski kamu harus memperhatikan desainnya. Berikut ini beberapa desain ruko 1 lantai yang minimalis dan modern. 

Sangat wajar jika bangunan ini memiliki 2 lantai atau lebih. Hal ini melihat pada fungsinya yang sebagai toko sekaligus rumah. Untuk 2 lantai, biasanya pemilik atau pengembang mendesain lantai bawah untuk toko dan lantai atas untuk rumah. 

Sebelum lanjut, kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Panorama Bekasi Residence atau rumah second di Kab Bandung bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah. 

Baca juga: Biaya Bangun Ruko | Analisa Harga dan Cara Menghitungnya

Kelebihan Ruko 1 Lantai

desain ruko 1 lantai
Source : iStock Photo

Sebelum membahas ide desain, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan bangunan ruko 1 lantai terlebih dulu. Dengan begitu kamu bisa menyimpulkan akan membeli atau membangun ruko 1 lantai atau lebih. Berikut beberapa kelebihan ruko 1 lantai.

1. Biaya Pembangunan Lebih Murah

Salah satu keunggulan utama memiliki ruko 1 lantai adalah biaya konstruksi yang lebih rendah dibandingkan dengan bangunan bertingkat. Pasalnya, tidak perlu mengeluarkan dana yang signifikan untuk membuat tangga, lift, atau perencanaan struktural yang rumit yang sering terkait dengan bangunan bertingkat. 

Sebagai gambaran, biaya membangun ruko per meter persegi di suatu daerah sebesar Rp 4.000.0000. Ruko 1 lantai umumnya memiliki luas kurang lebih 72 meter persegi. Dengan demikian, biaya pembangunannya adalah sekitar Rp 280.000.000. Ini tentu jauh lebih murah dibanding 2 lantai atau lebih. 

2. Akses yang Mudah

Ruko 1 lantai menawarkan akses yang mudah, baik bagi pemilik bisnis maupun pelanggan. Tanpa adanya tangga atau lift, orang bisa masuk dan keluar dengan cepat dan nyaman. 

Keuntungan ini sangat bermanfaat jika bisnis yang kamu jalani mengandalkan lalu lintas pelanggan yang tinggi. Ini juga membantu menjaga pelanggan tetap nyaman dan puas dengan pengalaman mereka.

Baca juga: 7 Model Atap Ruko 1 Lantai & Manfaat Memilikinya

3. Ruang yang Lebih Besar

desain ruko 1 lantai
Source : iStock Photo

Dalam ruko 1 lantai, kamu memiliki satu lantai besar yang memberikan fleksibilitas dalam merancang ruang sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menyesuaikan tata letak dan fungsi ruang sesuai dengan jenis bisnis. 

Dengan ruko 1 lantai, tidak ada partisi ruangan yang membatasi penggunaan ruang, dan kamu bisa dengan mudah menyesuaikan penempatan dan ukuran ruangan tersebut.

4. Perawatan yang Lebih Mudah

Perawatan ruko 1 lantai cenderung lebih sederhana dan ekonomis. Kamu tidak perlu khawatir tentang perawatan tangga, lift, atau sistem pencegahan kebakaran bertingkat yang kompleks. 

Biaya perawatan jangka panjang biasanya lebih rendah. Sehingga, kamu bisa lebih fokus pada pemeliharaan dasar seperti perawatan taman dan perbaikan yang lebih sederhana.

Baca juga: Begini Cara Mengurus IMB Rumah yang Sudah Dibangun

Desain Ruko 1 Lantai

Ruko biasanya berpenampilan sederhana dan sering dibangun bersama ruko-ruko lainnya yang mempunyai desain yang sama atau mirip sebagai suatu kompleks. Ruko banyak ditemukan di kota-kota besar di Indonesia dan biasa ditempati warga-warga kelas menengah.

Berikut ini beberapa ide desain ruko 1 lantai untuk berbagai keperluan, mulai dari kantor, toko ritel, usaha barbershop, dan sebagainya. 

1. Ruko Kantor

ruko 1 lantai
Source : Pinterest

Bangunan ruko cukup multifungsi. Meski namanya toko, bukan berarti bangunan ini hanya untuk toko saja. Kamu juga bisa memfungsikannya sebagai kantor, terlebih kamu punya usaha di bidang industri kreatif. 

Model ruko 1 lantai ini akan sangat cocok dengan perusahaan kamu. Kamu bisa membuat ruko 2 pintu atau lebih dengan masing-masing pintu difungsikan sebagai ruang kerja, ruang pertemuan, hingga studio pembuatan konten. 

2. Ruko Industrial

ruko 1 lantai
Source : Pinterest

Desain industrial mengacu pada konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished. Konsep industrial terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya ini terinspirasi dari berbagai komponen industri. 

Konsep desain ini juga bisa diterapkan pada ruko 1 lantai milikmu. Dengan desain ini, ruko 1 lantai itu akan terlihat sederhana namun menyenangkan ketika dipandang. 

3. Ruko Tropis

ruko 1 lantai
Source : Pinterest

Membangun kompleks ruko dengan konsep tropis bisa menjadi pilihan bagi kamu yang berada di daerah pesisir yang terkenal berhawa panas. Dengan adanya tanaman dan pohon hijau di depan ruko, kamu sebagai pemilik dan pengunjung akan betah berlama-lama di tempat tersebut. 

Baca juga: 10 Desain Ruko Kecil Sederhana untuk Tempat Usaha

4. Kompleks Ritel

ruko 1 lantai
Source : Pinterest

Desain ruko ini bisa kamu terapkan jika tujuan membuat ruko adalah sebagai kompleks ritel. Kamu bisa membuat ruko ini transparan dengan fasad atau muka bangunan menggunakan kaca. 

Namun demikian, kamu tetap harus melapisi bagian luar kaca ini dengan rolling door, yang bisa ditutup ketika toko ritel sedang tidak beroperasi. Pikirkan juga area parkir baik untuk motor maupun mobil. 

5. Ruko Bata Merah

ruko 1 lantai
Source : Pinterest

Secara ide, konsep desain ruko ini mengusung desain industrial seperti pada poin kedua. Hanya saja, bata merah pada dinding ruko ini lebih ditonjolkan karena memang memiliki estetika tersendiri. Perpaduan bata merah dengan dinding kaca pada bagian depan menciptakan bangunan yang estetik.

6. Ruko Kaca

ruko 1 lantai
Source : Pinterest

Desain ruko ini cocok untuk berbagai keperluan. Selain estetik, ruko yang dikelilingi oleh dinding kaca ini juga memberikan sirkulasi cahaya yang memadai sehingga ruangan tidak lembab. Meski begitu, harus tetap ada rolling door yang bisa ditutup saat ruko tidak beroperasi. 

7. Ruko Serba Hitam

ruko 1 lantai
Source : Pinterest

Desain ruko ini menggunakan warna hitam sebagai warna dominan. Kesan mewah dan berkelas langsung terasa ketika melihat ruko serba hitam ini. Model ruko ini cocok sebagai galeri seni atau studio kreatif untuk seniman.

Baca juga: 6 Pertimbangan Saat Mendesain Rumah Toko, Penting!

8. Ruko Minimalis

ruko 1 lantai
Source : PInterest

Desain ruko minimalis lebih mengedepankan fungsi dibanding ornamen atau ukiran pada bangunan. Meski begitu, kamu tetap akan tertarik dengan ruko berdesain minimalis seperti pada gambar ini. Desain ruko 1 lantai minimalis modern juga sangat digemari masyarakat dalam beberapa waktu terakhir karena desainnya yang simple.

9. Ruko Minimarket

ruko 1 lantai
Source : Pinterest

Desain ruko yang satu ini termasuk satu pintu. Artinya, ruko yang cukup panjang ini hanya digunakan oleh satu entitas toko, yang cocok untuk supermarket, toko pakaian, toko perhiasan, dan sebagainya. Meski begitu, kamu juga bisa menjadikan ini sebagai desain ruko 1 lantai 2 pintu. 

10. Klasik Modern

ruko 1 lantai
Source : PInterest

Salah satu ciri utama desain klasik pada suatu bangunan itu adanya relief atau ornamen pada dinding depan bangunan. Desain ini juga bisa kamu terapkan pada ruko yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa menyisipkan nuansa modern, seperti pintu dan jendela kaca pada bagian depan. 

Setiap ide desain ruko 1 lantai harus disesuaikan dengan jenis bisnis, lokasi, dan target pasar. Penting untuk mempertimbangkan aspek legal dan izin mendirikan ruko yang berlaku di daerahmu. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Griya Parama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download