Pinhome

Tips Properti

Cara Agar Rumah Tampak Terang Tanpa Renovasi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Sebuah rumah yang terang tentu akan nyaman dihuni. Selain faktor kesehatan, rumah yang kurang pencahayaan akan menjadikan kondisi didalam rumah tidak aman. Pasalnya, tempat-tempat yang gelap dan lembab adalah tempat favorit bagi hewan-hewan pengerat semacam tikus, atau juga kecoa dan serangga lainnya.

Tapi kadang, sebuah rumah menjadi lembab dan gelap pada saat siang hari bukan karena kurang pencahayaan dari lampu. Tetapi lebih karena konstruksi rumah yang kurang mengakomodasi pencahayaan alami seperti sinar matahari. Biasanya kondisi semacam ini dipecahakan dengan renovasi. Hanya saja, solusi renovasi jelas menelan biaya yang kadang tak sedikit. Lalu bagaimana cara mengatasi agar rumah tampak terang tanpa perlu melakukan renovasi berlebihan? Temukan inspirasinya dalam artikel kali ini.

rumah terang

Lakukan Pembersihan Pada Jendela, Pangkas Percabangan Tanaman Bila Terlalu Lebat

Sinar matahari tak bisa masuk kedalam rumah bisa disebabkan karena berbagai faktor. Beberapa diantaranya bisa diatasi dengan cara sederhana. Lakukan langkah berikut sebelum mempertimbangkan renovasi rumah.

Bersihkan Jendela Yang Kotor, Ganti Tirai Dengan Yang Lebih Tipis

Hal pertama yang bisa dicoba untuk membuat rumah lebih sinar matahari adalah membersihkan jendela-jendela yang kotor. Dengan cara ini, kemungkinan besar sinar matahari bisa masuk. Hal ini dimaksudkan agar rumah lebih terang meski tanpa renovasi berlebihan.

Cobalah Untuk Merencanakan Pengantian Cat Dinding

Untuk cat dinding, pilihlah jenis matte dan bukan glossy. Cat dinding yang glossy akan menjadikan dinding merefleksikan cahaya. Ini mungkin terpikir lebih terang, nyatanya ruangan akan terlalu silau, dan tidak terlihat terang. Cat dinding matte memberikan efek lembut sehingga cahaya akan jatuh tepat di tengah-tengah ruangan, hal inilah yang memberikan efek terang pada seluruh ruangan.

Gunakan Cermin Sebagai Reflektor

Selain berfungsi sebagai alat bantu untuk berdandan. Cermin juga bisa memberikan releksi terang pada siang hari. Ini karena cahaya matahari yang memantul bisa memberikan nuansa terang pada bagian ruangan. Pilih cermin berukuran setengah badan untuk hasil yang maksimal.

Bila Terdapat Pohon Peneduh, Kurangi Percabangan

Pohon peneduh memang dimaksudkan untuk memberikan efek sejuk pada area sekeliling ruangan. Tetapi bila percabangan terlalu lebat malahan akan menjadikan sinar matahari tak bisa tembus dan ruangan dalam rumah menjadi terlalu gelap. Bila hal ini terjadi cobalah untuk mengurangi percabangan, pangkas beberapa dahan besar agar sinar matahari kembali bisa masuk kedalam ruangan.

Ruangan yang terang didalam rumah akan memberikan banyak efek positif. Ini terkait dengan kesehatan serta keamanan seluruh anggota keluarga. Faktor kesehatan artinya, kelembaban yang bisa dihalau dengan masuknya sinar matahari dengan intensitas yang cukup tentu akan membuat banyak virus serta bakteri negatif yang dapat mengangu kesehatan terhalau. Sementara keamanan artinya, dengan ruangan yang terang maka hewan-hewan penggangu seperti tikus atau kecoa juga akan engan bersarang. Semoga bermanfaat!

Tags :

Bagikan Artikel