Pinhome

Uncategorized

Contoh sederhana menghitung biaya bangun ruko

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Membangun ruko bisa menjadi alternatif pilihan sebagai tempat usaha sekaligus rumah tinggal, Disini akan kita buat sebuah contoh sederhana menghitung biaya bangun ruko sebagai perkiraan bagi pemilik bangunan untuk menyeiapkan perkiraan biaya yang dibutuhkan. Untuk dapat menghitung secara sederhana maka kita memerlukan data luas bangunan dan harga per m2 biaya bangun ruko, misalnya kita dapatkan data perhitungan sebagai berikut:

Contoh menghitung biaya bangun ruko

Kita akan membangun ruko 2 lantai dengan ukuran bangunan lebar 6 m panjang 10 m. biaya bangun ruko pada daerah pembangunan adalah Rp.2.000.000,00/m2. berapa perkiraan total biaya pembangunan rumah toko tersebut? mari kita hitung bersama 🙂

Luas bangunan = 6m x 10m x 2 lantai = 120 m2

Biaya bangun ruko = Rp.2.000.000,00/m2

Total biaya bangun ruko 2 lantai= 120 m2 x Rp.2.000.000,00/m2 = Rp.240.000.000,00

Jika ruko yang dibangun hanya 1 lantai maka

Luas bangunan = 6×10 = 120m2

Total biaya bangun ruko 1 lantai = 60m2 x Rp.2.000.000,00 = Rp.120.000.000,00

Untuk menghitung biaya secara detail dapat menggunakan sistem analisa harga satuan, caranya hampir sama seperti diatas namun kita buat rincian daftar pekerjaan terlebih dahulu kemudian mengalikan masing-masing item pekerjaan dengan harga satuan. setelah semua item pekerjaan dihitung lalu dijumlahkan sehingga mendapat biaya total yang diperlukan untuk membangun ruko. cara ini lebih mendekati benar dan dapat dijadikan sebagai laporan pekerjaan bagi kontraktor atau sebagai data lampiran untuk meminjam uang di BANK.

Cara menghitung biaya pembangunan ruko sistem m2 bangunan ini juga dapat diterapkan dalam perhitungan biaya membangun rumah tinggal,kios,toko dan bangunan sejenis lainya karena yang dibutuhkan hanyalah data harga per m2 pada lokasi pembangunan dan luas bangunan. Harga per m2 ini juga sangat dipengaruhi kelas kualitas bangunan. jika menggunakan material standar maka biayanya bisa lebih murah namun untuk penggunaan material kelas atas dengan berbagai macam aksesori mahal maka biaya per m2 bangunan juga ikut tinggi. demikian contoh sederhana dalam memperkirakan biaya untuk membangun ruko, semoga bermanfaat dan jika ada kesalahan, koreksi atau hendak menambahkan uraian ini bisa dilanjut dibawah 🙂


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel