Di era ini, peluang usaha semakin terbuka lebar untuk siapa saja. Jika tidak ingin memulai dari awal, Anda kini bisa mengambil usaha franchise.
Salah satu yang tengah diminati masyarakat saat ini adalah franchise barbershop. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan bisnis franchise satu ini.
Jika Anda tertarik dan ingin mencoba, Pinhome akan membagikan strategi lengkapnya berikut ini. Silahkan disimak, ya!
Cara Memilih Franchise Barbershop yang Menguntungkan
thejakartapost.com
Nah, berikut tips memilih franchise cukur rambut yang menguntungkan:
Pilihlah franchise yang sudah punya nama dan dikenal banyak orang, ini akan berpeluang lebih besar untuk mengundang pelanggan.
Pastikan sudah tahu betul sistem dan segala serba-serbi dari franchise yang akan dipilih, Anda bisa mencari tahu lewat internet atau pun bertanya pada orang yang sudah berpengalaman.
Perhatikan modal yang diperlukan untuk membuka usaha franchise ini, karena antara franchise satu dan yang lain biasanya berbeda, sesuaikan dengan modal yang Anda miliki.
Telusuri benar-benar seluk beluk franchise yang dipilih, dari testimoni dan kualitasnya supaya semakin mantap.
Berikut beberapa rekomendasi waralaba barbershop yang bisa dijadikan referensi:
Giovani Barbershop
Barbershop Raja Cukur
Coolio Barbershop
Def Barber Inc Barbershop
Starsbox Barbershop
AYAH Barbershop
Goonting Barbershop
Ixobox Barbershop
Moxie Barbershop
F1 Barbershop
Lanang Barbershop
Arfa Barbershop
Bandung Jenius Barber
Adam Barbershop
Grand Macho Barbershop
Bisnis Plan Franchise Barbershop
Sama halnya seperti franchise fashion, untuk waralaba barbershop tentu harus disiapkan lebih dulu bagaimana bisnis plan untuk membuka usaha ini.
Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:
Perhatikan lokasi yang akan dipilih untuk membuka usaha ini, sebaiknya pilih lebih dari satu lokasi untuk dijadikan pembanding.
Sasar target market yang tepat, meski ini merupakan usaha yang tidak pernah mati karena selalu dibutuhkan, akan aneh juga jika Anda membuka barbershop di tempat yang masih asing bagi orang-orang di wilayah tersebut.
Perhatikan modal yang dimiliki, apakah sesuai atau tidak dengan minimal modal yang diperlukan untuk membuka franchise cukur rambut yang dipilih.
Terkait dengan modal yang tidak sedikit, Anda harus tahu betul modal itu datang dari mana, apakah dari tabungan pribadi atau meminjam.
Memikirkan strategi promosi dan marketing supaya barbershop yang akan dibuka terus laris.
Modal untuk franchise yang satu ini berbeda-beda, sesuai dengan franchise yang Anda pilih. Berikut perkiraan modal umum yang biasanya ditawarkan franchise tersebut:
Di Raja Cukur misalnya, Anda sudah bisa mendapat paket Depot Premium dengan modal Rp 29 juta, Rp 39 juta, juga Rp 44 juta.
Di Coolio Barbershop, Anda bisa memulai bisnis franchise ini dengan modal Rp 59 juta.
Moxie Barbershop bisa dimulai dengan modal Rp 45 juta.
Adanya perbedaan modal tersebut tentu juga berpengaruh pada fasilitas yang akan Anda peroleh.
Analisa Keuntungan Franchise Barbershop
Berikut hitungan kasar untuk analisa keuntungan dari usaha yang satu ini:
Keuntungan : (Pendapatan kotor per bulan – biaya operasional per bulan)
Anggap saja jika dalam satu hari Anda menangani 40 kepala untuk dicukur, dengan biaya cukur Rp25.000, maka pendapatan sehari menjadi: 40 x 25.000 = Rp 1.000.000-,
Pendapatan kotor per bulan Anda menjadi: Rp 1.000.000 x 30 = Rp 30.000.000-,
Biaya operasional per bulan, total = Rp. 5.000.000 (untuk penyusutan peralatan, beli shampo, listrik, air, kebersihan, dan gaji karyawan).
Maka, keuntungan per bulan Anda menjadi: Rp 30.000.000 – Rp 5.000.000 = Rp 25.000.000-,
Keuntungan ini akan dipotong dengan biaya sewa tempat satu tahun sekali misal, juga gaji karyawan jika yang Anda miliki lebih dari satu.
Setiap franchise, seperti franchise ekspedisi contohnya, tentu memiliki kendala tersendiri yang sering dihadapi. Berikut beberapa kendala yang sering ditemui dalam waralaba barbershop:
Banyaknya saingan, khususnya tukang cukur rambut di luar barbershop yang menjual jasa cukur rambut lebih murah dibanding jasa cukur di barbershop
Salah pilih tempat, mungkin saja tempat kurang potensial atau kurang menarik sehingga membuat sepi pelanggan
Modal yang diperlukan untuk franchise yang satu ini memang cukup besar, sehingga banyak orang yang terbentur dengan modal yang dimiliki untuk membuka usaha tersebut
Tidak punya skill dalam bidang potong rambut sehingga perlu belajar dari nol, yang mana sebagian besar orang terkendala dengan rasa malasnya
Jika kendala yang dihadapi seperti yang disebut di atas, maka solusinya sebagai berikut :
Pilihlah tempat yang potensial, jika perlu tempat yang belum ada jasa potong rambut atau barbershop serupa
Berikan sesuatu yang berbeda pada pelanggan, sehingga pelanggan tidak merasa kecewa meski harus membayar lebih mahal dibanding jasa tukang cukur biasa. Seperti jasa creambath, atau jus gratis selama proses cukur rambut
Sesuaikan modal yang Anda punyai dengan franchise yang minimal modalnya lebih miring, atau jika perlu ajukan pinjaman, asal dengan perhitungan yang matang dan tidak membuat Anda keteteran ke depannya
Biasanya franchise cukur rambut yang bagus akan membekali franchiser-nya dengan bekal kursus. Jika memang berniat untuk membuka usaha ini, ikutilah kursus tersebut sebaik mungkin dan jangan malas-malasan karena kelihaian Anda akan berpengaruh besar dengan usaha waralaba barbershop
Target Pasar Franchise Barbershop
Sama seperti franchise minuman, franchise cukur rambut juga punya target pasar tersendiri yang perlu diperhatikan. Tepat dalam menyasar target market akan membuat usaha Anda lebih laris.
Strategi Marketing dan Promosi Franchise Barbershop
rockcontent.com
Tentunya Anda harus menyusun strategi marketing dan promosi supaya usaha ini berjalan dengan lancar. Berikut beberapa hal yang perlu diterapkan:
Membuat tempat barbershop semenarik mungkin, ini akan lebih menarik para pelanggan
Berikan sesuatu yang khas, seperti minuman gratis bagi pelanggan, atau creambath dan pijat kepala
Melalui brosur dan selebaran yang disediakan di outlet barbershop yang bisa dibawa pulang para pelanggan
Jangan sampai melewatkan promosi di media sosial, seperti membuat halaman di Facebook atau Instagram
Berikan pelayanan terbaik dan ramah, pada dasarnya inilah strategi promosi terbaik yang akan membuat pelanggan merasa nyaman dan kembali lagi ke barbershop Anda
Buat website yang mengulas berbagai kelebihan barbershop, testimoni pelanggan, dan artikel-artikel menarik seputar style rambut pria
Strategi Pengembangan Bisnis Franchise Barbershop
Untuk mengembangkan bisnis waralaba barbershop ini, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:
Rekrut karyawan sebanyak yang diperlukan, ini akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman tanpa harus mengantre saat sedang ramai.
Lakukan peningkatan SDM seperti mengikutkan karyawan kursus-kursus supaya mereka update dan menguasai gaya rambut terbaru.
Jika sudah memungkinkan, tambah lagi franchise yang sama dan serahkan pada orang yang Anda percaya untuk mengelola franchise cukur rambut tersebut.
Berikan inovasi-inovasi terbaru yang akan membuat pelanggan semakin betah dan mau merekomendasikan barbershop Anda pada orang lain.
Berikut beberapa tips sukses yang bisa diterapkan untuk usaha barbershop Anda:
Tetap sabar meski di awal mungkin barbershop Anda masih sepi pelanggan, karena segala sesuatu pasti butuh proses.
Jangan bosan untuk mempromosikan waralaba barbershop Anda di berbagai media sosial supaya semakin banyak orang yang tahu.
Berikan pelayanan yang terbaik pada para pelanggan supaya mereka betah dan kembali lagi
Terus berusaha dan berdoa.
Nah, itu dia berbagai poin penting yang harus diterapkan dalam franchise barbershop. Semoga bermanfaat!
Temukan beragam pilihanrumahterlengkap di daftar properti &iklankan propertikamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen propertiindependen atau agen kantor properti.