Pinhome

Tips Memadukan Warna Hitam di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Sangat jarang ditemukan orang yang menerapkan warna hitam sebagai cat dinding. Tapi sudah lazim ditemui, perabotan dengna warna hitam, seperti meja makan, atau kursi pelengkap baik untuk ruang tamu, keluarga atau ruangan lainnya di rumah. Tapi trend dunia properti terus berkembang, kini warna hitam juga jadi pilihan sebagai warna dasar untuk rumah tinggal.

rumah warna hitam
rumah warna hitam

Mungkin kesan yang muncul lebih seperti kesan seram, gotik atau gelap. Tentu dengan penerapan gaya desain yang benar, aura ini terbalik dan berubah menjadi kesan maskulin bahkan dominan untuk mereka pecinta gaya desain yang solid dan mapan. Artikel kali ini khusus mengulas padu padan warna hitam untuk rumah, baik dari aspek banggunan secara keseluruhan maupun perabotan pendukungnya.

Lakukan Padu Padan Warna, Putih Dan Merah Adalah Pasangan Serasi

Rumah adalah bagian yang pribadi untuk seseorang. Jadi sebenarnya, tak perlu terkekang dengan aturan tentang pewarnaan atau gaya desain sebuah rumah. Sepanjang penghuni atau pemiliknya nyaman dengan hal tersebut tentu bukan menjadi masalah. Tetapi perlu diperhatikan juga padu padannya, agar tak hanya memenuhi selera tapi juga nyaman dan berkesan.

1. Berikan Warna Ikonik

Bila memilih warna-warna solid untuk mewarnai dinding ada baiknya dimaksudkan sebagai sesuatu yang ikonik. Bilapun keseluruhan rumah akan diwarnai dengan warna hitam misalnya, tapi tetap butuh diperhatikan bagaimana agar kesan ikonik bisa muncul pada saat yang bersamaan. Contohnya adalah penggunaan perabotan berwarna merah dengan bahan kulit atau semi kulit, ini dimaksudkan agar muncul kesan ikonik dari sebuah rumah meski menggunakan warna yang bersifat masif.

2. Pakai Cat Dengan Bahan Doff

Dengan menggunakan cat berwarna gelap seperti hitam ada baiknya untuk menghindarkan penggunaan bahan glossy. Gunakan warna doff yang smooth sehingga meski kesan maskulin tetap dominan tapi aura kelembutan yang nyaman tetap terpancar. Dengan bahan doff yang menyerap cahaya, maka pantulan dari sinar lampu yang menjadikan kesan tidak nyaman dimata dapat diminimalkan juga.

3. Gradasi, Pencahayaan, Dan Penerapan Bertahap

Meski menghendaki kesan maskulin dengan menerapkan warna hitam. Yang paling penting tentunya tak serampangan. Oleh karenanya berikan gradasi pada bidang yang direncanakan akan dipoles dengan warna hitam. Tak hanya memberikan gradasi warna, pencahayaan adalah hal lain yang juga perlu diperhatikan, karena warna hitam tergolong warna yang solid dan tak bersahabat terhadap cahaya. Tentu agar kenyamaan tetap terjaga meski memilih warna hitam, pengaturan pencahayaan harus jadi hal utama.

Yang terakhir adalah pembiasan terhadap mata. Terlebih bila ruangan yang akan dipoles dengan warna hitam cukup luas, ada baiknya dilakukan dalam tahapan selain agar terbiasa dengan suasana baru, mata juga perlu dilatih agar menyesuaikan. Bila dirasa sudah pas barulah dilakukan perubahan warna secara total.

Warna apapun sah-sah saja untuk dipilih untuk warna hunian kita. Tetapi tetap harus diperhatikan dari cara penerapannya. Ini agar kenyamanan tetap terjaga, disamping selera terhadap kesan tertentu terpenuhi. Semoga bermanfaat, selamat berkreasi.

Tags :

Bagikan Artikel