Pinhome

Tips Mendesain Rumah Toko Yang Fungsional

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pada era nodern ini banyak sekali orang yang ingin lebih praktis dalam membangun usaha. Oleh karena itu banyak sekali dibangun rumah dan toko atau biasa disebut ruko di perkotaan besar. Ada beberapa tips yang wajib diketahui dalam mendesain rumah toko yang fungsional.

desain ruko 2 lantai

Baca Juga: Pentingnya Tempat Parkir Di Toko Untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis

Tips Mendesain Rumah Toko Yang Fungsional

Memiliki usaha yang mandiri di rumah merupakan cita-cita sebagian besar orang. Dengan memiliki usaha yang dapat diatur dari rumah, maka otomatis kita tidak perlu bersusah payah pergi ke kantor setiap pagi, karena semuanya sudah dapat dipantau dari rumah. Hal tersebut yang mendasari menjamurnya ruko dengan berbagai model yang dikreasikan oleh jasa desain rumah dan toko. Rumah toko merupakan sebuah bangunan yang menggabungkan fungsi bisnis dan juga tempat tinggal sekaligus di dalamnya. Berikut beberapa tips mendesain rumah toko yang fungsional, antara lain.

Baca Juga: Pertimbangan Saat Mendesain Rumah Toko

Analisis lokasi ruko dan lingkungan di sekitarnya

Karena bangunan ruko akan difungsikan sebagai area komersial, maka lokasi turut menentukan kesuksesan toko. Sebelumnya kita analisis apakah lokasi sudah sesuai dengan target market, sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh konsumen. Contohnya apabila sebuah ruko menjajakan produk fashion wanita seperti pakaian, peralatan make up, pernak – pernik dan lain sebagainya, maka akan lebih laku jika berlokasi di dekat kawasan kampus, perkantoran atau kawasan pabrik yang mayoritas pekerjanya adalah wanita.

Bangunan ruko sebaiknya lebih dari satu lantai

Bangunan ruko memang kebanyakan dibangun dengan jumlah lantai yang lebih dari satu, bisa ruko 2 lantai ataupun ruko 3 lantai. Hal itu dimaksudkan supaya area di lantai bawah dapat difungsikan sebagai area toko, sementara lantai atasnya bisa menjadi sebuah hunian. Sehingga pengunjung toko tidak akan merasa risi untuk keluar masuk area toko tanpa mengganggu privasi dari pemiliknya.

Mengaplikasikan desain minimalis, kompak, dan multifungsi

Ruko biasanya mengandung unsur bisnis dan komersial, maka kebanyakan ruko yang dijumpai di perkotaan adalah ruko dengan desain minimalis. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan ruang yang ada, sehingga lebih dapat digunakan untuk menjual barang dagangan atau untuk menyimpan stok barang. Selain itu, usahakan juga setiap sudut ruko menjadi multifungsi, terutama untuk bagian ruko yang digunakan sebagai tempat tinggal. Sebuah ruang keluarga dapat difungsikan sekaligus sebagai ruang makan dan ruang untuk menonton TV.

Optimisasikan pencahayaan dalam ruko

Konsumen biasanya akan enggan untuk datang ke ruko yang terlihat kusam, gelap dan juga minim dengan pencahayaan dan sebaliknya ruko yang bersih, terang dan terlihat luas justru menarik minat pengunjung. Oleh karena itu lengkapi toko dengan barang dagangan secukupnya, jangan menaruh terlalu banyak barang sehingga membuat pengunjung tidak nyaman. Selain itu, pasang beberapa pencahayaan yang cukup optimal dan mampu untuk membuat suasana ruko lebih terang dan lebih hidup.

Itulah beberapa tips membangun rumah toko yang fungsional menurut jasa desain rumah dan toko. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk semua orang yang ingin membangun ruko.

Tags :

Bagikan Artikel