12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ December 18, 2022 ∙ 5 menit membaca

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa diaplikasikan pada fasad, furniture maupun dekorasi dinding. Walaupun hunian dengan gaya modern memiliki peminat tinggi tak lantas membuat desain rumah etnik ditinggalkan.

Ornamen khas tradisional menjadi pelengkap gaya rumah ini. Adapun pilihan desain rumah etnik baik satu lantai maupun bertingkat bisa Pins simak di bawah ini.

Rumah Full Ornamen Dinding

Desain rumah etnik dengan dinding penuh ornamen
Pexels

Desain rumah etnik pertama ialah hunian dengan dinding penuh ornamen. Setiap bagian dinding baik tiang, pagar teras dan tangga dipenuhi ukiran motif. Ornamen membumbung tinggi hingga ke bagian langit-langit atau atap rumah.

Bagian halamannya di bangun kolam ikan kecil yang dikelilingi taman hijau. Material rumah keseluruhan memakai bahan kayu yang diplitur agar lebih mengkilap. Untuk interior rumah lebih didominasi warna putih yang kontras dengan eksteriornya.

Kesan hunian yang lapang dan bersih akan langsung terasa. Pondasi rumah dibuat lebih tinggi begitu pula untuk langit-langitnya agar sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Rumah Bambu

Desain rumah etnik di pinggir sungai
Pexels

Rumah dari anyaman bambu yang dikelilingi aliran sungai dan pepohonan menciptakan suasana asri dan sejuk. Rangka atapnya memakai bambu yang diikat dengan ban karet menjadi satu kesatuan.

Lantainya dan furniture seperti meja kursi terbuat dari bambu. Keunggulan bahan ini elastis dan tahan terhadap gempa. Bambu bisa dibentuk menjadi beragam perabotan rumah tangga.

Kekuatan bambu cukup tinggi dalam menahan beban ketika ditekuk, ditarik maupun ditekan. Harganya jauh terjangkau dan mudah didapatkan sehingga terbilang ekonomis.

Baca juga:

Rumah Lantai 2 Tepi Sawah

Desain rumah etnik di pinggir sawah
Pexels

Desain rumah etnik sering terlihat di area pedesaan baik rumah satu lantai maupun bertingkat. Ciri khasnya adalah bagian atap genteng dengan sudutnya yang memiliki ukiran.

Hal ini terlihat jelas pada rumah lantai 2 di tepi sawah di atas. Furniture yang digunakan juga menyesuaikan desain rumahnya. Misalnya untuk penerangan di area teras digunakan lampu antik klasik khas Betawi.

Sementara sebagai penghalau sinar matahari yang berlebihan digunakan tirai bambu atau krey. Tirai ini bisa diturun-naikan secara manual dengan tali tambang.

Beach House

Desain rumah etnik di pinggir pantai
Pexels

Rumah pantai memakai atap alang-alang sintetis agar kesan tradisionalnya semakin kuat. Bentuk atapnya bisa limas ataupun pelana dengan dinding batu bata. Keunggulan dari alang-alang ini adalah menciptakan kesan alami pada bangunan.

Kelebihan lainnya adalah tidak mudah terbakar karena sifatnya yang tahan api. Daya tahan kuat serta memiliki kerapatan yang lebih sempurna daripada alang-alang alami.

Dengan begitu ketika hujan deras maka atap tidak mudah bocor dan menekan kebisingan. Desain rumah etnik ini bisa dikolaborasikan dengan gaya interior modern agar semakin estetik.

Rumah Gaya China

Desain rumah etnik ala china
Pexels

Desain rumah China sering memakai ornamen naga pada setiap sisi bangunannya. Umumnya bahan rumah China memakai lumpur, bambu, batu hingga kayu dan beratap genteng.

Huniannya kental dengan pengaruh Feng shui sehingga posisi bangunan hingga tata letak ruangan memiliki aturannya tersendiri. Selain itu atapnya melengkung dan dihiasi dengan patung hewan mitologi.

Rumah Tradisional Jepang

Desain rumah etnik ala Jepang
Pxhere

Rumah tradisional Jepang bisa diidentifikasi dari bagian dindingnya yang memakai kertas. Sebutan rumah ini adalah Minka yakni hunian bagi rakyat khususnya petani. Ciri khasnya adalah area dalam rumah setelah pintu utama lebih rendah dibandingkan lantai rumah.

Lantai menggunakan jerami sehingga sejuk ketika musim panas. Rumah tradisional Jepang memiliki koridor yang memisahkan area dalam dan luar rumah. 

Sedangkan bagian pintu menggunakan model geser dengan celah kecil. Dekorasi ruangan berupa lukisan dan tidak semua ruangan memiliki ketinggian lantai yang sama.

Rumah Apung

Pexels

Konsep rumah apung sudah lama di Indonesia atau Asia Tenggara. Pemukiman seperti ini muncul di daerah yang dekat dengan perairan seperti sungai. Tujuan dari desain rumah etnik ini adalah menghindari isi rumah dipenuhi air saat air meluap.

Baca juga:

Rumah Thailand

Pxhere

Rumah Thailand mengedepankan sirkulasi udara dan kondisi alam sekitarnya. Bagian atap dibuat bertumpuk dan membumbung tinggi ke atas sementara terasnya terbuka.

Bagian lantai ditinggikan untuk menghindari banjir ketika musim hujan. Model atap pitched roof dengan ketinggian yang curam agar air hujan mudah turun ke bawah. Bentuk konstruksinya cenderung modular agar mudah berpindah-pindah.

Rumah Kayu

Pxhere

Selanjutnya ada rumah kayu khas area pegunungan dengan kombinasi bebatuan sebagai ornamen dinding. Atapnya membentuk bangunan segitiga sempurna dan memiliki teras yang dikelilingi pagar besi.

Rumah Panggung

Pxhere

Rumah panggung  dibangun dengan lantai yang ditinggikan dari tanah memakai tiang-tiang kayu. Tujuannya agar menghindari banjir saat hujan tiba dan menghindari hewan buas.

Bagian kolong rumah ini bisa digunakan untuk tempat parkir kendaraan. Bagian atap ada yang memakai rumbia maupun atap genteng.

Rumah Joglo

Wikimedia Commons

Rumah Joglo biasanya dibangun dari kayu jati dengan tiga bagian utama. Di antaranya adalah pendapa yakni bagian depan, dalem area utama dan pringgitan alias bagian tengah.

Rumah Joglo mempunyai empat tiang penyangga berukuran lebih tinggi sebagai penopang atap. Lantainya terbuat dari kayu parket, marmer maupun keramik.

Baca juga:

Rumah Bali

Detik

Bagian depan rumah berupa gapura yang menyerupai pura. Bangunan depan ini disebut dengan angkul-angkul dan menjadi ciri khas rumah Bali. selain itu rumah Bali biasanya memiliki ruangan yang terpisah-pisah dengan lahan yang cukup luas.

Bagaimana menarik bukan desain rumah etnik di atas? Walaupun kental dengan arsitektur tradisional namun unik dan mengutamakan sirkulasi udara dalam konstruksinya.

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Sharon Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia