BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ciri Rumah Gaya Eropa Kuno untuk Inspirasi
0
0

10 Ciri Rumah Gaya Eropa Kuno untuk Inspirasi

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 12, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ciri rumah gaya Eropa kuno memang erat kaitannya dengan desain rumah megah. Tidak heran banyak dari rumah-rumah peninggalan zaman dahulu yang kini masih bisa kita lihat di Indonesia memilki ciri khas desain satu ini. Gaya rumah Eropa kuno memiliki ciri khas menarik yang bisa jadi inspirasi. Desainnya elegan dan tentunya kaya akan arsitektur yang tinggi.

Kamu dapat mendapatkan rumah impian kamu yang nyaman dan indah di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Bila kamu tertarik dengan rumah dengan desain bergaya eropa kuno, kamu dapat membangunnya menggunakan Program KPR Bank.

Baca Juga: Rumah Klasik Eropa Terbaik Bernuansa Megah

Ciri Rumah Gaya Eropa Kuno untuk Inspirasi

Memiliki rumah yang mewah dan berkelas adalah impian setiap orang. Salah satu penerapan gaya hunian yang hingga saat ini tidak termakan waktu adalah hunian bergaya Eropa.

Gaya Eropa pada desain rumah kuno klasik memiliki ragam detail yang bisa kamu contoh menjadi bagian dalam hunian. Sebenarnya seperti apa penerapan ciri rumah tersebut? Simak ciri-cirinya berikut ini:

1. Penggunaan Cerobong Asap

Source : Unsplash

Di Indonesia sendiri penggunaan cerobong asap pada hunian menjadi salah satu hal yang langka. Hal ini dikarenakan udara di Indonesia sangat berbeda dengan udara pada negara Eropa yang mayoritas adalah bercuaca dingin.

Rumah gaya Eropa kuno menggunakan cerobong asap sebagai penghangat ruang secara tradisional. Hal tersebut justru menjadi ciri khas menarik dari rumah ini. Kamu bisa menggunakannya sebagai hiasan untuk mempercantik hunian.

2. Model Jendela yang Seragam

Source : Unsplash

Untuk model jendela sekalipun, gaya Eropa untuk desain rumah kuno klasik banyak menggunakan jendela dengan model yang seragam. Baik berbentuk persegi panjang maupun persegi empat, letaknya akan disejajarkan dengan jumlah yang tidak sedikit.

Inspirasi ini bisa Pins pakai sebagai nilai tambah hunian dengan banyaknya ventilasi udara di dalam rumah. Cobalah untuk mencari model simpel dan klasik ya!

3. Penggunaan Batu Bata Ekspos

Source : Unsplash

Tidak terkecuali pula dengan penggunaan batu bata merah pada ciri khas bangunan. Gaya Eropa untuk desain rumah kuno klasik memang cukup menonjolkan material cantik satu ini.

Baik penggunaan batu bata merah ekspos hingga batu bata yang di cat dengan warna natural, tetap mengedepankan tekstur aslinya. Rumah akan terlihat lebih homey dan nyaman dengan suasana yang asri.

Baca Juga: 11 Desain Rumah Bata Merah

4. Ornamen Kental Khas Gaya Rumah Eropa Kuno

Source : Unsplash

Kerumitan yang terlihat dari beberapa eksterior bangunan gaya rumah Eropa kuno memang terlihat sangat artistik. Kamu akan menemukan banyak ukiran yang ditempatkan pada sudut-sudut bangunan bernilai tinggi.

Ornamen tersebut berasal dari zaman Yunani kuno yang banyak dihias pada pedimen bangunan atau bagian atas bangunan.

Tidak hanya sampai disitu, beberapa tembok pada bagian luar bangunan pun tidak dibuat secara kosong melainkan banyak gambar timbul berbentuk patung.

5. Mengedepankan Ruang Makan Outdoor

Source : Unsplash

Beberapa rumah tradisonal Eropa Kuno pun banyak yang mengedepankan bangunan sederhana dengan konsep kekeluargaan.

Salah satunya adalah desain ruang terbuka pada ruang makan yang berada di bagian dalam rumah yang menyatu dengan ruang lainnya. Tidak lupa pilar penyangga berbahan batu bata merah tetap menghiasi pinggiran teras. Menarik bukan, Pins?

6. Mencerminkan Kehangatan Pada Bagian Interiornya

Source : Unsplash

Untuk bagian interiornya sendiri, gaya Eropa desain rumah kuno klasik banyak mengedepankan tampilan kehangatan. Mulai dari pemilihan cahaya lampu, perabot di dalamnya, penggunaan karpet, hingga banyak menggunakan material berbahan kayu.

Hal ini membuat suasana semakin nyaman dan sendu. Cocok sekali untuk kamu yang senang bermalas-malasan di rumah, Pins!

7. Tampil dengan Perabot Antik

Source : Unsplash

Selain kehangatan yang terbangun dalam desain interior klasik secara keseluruhan, kamu pun akan menemukan beberapa perabot antik di dalamnya. Inilah yang menjadi daya tarik pada rumah bergaya klasik negara Eropa.

Desain lampu antik dengan tampilan besi dan berbentuk lilin menjadi hal lumrah dalam bangunan. Selain itu, kamu pun bisa menambahkan beberapa perabot antik yang tidak biasa agar interior semakin menarik.

8. Pilar-Pilar Kokoh yang Mencolok

Source : Unsplash

Gaya hunian Eropa kuno lainnya juga cukup banyak yang menampilkan tampilan pilar-pilar kokoh yang ditempatkan pada bangunan. Baik itu pada tampilan eksterior hingga interiornya menonjolkan pilar tersebut sebagai ciri khas utama.

Untuk rumah klasik tipe satu ini, banyak menampilkan arsitektur Romawi yang kental. Rumah didesain dengan warna cerah yang elegan dengan tampilan megah bak kerajaan Romawi terdahulu.

Baca Juga: Cek Informasi Lengkap Mengenai Pilar Yuk!

9. Bentuk Atap yang Meruncing

Source : Unsplash

Selanjutnya adalah ciri khas model atap. Bila kita melirik kembali kepada ragam musim yang ada di Negara Eropa, tentu musim salju atau dingin menjadi bagian yang menyulitkan.

Inilah yang membuat banyak desain rumah gaya Eropa Kuno menggunakan atap rumah berbentuk lancip yang menjulang tinggi.

Fungsinya ntuk menghindari adanya salju menumpuk yang berakibat menutupi bagian utama bangunan. Walaupun di Indonesia tidak ada musim salju, kamu tetap bisa menggunakannya lho, Pins!

10. Warna Coklat Dominan Pada Desain Menyeluruh

Source : Unsplash

Terakhir tentu warna dominan yang selalu dipakai nih, Pins! Campuran warna coklat dengan tingkatannya, masih selalu dipakai. Baik dalam tampilan desain interior maupun eskterior akan banyak ditemukan warna cokelat tua, muda, krem, cokelat bata dan masih banyak lagi.

Warna-warna tersebut menampilkan kehangatan hunian dan membuatnya kental akan arsitektur Eropa kuno.

Cukup menarik bukan, Pins? Ragam ciri dari rumah bergaya Eropa kuno bisa tetap kamu adaptasi pada perumahan modern. Tampilannya unik namun kaya akan kehangatan.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Antik Sederhana Dengan Sentuhan Modern

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download