BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Ide Desain Ruang Makan Lesehan yang Bikin Betah
0
0

12 Ide Desain Ruang Makan Lesehan yang Bikin Betah

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jul 31, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
ruang makan lesehantop-right-banner

Ruang makan lesehan bisa menjadi alternatif untuk menciptakan suasana yang lebih hangat. Terlebih konsep lesehan yang khas Indonesia juga sangat mudah untuk diterapkan di rumah terutama ruang makan. 

Konsep ruang makan ini bisa diterapkan untuk kamu yang punya rumah bekas di Kec. Tangerang Selatan ataupun rumah di Bekasi seperti Samira Regency Bekasi dan The Mansion. Kamu yang ingin jual rumah bekas di Kab Bogor Utara bisa pasang iklan rumah di Pinhome

Secara terminologi, lesehan adalah budaya melakukan aktivitas seperti makan atau jual beli sembari duduk di tikar atau lantai. Budaya ini dikenal luas di Indonesia terutama di wilayah Jawa. 

Saat ini konsep lesehan sudah merambah pada banyak hal, termasuk ruang makan di rumah. Selain itu, lesehan juga menjadi daya tarik bagi banyak orang terutama yang berasal dari luar negeri. 

Baca juga: Tips Desain Ruang Makan Sehat dan Nyaman

Keuntungan Ruang Lesehan

ruang makan lesehan
iStock Photo

Ada banyak keuntungan jika salah satu atau beberapa ruangan di rumah kamu dibuat lesehan. Berikut keuntungan ruangan lesehan di rumah yang perlu kamu ketahui. 

1. Menghemat Tempat

Keuntungan ruangan lesehan di dalam rumah pertama akan membuat ruangan terasa lebih luas karena tidak terlalu banyak barang-barang furniture di dalamnya. 

Keuntungan lain yang didapat yaitu bisa lebih bereksperimen dengan berbagai macam bantal-bantal dan juga karpet. Selain itu juga dapat meluruskan kaki selama duduk.

2. Aman Bagi Anak

Rumah yang memiliki ruangan yang luas akan membuat anak dapat bermain dengan leluasa tanpa harus menabrak berbagai furniture yang ada di sekitarnya.

3. Dekorasi Mudah

Jika ada acara di rumah yang melibatkan banyak orang, tidak perlu khawatir lagi apabila ruangan sempit. Kamu bisa mengubah menjadi ruangan lesehan untuk menerima tamu tanpa memindahkan banyak perabotan.

4. Mudah Diubah Sesuai Mood

Jika kamu bosan dengan warna ruangan yang ada di rumah, kamu bisa mengubah warna ruangan dengan cara mengganti sarung bantal, taplak meja dan mengganti bean bag dengan bantal tempat duduk yang bervariasi warna juga motifnya.

5. Hemat Biaya

Ruangan lesehan di dalam rumah tidak akan membutuhkan banyak furniture di dalamnya. Oleh sebab itu, kamu akan lebih hemat dalam pembelian furniture dan uangnya bisa untuk membeli kebutuhan lainnya.

Baca juga: Desain Ruang Makan Sederhana untuk Keluarga Kecil

Desain Ruang Makan Lesehan

Berikut adalah konsep model ruang makan lesehan yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Ruang Makan Natural

ruang makan lesehan
Pinterest

Pertama adalah desain ruang makan lesehan yang bergaya natural dengan banyak tanaman hias indoor. Desain cantik dengan nuansa hijau akan membuat kamu dan keluarga betah berlama-lama di ruangan ini. 

2. Ruang Makan Minimalis

ruang makan lesehan
Pinterest

Berikutnya adalah konsep ruang makan lesehan minimalis. Kamu hanya perlu menyiapkan meja rendah dengan dudukan berupa bantal duduk yang nyaman dan empuk.

3. Ruang Makan Kursi Tanpa Kaki

ruang makan lesehan
Pinterest

Konsep desain ini mirip dengan desain minimalis di atas. Bedanya kamu perlu menyiapkan kursi tanpa kaki yang dilengkapi dengan sandaran. Dengan kursi ini, kamu dan keluarga akan betah berada di ruangan ini sambil menyantap makanan kesukaan. 

4. Ruang Makan Meja Bundar

ruang makan lesehan
Pinterest

Konsep ruang makan lesehan ini menggunakan meja bundar sebagai pilihan. Namun kamu perlu mempertimbangkan jumlah anggota keluarga untuk memilih ukuran meja yang sesuai. Jangan sampai kamu memilih meja bundar yang kecil sementara jumlah anggota keluarga kamu besar. 

Baca juga: Cara Mengubah Ruang Makan Terlihat Lebih Indah

5. Ruang Makan Memanjang

ruang makan lesehan
Pinterest

Konsep desain ruang makan ini sering ditemui di restoran berkonsep Jepang. Meja makan yang disediakan memanjang dengan dudukan berupa bantal duduk simpel yang empuk. Ruangan dengan model ini bisa memuat banyak orang. 

6. Ruang Makan Permanen

ruang makan lesehan
Pinterest

Pada bagian keuntungan ruang lesehan di atas disebutkan salah satunya mudah dirombak. Namun model ruang makan lesehan yang satu ini tidak, karena didesain permanen. Meskipun beberapa orang mungkin menilai desain seperti ini tidak bisa disebut lesehan. 

7. Ruang Makan Lesehan Modern

ruang makan lesehan
Pinterest

Desain yang satu ini cukup modern. Ruang makan dibuat lebih tinggi dari lantai dasar sehingga penghuni harus naik 2-3 tangga untuk ke ruang makan. Meja dibuat kotak dengan ada ruang kaki di bagian bawah meja. Dengan demikian, kamu yang merasa kram bisa langsung meluruskan kaki di bagian tersebut. 

8. Ruang Makan Satu Arah

ruang makan lesehan
Pinterest

Biasanya ruang makan didesain dengan meja dan kursi yang saling berhadapan baik persegi maupun melingkar. Tujuannya agar bisa bercengkrama saat makan. 

Namun desain yang satu ini berbeda karena hanya menghadap ke satu arah, yaitu area luar. Kamu bisa menempatkan ruang makan ini bersandingan dengan taman sehingga menikmati hidangan dengan pemandangan hijau tanaman hias outdoor

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

9. Ruang Makan di Atas Kolam

ruang makan lesehan
Pinterest

Ruang makan yang satu ini tergolong out of the box. Pasalnya ia tidak diletakkan di sisi dapur atau ruang keluarga, melainkan di bagian luar rumah dengan kolam ikan di bawahnya. Kamu bisa menikmati hidangan dengan diiringi gemercik suara air kolam. 

10. Ruang Makan Lesehan Serbaguna

ruang makan lesehan
Pinterest

Konsep desain ini terbilang serbaguna. Pasalnya kamu bisa menjadikan ruangan sebagai tempat makan keluarga dengan konsep lesehan. Namun ketika acara makan-makan sudah selesai, ruangan ini bisa menjelma jadi ruang keluarga yang hangat. 

11. Ruang Makan Intim

ruang makan lesehan
Pinterest

Desain ruang makan ini cocok untuk pasangan suami istri baru yang hanya tinggal berdua tanpa anak. Ruang makan lesehan ini bisa membuat kamu dan pasangan makin intim. 

12. Ruang Makan Lesehan Balkon

Pinterest

Jika rumah memiliki dua lantai atau lebih, kamu bisa menjadikan salah satu area balkon untuk dijadikan ruang makan. Tentu saja makan di area ini jadi semakin menyenangkan dengan pemandangan indah di sekitarnya. 

Itulah 12 ide desain ruang makan lesehan yang bisa kamu terapkan di rumah. Semoga membantu!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download