Pinhome

Rumah Nyaman dengan Budget Minim

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 31 July 2021 ∙ 4 menit membaca

Mempercantik dekorasi rumah tidak melulu soal kocek yang besar. Barang-barang yang sudah tidak lagi berfungsi bisa disulap menjadi hiasan rumah. Contohnya, kardus mie instan yang kosong bisa dijadikan tempat penyimpanan barang yang, istilah populernya, aesthetic. Hal inilah yang coba diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari Ima dan Wahyu, pemilik akun Biasalah Anak Muda di Instagram. Penasaran? Yuk, simak cerita mereka!

Pinhome — Berawal dari review ‘Iseng-Iseng Berhadiah’ rumah penyanyi Raisa dan Hamish Daud di Instagram, akun Biasalah Anak Muda menarik perhatian warganet karena penggunaan bahasa serta potret keseharian rumah tangga yang menyenangkan – termasuk celetukan soal budget. Dalam kelas tanggal 19 Februari 2021 bersama Property Academy by Pinhome kemarin, keduanya membagikan pengalaman mereka ketika mendekorasi rumah pertama mereka dengan budget sederhana. Menurut Ima dan Wahyu, ada tiga hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum mendekorasi rumah yaitu tahap planning, execution dan maintenance. 

Pentingnya Tahap Planning Membangun Rumah

Ima dan Wahyu menyebutkan bahwa tahap planning merupakan tahap yang sangat penting. Pada tahap ini, pemilik rumah perlu mengendalikan keinginan untuk membeli barang-barang yang kurang diperlukan. Ima dan Wahyu menyebutkan bahwa strategi phasing dari bagian perencanaan tersebut melibatkan tiga proses yaitu moving in (pindahan), mempercantik dan menyempurnakan. 

Ketiga proses tersebut mencakup barang-barang yang perlu dibeli untuk mendekorasi rumah menurut tingkatan prioritasnya. Moving in meliputi barang-barang kebutuhan dasar seperti tempat tidur dan lemari. Sedangkan barang-barang yang sifatnya sekunder seperti lemari, tanaman dan lainnya yang tujuannya dekoratif termasuk dalam proses mempercantik hunian. Yang terakhir yaitu proses penyempurnaan yang mungkin meliputi renovasi. 

Baca Juga: Tips Desain Rumah Dengan Anggaran Yang Terbatas

Mengenal prinsip design-no-design

Hal yang menjadi poin penting sekaligus menarik dari planning tersebut, adalah prinsip design-no design yang bertujuan untuk menyiasati membengkaknya budget. Pada dasarnya, design-no design merupakan situasi dimana sebuah ruangan tidak perlu diisi atau dipercantik seluruhnya oleh kehadiran barang-barang serta desain yang wah. Sebaliknya, prinsip ini menitikberatkan potensi yang jauh lebih menarik kalau penekanan atau aksen sebuah ruangan hanya terdapat pada beberapa aspek ruangan seperti cat atau sesederhana meja yang sering kali menjadi pusat perhatian. 

Salah satu cara dalam menerapkan prinsip tersebut ala Ima dan Wahyu, adalah dengan menggunakan foto layout ruangan yang diedit untuk mendapatkan gambaran setelah diisi barang yang sudah berencana untuk dibeli. Selain mengurangi kemungkinan membeli barang yang salah, cara ini juga dapat membantu dalam mengatur prioritas dalam pembelian barang-barang rumah. 

Tahap Execution dan Maintenance jadi Pendukung Utama

Setelah planning, tahap execution dan maintenance tidak kalah pentingnya. Ima dan Wahyu membagikan beberapa tips dan trik ketika melewati tahap tersebut. Pada tahap eksekusi, ada baiknya jika pemilik rumah tidak terlalu terpaut pada peruntukkan furniture tertentu untuk ruangan tertentu. Selain itu, pemilik rumah juga dapat mencari info kantor tutup yang berniat melelang sebagian besar dari barang-barang perlengkapan kantor – misalnya untuk mengisi working space di rumah. 

Bicara soal planning dan execution, pemilik rumah juga perlu mempertimbangkan maintenance yang menganalisa suatu barang agar biaya perawatannya tidak melebih biaya pembelian di awal. Ima dan Wahyu mencontohkannya dengan memperhatikan durability dari suatu barang. Contohnya penggunaan duvet/quilt cover vs bed cover. Pemilik rumah tidak perlu mengeluarkan biaya binatu untuk mencuci bed cover jika disiasati dengan penggunaan duvet/quilt cover yang bisa dicuci dengan mesin. 

Nah itu saja informasi mengenai rangkuman webinar Pinhome mengenai Rumah Nyaman Budget Minim. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel