BlogPemilik PropertiDesain Hunian16 Inspirasi Membuat Dapur dan Ruang Makan 3×3
0
0

16 Inspirasi Membuat Dapur dan Ruang Makan 3×3

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Jul 26, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kamu memiliki dapur yang sekaligus berfungsi sebagai ruang makan mini di rumah? Umumnya, dapur dan ruang makan 3×3 meter menjadi standar paling minim untuk dijadikan ruangan yang pantas dan baik dari segi fungsional maupun estetika.

Desain dapur dan ruang makan ukuran 3×3 pun dapat dibuat menarik namun tetap nyaman saat beraktivitas di dalamnya. Beberapa desain di bawah ini bisa Kamu tiru lho untuk aktivitas memasak dan makan yang lebih menyenangkan!

Dapur dan Ruang Makan 3×3 Aksen Skylight

Source : Pinterest

Siapa sangka jika pencahayaan yang baik juga menjadi penentu cantiknya dapur dengan ruang yang minimalis bahkan sempit. Tidak melulu dari lampu, tapi Kamu bisa melakukan penghematan dengan aksen skylight di bagian atap. Namuni tentu saja dengan catatan ruangan dapurmu tidak memiliki lantai lagi di atasnya.

Baca juga: 10 Berbagai Desain Dapur Samping Rumah 

Dapur dan Ruang Makan 3×3 Kombinasi Kayu

Source : Pickawood

Dapur ukuran 3×3 meter tentu cocok dengan konsep minimalis jenis apapun, terutama konsep minimalis kayu. Coba kombinasikan warna putih di meja, lemari dan alas memasakmu. Lalu berikan aksen kayu di bagian kursi atau pintu lemari dan rak-rak gantung kayu.

Bentuk Letter U

Source : Informa Zone

Coba posisikan dapur 3×3 meter di rumah membentuk huruf atau bentuk U. Tujuannya adalah agar bagian tengahnya menjadi akses gerak, sementara kanan kiri dan satu bagian sisinya menjadi tempat memasak atau menaruh perabotan. Percaya atau tidak, bentuk U di dapur ini dianggap bisa membuat sirkulasi udara lebih baik!

Baca juga: Ide Desain Dapur Kering & Tips Penataannya

Bentuk Dapur Letter L

Source : Unsplash/Christian Mackie

Sedikit berbeda dengan Letter U, dapur berbentuk letter L ini hanya mengambil dua sisi sebagai batas ruangannya. Selain nampak lebih elegan, dapur berbentuk huruf L ini juga bisa maksimal dalam penempatan dan penyimpanan barang agar terasa lebih lega.

Dapur Off White

Source : Unsplash/Andrea Davis

Warna putih sudah tidak diragukan lagi efek visualnya yang membuat ruangan menjadi lebih luas. Hal itu bisa diterapkan pada dapur  dengan tampilan putih seluruhnya yang cantik dan minimalis.

Dapur Grayish

Source : Elle Decor

Dapur nuansa abu-abu juga bisa manis diaplikasikan ke dapur minimalis. Tidak perlu semuanya abu-abu, tapi misalnya Kamu bisa memberikan aksen abu-abu dari kompor dan oven dengan warna tersebut.

Mengusung Tema Mewah Berbahan Marmer

Source : Pinterest

Ucapkan selamat tinggal pada dapur kecil yang identik dengan kesan sempit serta kumuh. Tidak hanya memberi kesan lebih lega, tapi marmer juga akan membuat dapur mini menjadi elegan dan mewah. Kamu bisa memasang marmer tidak hanya di lantai tapi juga di meja dan bagian memasak di area dapur.

Baca juga:

Dapur Elegan dan Maskulin Ala Stainless Steel

Source : Houzz

Siapa bilang kesan elegan hanya berlaku pada wanita? Kesan elegan juga tidak kalah menarik untuk meningkatkan nuansa maskulin, salah satu caranya adalah dengan memasang berbagai perabot dari stainless steel

Monochrome

dapur dan ruang makan 3x3
Source : Furniture Trembesi

Dapur monochrome tidak hanya mampu memberi manfaat fungsional tapi juga cantik secara estetika. Jangan takut menjadi suram karena warna gelapnya, Kamu bisa mengakalinya dengan memberikan pencahayaan yang cukup misalnya dengan lampu gantung yang juga cantik secara visual.

Skandinavian

dapur dan ruang makan 3x3
Source : Pinterest

Gaya skandinavian bisa didukung dengan memilih motif keramik lantai yang sesuai dan tradisional seperti khas skandinavian. Padukan juga dengan meja polos berbahan kayu sementara perabotan lain seperti kursi dan lemari penyimpanan berwarna putih minimalis.

Dapur dan Ruang Makan 3×3 Tema Klasik

dapur dan ruang makan 3x3
Source : Unsplash/Vlad Zaytsev

Meski kecil, ciptakan kesan mewah yang memanjakan mata dengan gaya klasik. Sebagai contoh, kombinasikan permainan pilar cantik di bagian pemisah antara kompor dan lemari penyimpanan. Pilih juga warna-warna elegan seperti broken white atau emas sebagai aksennya.

Dapur Semi Outdoor

dapur dan ruang makan 3x3
Source : Remodelista

Tidak perlu selalu berada di luar sebagian ruangannya, tapi Kamu bisa menciptakan kesan semi outdoor dengan memasang jendela super besar bahkan menggantikan seluruh bagian atau sisi tembok dapur yang mengarah ke luar. Dapur terbuka minimalis nuansa natural menciptakan dekat dengan alam dam sangat terasa nyaman, jika halaman atau rumah bagian luar dilengkapi dengan tanaman dan pohon rindang.

Gaya Industrial

dapur dan ruang makan 3x3
Source : Unsplash/Le Creuset

Gaya industrialis juga jadi favorit belakangan ini. Biasanya ditonjolkan dengan dinding semen ekspos dan perabotan licin berwarna gelap seperti hitam dan abu-abu tua. Selain itu, dapur industrialis ini bisa dilengkapi dengan perabotan berbahan metal.

Kombinasi Batu Alam

dapur dan ruang makan 3x3
Source : Pinterest

Batu alam bisa dipasang di bagian dinding yang akan memberi tampilan cantik dan elegan yang tidak biasa. Dinding bertekstur semacam ini juga berfungsi sebagai pelapis dinding agar tidak mudah kotor terkena cipratan atau noda dapur. Selain dinding, meja dapur dengan bahan batu juga bisa menginspirasi, Pins!

Baca juga: Tips Dekorasi Dapur Belakang Rumah Tanpa Sekat

Dapur dan Ruang Makan 3×3 Jenis Open Kitchen

dapur dan ruang makan 3x3
Source : Unsplash/Boxed Water Is Better

Konsep open kitchen juga bisa menambah suasana lega walau dibatasi oleh kaca. Konsep ini terinspirasi dari restoran yang memberi kesempatan aktivitas di dapur terlihat oleh pelanggan. Untuk mengakali agar bagian belakang dari kompor, lemari atau kulkas yang tidak sedap dipandang, bisa memasang kaca hanya setengah ke atas. Sementara setengah ke bawahnya adalah dinding biasa.

Dapur dan Ruang Makan 3×3 Warna Bold

dapur dan ruang makan 3x3
Source : Pinterest

Gaya dapur elegan juga bisa dimunculkan dengan pemilihan warna ‘berani’ atau bold seperti merah dan hitam dikombinasikan. Tapi alangkah baiknya juga menyisipkan warna netral yang minimalis. Putih biasanya jadi warna paling aman untuk menyeimbangkan kombinasi warna bold lainnya tersebut.

Contoh kombinasi warnanya untuk dapur dan ruang makan yang hanya selebar 3×3 meter ini misalnya, kabinet atau lemari penyimpanan atas berwarna hitam yang dikombinasikan dengan kursi makan berwarna merah. Padukan elemen tersebut dengan meja makan dan meja memasak serta kabinet bawah berwarna putih.

Atau Kamu juga bisa bermain warna lain yang lebih vibrant seperti biru, magenta dan hijau yang segar dan ceria. Jangan takut bermain warna, karena pemilihan warna hitam sekalipun akan cantik diterapkan di dapur asalkan memiliki pencahayaan yang baik dari lampu maupun natural seperti cahaya matahari di siang hari.

Semoga ide di atas bisa menjadi inspirasi untuk mendekor dapur dan ruang makan ukuran 3×3 metermu ya, Pins!

Featured Image Source: Unsplash/Rune Enstad


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download