BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Ruang Makan Sederhana untuk Keluarga Kecil
0
0

15 Desain Ruang Makan Sederhana untuk Keluarga Kecil

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Apr 4, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
desain ruang makan sederhanatop-right-banner

Momen bersama keluarga saat di rumah adalah momen berharga meski dapat terjadi setiap hari. Canda tawa orang-orang cinta di rumah tentu dapat mengobati rasa lelah setelah melepas kegiatan rutin yang padat.

Biasanya salah satu waktu yang sering dijadikan sebagai waktu berkumpul dengan keluarga adalah saat makan. Jika ditanya, Pins ingin ruang makan yang seperti apa? Sebaiknya kita lihat dulu beberapa contoh desain ruang makan supaya Pins mendapat ide.

Baca juga: 12 Dekorasi Ruang Makan dengan Biaya Murah Namun Nyaman

Ruang Makan dengan Pencahayaan Alami

(Pinterest)

Dengan ruang yang terbatas, terkadang kita sudah menyerah terlebih dulu untuk membuat desain yang biasa-biasa saja. Padahal ruangan dengan luas yang kecil juga bisa dirancang supaya terlihat rapi dan bagus lho! Salah satu desain yang bisa menjadi pilihan kamu adalah ruang makan dengan pencahayaan alami ini. 

Desain ruang makan kecil sederhana ini dibuat dengan menghadirkan jendela kaca yang besar agar memudahkan matahari masuk ke dalam ruang makan. Dengan jendela kaca yang besar, tentu dapur kamu juga memiliki pemandangan bagian luar rumah yang bisa menambah fresh dapur

Pins bisa membuatnya dalam bentuk jendela kaca atau sliding door kaca yang bisa dibuka tutup sehingga dapat membuat ruang makan menjadi ruang makan semi terbuka.

Baca juga: Desain Ruang Makan Mewah yang Modern dan Elegan

Ruang Makan dengan Mini Bar

(PInterest)

Inspirasi desain dapur dan ruang makan sederhana untuk keluarga kecil selanjutnya adalah ruang makan dengan mini bar. Mini bar memang telah banyak digunakan pada dapur minimalis untuk memaksimalkan fungsi ruangan. 

Jadi, bagi Pins yang khawatir akan ruangan yang kecil, desain ruang makan kecil sederhana ini bisa menjadi solusi kamu untuk memiliki ruangan makan sederhana namun tetap modern. Pins bisa menggabungkan antara dapur dengan ruang makan dengan mini bar. 

Namun, perlu diingat bahwa mini bar sebaiknya digunakan oleh kamu yang memiliki keluarga kecil, karena daya tampung mini bar yang tidak terlalu banyak. Pins bisa memilih mini bar dengan menyesuaikan konsep dapur agar lebih menyatu antara dapur dan ruang makan.

Ruang Makan Lesehan Ala Jepang

(Pinterest)

Jika pergi ke restoran-restoran Jepang, biasanya kita akan banyak menemui tempat makan lesehan yang masih mengedepankan gaya asli rumah makan Jepang. Nah ruang makan lesehan ala Jepang ini juga bisa kamu terapkan lho di rumah. 

Desain ruang makan sederhana ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki luas ruangan tidak terlalu besar. Pins bisa membuat ruang makan dengan konsep lesehan yang akan memudahkan anggota keluarga makan bersama. 

Pins hanya perlu menyediakan karpet dan meja panjang dengan kaki-kaki yang pendek. Demi mempercantik tampilan ruang makan, Pins bisa menggunakan lantai kayu atau stiker lantai bermotif kayu. Dengan begini maka ruang makan lesehan di rumah akan semakin terlihat ala Jepang dan modern.

Baca Juga: Merenovasi Rumah Sendiri, Siapa Takut?

Ruang Makan dengan Meja yang Menempel pada Dinding

(Pinterest)

Ruang makan yang satu ini telah banyak digunakan pada rumah-rumah modern minimalis di luar negeri. Biasanya letak ruang makan ini menyatu dengan dapur sehingga meja dibuat menempel dengan dinding agar tidak memakan tempat. 

Desain dapur dan ruang makan sederhana ini tidak membutuhkan biaya yang besar karena kamu hanya membutuhkan meja yang menempel pada dinding dengan ukuran tinggi seperti meja bar. Jangan lupa lengkapi meja dengan kursi-kursi bar agar kegiatan makan bersama keluarga menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: Tips Bangun Rumah di Jakarta

Ruang Makan dengan Kursi Panjang

(Pinterest)

Desain ruang makan kecil sederhana ini juga cocok bagi Pins yang memiliki ruang makan dengan luas yang terbatas. Pins bisa menggunakan kursi panjang guna bisa menampung anggota keluarga dengan jumlah yang cukup banyak. 

Selain itu, supaya menghemat ruangan, kursi panjang bisa dibuat permanen dengan menempelkannya ke dinding sehingga kursi tetap anggota keluarga yang duduk di kursi tersebut bisa menyender meski ke dinding. Gunakan meja dengan ukuran yang sesuai dengan kursi panjang yang kamu miliki sehingga akan lebih menyatu dengan kursi.

Baca juga: Tips Desain Ruang Makan yang Perlu Diperhatikan

Ruang Makan dengan Meja Bundar Berukuran Sedang

(Pinterest)

Jika Pins memiliki ruang terbatas namun anggota keluarga yang sedikit, desain ruang makan sederhana ini bisa menjadi pilihan kamu. Pins bisa menggunakan meja bundar berukuran sedang dengan 4 kursi. 

Dengan menggunakan meja berbentuk lingkaran akan membuat banyak sisi yang bisa digunakan ketika makan bersama dengan anggota keluarga. Selain itu penggunaan meja bundar juga akan membuat posisi duduk lebih dekat satu sama lain, sehingga kegiatan makan bersama akan terasa lebih intim.

Ruang Makan Bertema Skandinavia

Source : Interior Design Ideas

Jika kamu menyukai ruang makan yang bergaya minimalis, tema skandinavia cocok kamu terapkan! Akhir-akhir ini, tema skandinavia sering sekali digunakan sebagai desain ruang makan karena dekorasi dan warnanya yang kalem dan tenang. Dijamin ruang makan kamu akan terasa lebih hangat!

Baca juga: Tips Renovasi Ruang Makan Agar Terlihat Lebih Indah

Ruang Makan Bohemian yang Unik

Source : MyDomaine

Salah satu desain yang sering juga digunakan adalah bohemian yang cenderung unik dengan dekorasi etnik. Hidupkan suasana ruang makan yang berbeda dengan dekorasi anyaman, rajutan kain, serta penggunaan motif yang indah dan menawan.

Warna-warna kalem juga bisa menunjang konsep bohemian ini agar suasana ruang makan menjadi lebih menenangkan dan nyaman untuk digunakan.

Ruang Makan Tema Industrial yang Modern

Source : Pinterest

Teruntuk Pins yang menyukai desain modern, bisa mencoba menerapkan desain ruang makan industrial. Kamu bisa mendaur ulang perabot dengan bahan baja dan kayu untuk membentuk perabot yang keren tentunya.

Kamu bisa mengkombinasikan perabot ini dengan desain ruangan semen ekspos agar kesan industrial semakin menonjol.

Ruang Makan Hitam yang Mewah

Source : Ready for Loft

Hadirkan suasana mewah di ruang makan dengan menggunakan warna hitam. Agar tidak terlalu gelap, kamu bisa mengombinasikan dengan perabot beraksen emas atau putih agar tampak lebih elegan dan mewah,

Ruang Makan Elegan dengan Meja Kaca

Source : Interior Design Ideas

Agar ruang makan tampak lebih indah, kamu juga bisa menggunakan meja kaca. Hal ini akan membuat meja makan kamu tampak lebih luas dan bersih. Beberapa perabot meja kaca juga menggabungkan aksen kayu pada kaki-kakinya sehingga tampak lebih indah dan modern.

Ruang Makan ala Korea

Source : Pinterest

Jika kamu sering menonton drama korea, mungkin kamu akan melihat desain ruang makan yang sederhana dan minimalis. Desain ini dapat kamu terapkan, bahkan cocok untuk ruang makan yang sempit.

Meskipun minimalis, desain ini akan membuat ruang makan tampak lebih luas dan bersih sehingga nyaman untuk digunakan.

Ruang Makan Bergaya Klasik

Source : Asortie Mobilys

Salah satu desain yang tak lekang oleh waktu adalah desain ruang makan dengan perabot klasik. Biasanya, perabot ini didominasi oleh penggunaan material kayu dan rotan yang dapat memberikan kesan natural dan membuat suasana menjadi lebih hangat dan mewah.

Ruang Makan Menghadap Taman yang Asri

Source : The Spruce

Jika kamu memiliki taman yang luas, tidak ada salahnya mencoba meletakkan ruang makan yang menghadap taman tersebut. Selain mendapatkan cahaya alami dan sirkulasi udara yang baik, kamu juga bisa makan sambil melihat pemandangan luar rumah! Unik juga, ya!

Ruang Makan yang Tergabung dengan Dapur

Source : Design Cafe

Rumah yang kecil bukan berarti kamu tidak dapat menciptakan desain ruang makan dan dapur yang indah. Desain ini bisa kamu terapkan jika kamu tinggal di rumah yang sempit.

Desain ini juga dapat memudahkan kamu ketika akan mengambil atau memindahkan peralatan makan dan menyajikan makanan. Kamu bisa menggunakan desain skandinavia yang minimalis agar ruangan tampak luas, bersih, dan nyaman.

Itulah beberapa desain ruang makan sederhana yang bisa menjadi pilihan kamu. Semoga ulasan di atas dapat menginspirasi kamu untuk membuat desain ruang makan kecil sederhana yang bagus dan unik sesuai dengan keinginan kamu dan keluarga meski dengan ruangan yang tidak terlalu luas.

Baca Juga: Pertimbangan Membangun Rumah Tumbuh yang Tepat


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download