Pinhome

  • Blog
  • KPR / KPA
  • Cara Membuat Rekening Koran 3 Bulan Terakhir Untuk KPR

Cara Membuat Rekening Koran 3 Bulan Terakhir Untuk KPR

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 25 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Cara membuat rekening koran tabungan 3 bulan terakhir sebagai syarat KPR rumah itu sangat mudah, kita hanya perlu datang ke Bank tempat kita menabung kemudian minta print out transaksi selama tiga bulan terkahir.

Kenapa pihak Bank meminta syarat ini? Tujuanya adalah untuk mengecek apakah benar jumlah tranferan gaji kita setiap bulanya, atau jika kita berprofesi sebagai pengusaha maka bisa dilihat perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran.

Meskipun cara membuatnya cukup gampang, namun disini kita akan mencoba membahasnya secara detail.

Baca juga: Ingin Mengajukan KPR? Pahami Alurnya Berikut Ini!

Cara Membuat Rekening Koran

cara membuat rekening koran

Berikut ini tahapan untuk membuat rekening korang 3 bulan terakhir di Bank.

  1. Langkah pertama tentu kita harus menabung dulu selama jangka waktu minimal tiga bulan, dan selama bulan tersebut terdapat bukti tranfer pemasukan entah itu berupa gaji karyawan atau sumber penghasilan usaha.
  2. Siapkan persyaratan untuk minta print out rekening koran yaitu buku tabungan dan KTP asli.
  3. Datang ke Bank sesuai dengan tempat kita menabung, lalu meminta nomor antrian untuk menghadap bagian customer service.
  4. Menunggu sampai giliranmu dipanggil.
  5. Menunjukan dokumen persyaratan untuk meminta rekening koran.
  6. Petugas customer service akan mencetak rekening koranmu.
  7. Nah, kamu akan mendapat lembaran rekening koran tiga bulan terakhir.
  8. Pihak Bank penyedia KPR biasanya menanyakan setiap tanggal berapa kita gajian, lalu melihat print out buku tabungan untuk mengecek kebenaranya.

Baca juga: Jangan Asal Deal! Ini Cara Tepat Memilih Bank KPR

Kesimpulan

Begitulah kurang lebih gambaran langkah yang bisa kita lakukan untuk meminta rekening koran tabungan 3 bulan terakhir kepada pihak Bank. Usahakan agar bersikap jujur dalam membuatnya.

Selain mudah dalam pengurusan KPR  juga tidak akan memberatkan kita dikemudian hari dalam membayar angsuran. karena pihak Bank mensyaratkan jumlah angsuran maksimal 30% dari gaji.

Jika kita buat surat keterangan gaji lebih besar dari aslinya maka jumlah angsuran bisa besar tapi memberatkan diri sendiri dikemudian hari. Semoga lancar dalam membuatnya dan disetujui dalam pengajuan KPR.

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel