BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPACara Membuat Rekening Koran 3 Bulan Terakhir Untuk KPR
0
0

Cara Membuat Rekening Koran 3 Bulan Terakhir Untuk KPR

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 31, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara membuat rekening korantop-right-banner

Bagi kamu yang akan memiliki rumah melalui jalur KPR, maka rekening koran menjadi salah satu syarat penting yang harus dipenuhi. Rekening koran menjadi syarat pengajuan KPR rumah oleh pihak Bank. Tujuannya adalah untuk mengecek apakah benar jumlah gaji kita setiap bulan atau melihat pemasukan dan pengeluaran jika kita berprofesi sebagai pengusaha. Simak artikel ini untuk mengetahui cara membuat rekening koran 3 bulan terakhir!

Kamu dapat berpindah ke tempat tinggal baru yang bermodel menarik serta aesthetic di perrumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Cobalah gunakan fitur Pengajuan KPR untuk membangun rumah dengan rancangan desainmu sendiri dengan kemudahan pembayaran yang dapat dilakukan berangsur.

Baca juga: Ingin Mengajukan KPR? Pahami Alurnya Berikut Ini!

Penjelasan Mengenai Rekening Koran dan Mutasi Rekening

Source : iStock

Pins sebelum mengetahui cara membuat rekening koran 3 bulan terakhir, Pins perlu tahu apa itu rekening koran! Rekening koran merupakan sebuah catatan rinci dari seluruh transaksi keuangan yang Pins lakukan dengan rekening Pins sebagai dokumen valid atas segala aktivitas yang mengatasnamakan rekening Pins dengan akurat.

Biasanya kamu dapat menerbitkan rekening koran ini melalui kantor Bank atau, website resmi Bank, atau layanan mobile banking bank yang bersangkutan dalam periode 3 atau 6 bulan.

Berbeda dengan mutasi rekening, mutasi rekening hanya mencatat transaksi dalam jangka waktu periode yang lebih pendek. Mutasi rekening dapat Pins akses dengan mudah melalui mobile banking atau ATM alias gratis, namun rekening koran terdapat proses administrasi yang harus dilalui.

Bagian-Bagian Penting dalam Rekening Koran

Source : Rumah123

Pins kamu perlu tahu bagian-bagian apa saja yang menjadi penting dalam dokumen rekening koran:

  • Informasi Bank: Berisikan detail nama bank, alamat, dan nomor telepon customer service. Informasi ini memudahkan dalam rekonsiliasi jika terjadi kesalahan transaksi atau pencetakan.
  • Informasi Perusahaan atau Bisnis: Bagian ini mencantumkan informasi terkait bisnis, seperti nama perusahaan, nama pemilik bisnis, alamat, dan nomor telepon.
  • Informasi Akun/ Pemilik Rekening: Menampilkan informasi dasar, seperti nama pemilik rekening dan nomor rekening.
  • Tanggal Periode: Merupakan rentang waktu atau periode tertentu yang ditampilkan dalam rekening koran, sesuai dengan periode pencetakan dokumen.
  • Ringkasan Akun: Berisi informasi mengenai saldo awal dan akhir periode, total deposit, serta total penarikan.
  • Ringkasan Transaksi: Menampilkan daftar transaksi dalam periode yang ditentukan, disusun secara kronologis dengan rincian tanggal, deskripsi transaksi, jumlah nominal, dan saldo setelah transaksi.

Baca juga: Mau Cari Rumah dan Daftar KPR Mandiri dengan Mudah? Pakai RIKu Aja!

Kegunaan Rekening Koran

Source : iStock

Sebelum mengetahui cara membuat rekening koran 3 bulan terakhir, berikut ini kegunaan dari dokumen rekening koran:

  • Pencatatan Transaksi: Sebagai bukti sah atas setiap transaksi keuangan pada rentang waktu tertentu. Nasabah dapat meminimalisir potensi penyalahgunaan rekening dan jika terjadi, dapat melaporkannya kepada pihak Bank untuk ditindaklanjuti.
  • Bukti Hukum: Sebagai bukti sah yang dapat digunakan dalam proses hukum jika diperlukan, seperti dalam sengketa transaksi atau penyelesaian keuangan.
  • Persyaratan Pinjaman: Sebagai syarat penting dalam mengajukan berbagai jenis pinjaman di lembaga keuangan, seperti KPR, KTA, KKB, dan lainnya. Dokumen ini membuktikan kesehatan finansial dan kemampuan nasabah untuk melunasi pinjaman.
  • Persyaratan VISA: Dokumen ini diperlukan saat pengajuan VISA. Rekening koran membuktikan ketersediaan dana untuk mendukung keperluan finansial saat berada di negara tujuan.
  • Partisipasi Lelang: Saat mengikuti acara pelelangan, rekening koran menjadi syarat keikutsertaan dan sebagai bukti ketersediaan dana pada rekening.
  • Audit Keuangan Perusahaan: Jika terjadi kesalahan pencatatan dalam keuangan bisnis, rekening koran dapat dijadikan dasar untuk rekonsiliasi dengan pihak bank.

Cara Membuat Rekening Koran

cara membuat rekening koran
Source : Pajak

Cara membuat rekening koran tabungan 3 bulan terakhir sebagai syarat KPR rumah itu sangat mudah, kita hanya perlu datang ke Bank tempat kita menabung kemudian minta print out transaksi selama tiga bulan terakhir. Kamu perlu menyiapkan buku tabungan asli, kartu identitas, kartu debit, dan biaya mencetak rekening koran.

Baca juga: Raih Suku Bunga Spesial Mulai dari 3,88% untuk Pengajuan KPR Mandiri melalui RIKu!

1. Membuat Rekening Koran di Bank

Berikut ini tahapan cara membuat rekening koran 3 bulan terakhir di Bank:

  1. Langkah pertama tentu kita harus menabung dulu selama jangka waktu minimal tiga bulan, dan selama bulan tersebut terdapat bukti transfer pemasukan entah itu berupa gaji karyawan atau sumber penghasilan usaha.
  2. Siapkan persyaratan untuk minta print out rekening koran yaitu buku tabungan dan KTP asli.
  3. Datang ke Bank sesuai dengan tempat kita menabung, lalu meminta nomor antrian untuk menghadap bagian customer service.
  4. Menunggu sampai giliranmu dipanggil.
  5. Menunjukan dokumen persyaratan untuk meminta rekening koran.
  6. Petugas customer service akan mencetak rekening koranmu.
  7. Nah, kamu akan mendapat lembaran rekening koran tiga bulan terakhir.
  8. Pihak Bank penyedia KPR biasanya menanyakan setiap tanggal berapa kita gajian, lalu melihat print out tabungan untuk mengecek kebenarannya.

Baca juga: Jangan Asal Deal! Ini Cara Tepat Memilih Bank KPR

2. Membuat Rekening Koran Melalui Internet Banking

Berikut ini tahapan cara membuat rekening koran 3 bulan terakhir melalui Internet Banking:

  • Bank BCA: Akses klikBCA atau myBCA, pilih menu e-statement atau Rekening Kamu, tentukan periode, dan unduh rekening koran dalam jangka waktu yang kamu inginkan.
  • Bank BRI: Akses website resmi bank, masuk ke layanan internet banking, pilih Rekening, dan unduh rekening koran dalam jangka waktu yang kamu inginkan.
  • Bank BNI: Login ke internet banking, pilih Mutasi Rekening, tentukan periode, dan unduh rekening koran dalam jangka waktu yang kamu inginkan.
  • Bank Mandiri: Login ke Mandiri Online, pilih Mutasi Rekening, tentukan periode, dan unduh rekening koran dalam jangka waktu yang kamu inginkan.

Begitulah kurang lebih gambaran langkah yang bisa kita lakukan dalam cara membuat rekening koran tabungan 3 bulan terakhir.

Selain mudah dalam pengurusan, KPR tidak akan memberatkan kita di kemudian hari dalam membayar angsuran, karena pihak Bank mensyaratkan jumlah angsuran maksimal 30% dari gaji. Semoga lancar dalam membuatnya dan disetujui dalam pengajuan KPR.

Baca juga:

Feature Source Image: Qoala


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Taman Ciantra dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download