BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Cara Membuat Rumah yang Nyaman Tapi Murah, Gampang!
0
0

10 Cara Membuat Rumah yang Nyaman Tapi Murah, Gampang!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 24, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Cara membuat rumah nyaman tapi murah merupakan dua hal yang seringkali saling bertolak belakang. Kebanyakan yang namanya rumah nyaman itu membutuhkan biaya yang tinggi untuk mewujudkanya. Hal ini tidak 100% benar karena masih ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan sehingga tetap dapat membangun rumah idaman keluarga dengan harga seminimal mungkin.

Melalui fitur PinValue yang dimiliki Pinhome, kamu bisa menemukan hunian impian sesuai budget yang dimiliki. Tidak hanya berupa rumah dijual di Jagakarsa saja melainkan juga rumah bekas di Kab Mojokerto atau dekat dengan Pasar Suryakencana Bogor.

Cara Membuat Rumah yang Nyaman tapi Murah

Cara membuat rumah yang nyaman tapi murah
Source : Homify

Disini kami memberikan beberapa tips barangkali dapat bermanfaat bagi yang sedang merencanakan pembangunan hunian idaman. Mulai dari cara menghitung RAB, mengurus IMB dan lain sebagainya.

1. Diskusikan dengan Keluarga

Source : Pxhere

Berdiskusi dengan seluruh calon anggota keluarga yang akan menempati rumah dirasa sangat penting. Hal ini dimaksudkan untuk menggali beberapa keinginan mengenai kriteria rumah yang akan dibangun, sehingga tidak perlu melakukan renovasi dikemudian hari akibat adanya keinginan tentang ciri-ciri rumah idaman yang belum terpenuhi.

Selain itu calon penghuni bisa menambahkan detail penting yang diinginkan. Mulai dari dekorasi, tambahan ruangan atau model fasad yang diinginkan. Mendiskusikan terlebih dahulu terkait properti yang dibangun akan mampu mewujudkan rumah impian sesuai keinginan.

Baca juga: Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

2. Buat Desain Rumah

Membuat gambar desain rumah sebagai pedoman pelaksanaan. Segala bentuk revisi bisa dilakukan saat perencanaan sehingga tidak perlu melakukan pekerjaan bongkar pasang akibat bangunan belum sesuai harapan. Apabila dana terbatas maka baiknya menggunakan desain hunian minimalis saja.

Kelebihan desain minimalis adalah memiliki ruangan multifungsi dan mampu mengurangi biaya bahan bangunan karena tidak mempunyai banyak ruangan. Ruangan multifungsi bisa berupa menyatukan ruang makan dengan dapur atau ruang tamu sekaligus dijadikan ruang keluarga.

3. Hitung RAB

cara membuat rumah yang nyaman tapi murah
Source : Pexels

Kamu perlu menghitung RAB (rencana anggaran biaya bangunan) sehingga dapat diketahui total biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Apabila terlalu tinggi, bisa dilakukan pengurangan dengan cara mengubah desain rumah atau mengganti spesifikasi bangunan.

Rumus RAB sendiri adalah mengalikan harga dengan jumlah item yang diperlukan. Secara matematis dapat ditulis dengan Total Biaya = (Jumlah/Kuantitas x Harga satuan).

Fungsinya mengetahui estimasi harga total dan per item yang digunakan dalam pekerjaan. Harapannya agar proyek dilaksanakan secara efisien dengan biaya tersedia tanpa terjadi over budget.

4. Hitung Struktur Rumah

Menghitung struktur rumah dimaksudkan agar kita bisa menentukan bentuk dan dimensi struktur sekecil mungkin namun masih kuat menahan beban bangunan, dengan begini maka kita bisa melakukan penghematan. Dalam menghitung struktur rumah dapat menggunakan rumus yang ada di bawah ini!

  • Mengukur balok dihitung dengan rumus 1/12 x L. L adalah panjang bentang atau jarak antara tiang (kolom)
  • Kolom juga dapat dihitung dengan lebar balok + (2×5 cm)
  • Perhitungan tebal plat menggunakan rumus pendekatan 1/40xL (L adalah jarak antar tiang kolom).

Baca juga: Menentukan Struktur Rumah Idaman

5. Mengurus IMB

Source : Pxhere

Mengurus IMB izin mendirikan bangunan perlu dilakukan sebelum melakukan pelaksanaan pembangunan. Dengan begini diharapkan proses pembuatan rumah bisa berjalan lancar tanpa adanya penghentian aktivitas sementara akibat bangunan disegel karena belum memiliki IMB.

IMB sendiri menciptakan tata letak bangunan yang aman dan sesuai peruntukan lahannya. Inilah mengapa dokumen legalitas ini dibutuhkan saat terjadi transaksi jual beli rumah.

6. Perhatikan Kualitas Material

Pilih beberapa jenis material lalu membandingkan biaya dan kualitasnya, sehingga dapat menggunakan bahan bangunan terbaik dan termurah yang akan digunakan. Bahan lokal umumnya jauh lebih terjangkau daripada material impor. Ini bisa jadi arahanmu untuk riset pasar produk lokal terlebih dulu.

7. Gunakan Tenaga Profesional

Source : Pxhere

Dengan pekerja yang tangguh maka proses pelaksanaan bisa dipercepat dengan hasil berkualitas, sehingga bisa menghemat waktu dan biaya pembangunan rumah. Pastikan cari tukang yang mempunyai reputasi baik dengan jam terbang tinggi. Kamu dapat pula meminta rekomendasi orang terdekatmu yang pernah menggunakan jasa tukang bangunan tertentu.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Material Bangunan Rumah

8. Gunakan Metode Terbaik

Metode pelaksanaan terbaik, misalnya melakukan perbandingan metode mana yang lebih murah dan lebih cepat selesai untuk menyelesaikan suatu item pekerjaan pembangunan. Umumnya dalam konstruksi hunian menggunakan kayu konvensional (framing stick tradisional).

Sistem bangunan ini merakit kerangka rumah – bata untuk dinding, balok lantai dan langit-langit, dan atap mulai dari tongkat demi tongkat, biasanya di lokasi kerja, menggunakan potongan kayu dengan berbagai ukuran.

9. Pilih Furnitur Terjangkau

Source : Pexels

Tak hanya bagian pondasi rumah saja yang penting namun juga furnitur didalamnya. Dekorasi dan perabotan yang banyak juga memakan dana cukup besar. Pastikan membeli furnitur yang benar-benar kamu gunakan dan dibutuhkan. Jika lahan terbatas memakai furnitur multifungsi akan jauh lebih hemat, efisien dan praktis.

10. Rumah Tumbuh

Tak sedikit orang memilih untuk membangun hunian secara bertahap. Konsep rumah tumbuh seperti ini bisa digunakan oleh pasangan muda yang baru memiliki rumah untuk pertama kali dan mempunyai dana terbatas.

Demikian beberapa cara membuat rumah nyaman tapi murah yang bisa kamu implementasikan. Selamat mewujudkan rumah impian kamu dengan harga hemat.

Baca juga: Alasan Rumah Tidak Nyaman Ditempati

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download