Pinhome

Tips Properti

Cara Membuat Rumah yang Nyaman Tapi Murah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Cara membuat rumah yang nyaman tapi murah merupakan dua hal yang seringkali saling bertolak belakang. Kebanyakan yang namanya rumah nyaman itu membutuhkan biaya yang tinggi untuk mewujudkanya. Hal ini tidak 100% benar karena masih ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan sehingga tetap dapat membangun rumah idaman keluarga dengan harga seminimal mungkin. Disini kami memberikan beberapa tips barangkali dapat bermanfaat bagi yang sedang merencanakan pembangunan hunian idaman.

Cara Membuat Rumah yang Nyaman tapi Murah

Cara membuat rumah yang nyaman tapi murah
(Homify)
  1. Berdikusi dengan seluruh calon anggota keluarga yang akan menempati rumah. Hal ini dimaksudkan untuk menggali beberapa keinginan mengenai kriteria rumah yang akan dibangun, sehingga tidak perlu melakukan renovasi dikemudian hari akibat adanya keinginan tentang ciri-ciri rumah idaman yang belum terpenuhi.
  2. Membuat gambar desain rumah sebagai pedoman pelaksanaan. Segala bentuk revisi bisa dilakukan saat perencanaan sehingga tidak perlu melakukan pekerjaan bongkar pasang akibat bangunan belum sesuai harapan.
  3. Menghitung RAB rencana anggaran biaya bangunan sehingga dapat diketahui total biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Apabila terlalu tinggi maka bisa dilakukan pengurangan dengan cara merubah desain rumah atau mengganti spesifikasi bangunan.
  4. Menghitung struktur rumah. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa menentukan bentuk dan dimensi struktur sekecil mungkin namun masih kuat menahan beban bangunan, dengan begini maka kita bisa melakukan penghematan.
  5. Mengurus IMB izin mendirikan bangunan sebelum melakukan pelaksanaan pembangunan. Dengan begini diharapkan proses pembuatan rumah bisa berjalan lancar tanpa adanya penghentian aktifitas sementara akibat bangunan disegel karena belum memiliki IMB.
  6. Memilih beberapa jenis material lalu membandingkan biaya dan kualitasnya, sehingga dapat memilih bahan bangunan terbaik dan termurah yang akan digunakan.
  7. Menggunakan tenaga kerja atau tukang bangunan profesional. Dengan pekerja yang tangguh maka proses pelaksanaan bisa dipercepat dengan hasil berkualitas, sehingga bisa menghemat waktu dan biaya akibat adanya perbaikan.
  8. Menggunakan metode pelaksanaan terbaik, misalnya melakukan perbandingan metode mana yang lebih murah dan lebih cepat selesai untuk menyelesaikan suatu item pekerjaan pembangunan.

Demikian beberapa tips yang bisa disampaikan dengan tema cara mewujudkan rumah idaman yang nyaman dengan biaya semurah mungkin. Selamat mewujudkan rumah dengan harga hemat.

Tags :

Bagikan Artikel