Pinhome

Teknik Sipil

Cara Menghitung RAB Rencana Anggaran Biaya Bangunan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 3 November 2021 ∙ 3 menit membaca

RAB ( Rencana Anggaran Biaya Bangunan ) adalah perhitungan perkiraan harga yang dibutuhkan untuk membangun bangunan dari segi kebutuhan bahan bangunan dan tenaga kerja bahan bangunan.

RAB ini sangat diperlukan untuk kelancaran selama masa pembangunan. Dengan menerapkan RAB, kamu mungkin bisa menghindari atau bahkan meminimalisir resiko dalam proses pembangunan.

Di sini, kami akan membahas tentang data perhitungan RAB dan cara menghitung RAB dengan baik dan benar. Tanpa harus berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Material Bangunan Rumah

Data Perhitungan RAB

cara menghitung rab
(Sharia Land)

Untuk dapat menghitung RAB maka diperlukan berbagai data yang digunakan untuk menghitung rencana anggaran biaya bangunan, data-data tersebut digunakan sebagai pedoman untuk menetapkan besarnya harga setiap item pekerjaan bangunan.

Berikut ini data-data yang diperlukan untuk perhitungan RAB:

Baca juga: 

Cara Menghitung Material Pondasi Rumah

  1. Gambar bangunan yang berisi informasi bentuk bangunan, ukuran-ukuran detail bangunan, serta material yang digunakan dalam setiap detail bangunan.
  2. Rencana kerja dan syarat-syarat (RKS) adalah sebuah daftar spesifikasi item pekerjaan dan material yang digunakan.
  3. Waktu pelaksanaan pembangunan, perbedaan waktu pelaksanaan pekerjaan pembangunan tentu dapat menghasilkan perbedaan biaya bangunan baik secara harga maupun perbedaan nilai uang yang digunakan.
  4. Harga bahan bangunan, berisi daftar harga material yang digunakan pada bangunan sesuai dengan daerah dimana bangunan tersebut dibangun.
  5. Harga upah tenaga kerja bangunan.
  6. Analisa harga satuan pekerjaan atau standar harga pekerjaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Rencana Anggaran Biaya Rumah

Cara Menghitung RAB

cara menghitung rab
(Pexels)

Adapun untuk cara menghitung RAB, kamu bisa lihat detail di bawah ini:

  1. Mengumpulkan dan melihat data-data yang digunakan untuk menghitung RAB.
  2. Menghitung volume masing-masing item pekerjaan dengan satuan sesuai dengan satuan dalam perhitungan RAB.
  3. Menghitung harga satuan pekerjaan, misalnya harga pekerjaan pondasi per m3, harga pemasangan keramik lantai per m3, dan sebagainya.
  4. Mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan pada setiap detail item pekerjaan bangunan.
  5. Setelah semua item pekerjaan bangunan dihitung harga masing-masing kemudian di buat rekapitulasi total harga seluruh pekerjaan menjadi satu kesatuan rencana anggaran biaya bangunan yang dibutuhkan.
  6. Hasil perhitungan tersebut kemudian ditambahkan dengan nilai pajak atau harga keuntungan yang diberikan kepada kontraktor.

Baca juga: Memilih Kontraktor Bangun Rumah di Demak

Demikian uraian tentang cara menghitung RAB (Rencana Anggaran Biaya Bangunan), ketelitian dan kesabaran dalam menghitung sangat diperlukan, sehingga didapatkan hasil perhitungan yang benar dan dapat digunakan sebagai acuan dalam pekerjaan pembangunan bangunan.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel