Pinhome

Jenis Profesi tukang bangunan profesional

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Pelaksanaan sebuah bangunan memerlukan berbagai macam jenis profesi tukang bangunan profesional. Sehingga proses pembangunan dapat diselesaikan dalam waktu secepat mungkin. dengan harga termurah serta hasil terbaik. Masing-masing memiliki tugas sendiri dengan keahlian khusus. Terkadang seseorang hanya bisa menguasai satu bidang saja misalnya sarjana teknik sipil yang mungkin mengetahui ilmu perhitungan struktur dengan baik.

Baca juga: Tukang Batu, Fungsi dan Keahliannya

Sarjana dan Jenis Profesi Tukang Bangunan

jenis profesi tukang bangunan

Sarjana teknik sipil besar kemungkinan kurang ahli jika harus melakukan pekerjaan pemasangan batu bata sendiri. Oleh karena itu membutuhkan tukang batu untuk dapat menyelesaikan pembangunan. Sebaliknya seorang tukang batu juga memerlukan sarjana teknik sipil agar bangunan yang dibuat bisa dipertanggungjawabkan kekuatan dan keindahanya.

Gambaran lain bisa kita temukan yang intinya adalah semua personil saling membutuhkan dan saling melengkapi agar dapat terwujud suatu bangunan yang telah direncanakan sebelumnya. Berikut ini beberapa jenis keahlian yang seringkali ada dalam suatu sitem organisasi proyek konstruksi bangunan.

Macam-macam jenis profesi tukang bangunan profesional

Setiap proyek bangunan akan memiliki tukang yang bertugas sesuai profesionalitasnya masing-masing. Berikut beberapa macam jenis profesi tukang bangunan yang sering ada di proyek:

  1. Tukang alumunium.
  2. Bagian tukang batu
  3. Tukang bekisting
  4. Bagian tukang besi
  5. Tukang cor
  6. Bagian tukang gambar / drafter / arsitek.
  7. Tukang granit dan marmer.
  8. Bagian tukang hitung / sarjana teknik sipil.
  9. Tukang kebersihan
  10. Bagian tukang listrik
  11. Tukang plumbing
  12. tukang ukur / surveyor / uitzet

Munculnya Perkembangan Teknologi dan Inovasi

Seiring perkembangan teknologi dan inovasi yang dilakukan di dunia konstruksi, seringkali memerlukan sumber daya manusia dengan keahlian khusus. Misalnya penambahan alat transportasi antar lantai pada gedung bertingkat tinggi. Maka, diperlukan tukang lift atau eskalator, pemasangan finishing lantai kelas 1 pada bangunan mewah membutuhkan tukang marmer atau granit.

Intinya adalah, untuk dapat menyelesaikan pekerjaan pembangunan dengan bagus maka diperlukan sumber daya manusia yang ahli dibidangnya. Jadi, selamat belajar dan bekerja bagi tukang bangunan diseluruh indonesia maupun dunia. 

Baca juga: Persiapan Sebelum Membangun Rumah


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel