Pinhome

KPR / KPA

Cara Hindari Jeratan Kredit Rumah Di Bank

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah merupakan sebuah aset berharga yang ingin dimiliki oleh semua orang. Rumah yang bagus dapat menjadi simbol dari kemapanan seseorang. Mendapatkan aset tersebut tentunya tidaklah mudah. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah adanya dana untuk membeli rumah. Meskipun saat ini banyak bank yang menawarkan pengkreditan rumah (KPR), kita juga harus mempunyai dana stabil agar tidak terherat hutang kredit di bank. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari jeratan kredit di bank.

Pastikanlah Penghasilan Anda Stabil

Langkah utama sebelum melakukan pengajuan kredit rumah ialah memastikan bahwa penghasilan anda tetap setiap bulannya. Kredit rumah di bank mengharuskan Anda untuk membayar cicilan setiap bulannya, sehingga apabila Anda terlambat membayar cicilan akan dikenai denda.

Usahakanlah saat hendak membeli rumah, Anda sudah mempunyai pekerjaan yang tetap sehingga tidak di PHK sewaktu-waktu. Biasanya perusahaan akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu sebelum melakukan PHK. Carilah pekerjaan sesegera mungkin apabila  terkena PHK.

Siapkan Dana Darurat

Sisihkan sebagian uang Anda setiap bulannya untuk ditabung agar dapat digunakan ketika membutuhkan dana darurat seperti merenovasi, mengecat dan lainnya. Tabungan yang Anda miliki dapat dijadikan sarana agar terhindar dari jeritan kredit rumah.

Menabunglah Secara Rutin

Menabung merupakan kegiatan yang dianjurkan untuk semua orang. Sisihkanlah minimal 30 % dari pendapatan Anda setiap bulannya. Tabungan ini dapat Anda gunakan apabila perusahaan Anda melakukan PHK secara besar-besaran, maka gunakanlah uang tersebut untuk membayar cicilan rumah. Tabungan ini juga dapat digunakan saat Anda membutuhkan dana untuk keperluan lainnya.

Pastikanlah Rasio Utang Anda Cukup

Membeli rumah tentunya akan menambang jumlah utang dan kewajiban. Periksalah kembali seluruh cicilan hutang yang perlu Anda bayarkan setiap bulannya, termasuk kredit, langganan TV kabel, internet, biaya pulsa dan lainnya. Setelah melakukan hal tersebut silahkan hitung rasio kredit Anda.

Cara untuk menghitungnya ialah dengan menjumlahkan seluruh hutang tersebut diluar biaya KPR kemudian dibagi dengan pemasukan Anda setiap bulannya. Apabila rasionya diatas 30 % maka fokuslah untuk mengurangi biaya kebocoran tersebut. Rasio yang standar atau ideal setelah ditambahkan dengan biaya KPR ialah 20 %.

Pastikanlah Uang Muka Aman

Uang muka merupakan syarat utama dalam pengajuan kredit rumah.  Biasanya beberapa bank yang menawarkan kredit rumah mengharuskan membayar uang muka minimal 30 % dari total penjualan. Pastikanlah bahwa  uang muka telah aman, karena pengeluaran lainnya seperti merenovasi, mengecat dan lainnya pasti memerlukan uang yang tidak sedikit.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari jeritan kredit rumah di bank. Pastikanlah hal-hal diatas telah Anda penuhi sebelum mengajukan KPR rumah. Ketika Anda sudah terjerat hutang pengkreditan rumah, hidup Anda tidak akan tenang dan kebutuhan semakin melonjak.

Tags :

Bagikan Artikel