Pinhome

Cara bangun rumah hemat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Mahalnya harga tanah mengakibatkan harga-harga lain seperti harga bangunan maupun materialnya ikutan naik. Hal ini tentunya yang membuat manusia berpikir dua kali untuk membangun lagi rumahnya. Jika anda sudah berencana untuk membangun rumah anda, maka rencanakan dengan matang agar pembangunan anda nanti tidak terbengkalai karena anggaran biaya yang  melebihi rencana anda. Lakukanlah penghematan dalam material ataupun pada upah para pekerja, namun ingat yang dimaksud hemat disini bukan mengurangi standar dan kualitas dari material ataupun para pekerjanya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rumah hemat, berikut ini beberapa tips bangun rumah hemat yang dapat anda terapkan.

Hal pertama yang wajib anda lakukan sebelum bisa bangun rumah hemat adalah memiliki anggaran biaya. Pastikan anda telah merencanakan segala biaya yang yang kira-kira akan anda keluarkan dan pastikan anda melakukan survey sendiri untuk mengetahui harganya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan vendor anda untuk mengetahui perkiraan biaya yang nantinya akan dikeluarkan. Mungkin anda tidak menyadari bahwa ukuran rumah juga dapat membantu menghemat biaya pembangunan. Pastikan ukuran rumah yang akan anda bangun merupakan angka kelipatan dari panjangnya bahan material yang digunakan. Hal ini bertujuan agar dapat membeli material pas sesuai yang dibutuhkan, jadi bisa meminimasi waste. Ukurang baja biasanya berkelipatan 3, sedangkan untuk beton berkelipatan 4 meter. Cara lain untuk dapat bangun rumah hemat adalah dengan membangun rumah berbentuk persegi panjang atau kotak. Dengan bentuk kotak atau persegi panjang, penggunaan material akan lebih hemat jika dibandingkan dengan membangun rumah berbentuk segitiga atau bentuk yang lainnya.

Hal lain yang perlu anda perhatikan dalam membangun rumah adalah waktu pembangunannya. Coba hindari musim hujan dimana dapat menghambat proses pembangunannya. Pada musim kemarau pun probabilitas terjadinya hujan masih ada, namun sangat kecil dibandingkan dengan pada musim hujan sendiri. Jika anda memilih membangun rumah pada musim hujan, maka proses pembangunan akan terhambat dan akan menyebabkan pembengkakan biaya. Oleh karena itu, lebih baik anda melakukan proses pembangunan disaat musim kemarau.

Salah satu faktor penting dalam mendapatkan bangunan yang bagus adalah sumber daya manusia yang melakukan prosesnya. Anda lebih baik mencari tukang atau mandor yang handal dan terpercaya agar prosesnya semakin cepat selesai. Semakin cepat proses pembangunannya, semakin kecil kemungkinan untuk terjadinya pembengkakan biaya. Cara lain yang dapat digunakan untuk bangun rumah hemat adalah dengan menggunakan bahan bangunan lokal atau yang sederhana namun bermutu. Mungkin sebagian besar orang lebih memilih material yang mahal karena kualitasnya lebih terjamin, namun sebenarnya banyak bahan bangunan yang kualitasnya sama dan harganya jauh lebih terjangkau. Contoh simpelnya adalah penggunaan semen. Salah satu semen ternama di Indonesia, sebut saja G, memang memiliki kualitas yang sangat baik, namun harganya mahal dibandingkan dengan semen lain yang ada di Indonesia. Ada juga semen I, yang memiliki kualitas tidak jauh berbeda dengan semen G, namun biayanya lebih murah. Untuk mendapatkan kualitas yang baik tetapi dengan menghemat biaya, anda dapat mencampur kedua semen diatas. Dengan cara seperti ini anda akan mendapatkan bahan bangunan yang berkualitas namun dengan biaya yang lebih murah. Jadi jika anda sudah memahami tips-tips diatas, maka anda dapat bangun rumah hemat yang anda inginkan, tanpa terlalu khawatir anggaran biaya anda membengkak. Semoga anda berhasil! 🙂

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Sebuah perusahan tentu tak bisa berdiri sembari. Untuk memperluas cangkupan bisnis diperlukan kerja

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Rekomendasi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat rekomendasi kerap dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan serta mencar

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia