BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips Bangun Rumah dengan Dana 15 Juta
0
0

5 Tips Bangun Rumah dengan Dana 15 Juta

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
bangun rumah dengan dana 15 jutatop-right-banner

Proyek bangun rumah 15 juta bukanlah sebuah hal yang mustahil. Pins bisa memiliki hunian baru yang bagus dan nyaman dengan modal tersebut. Budget yang terbatas, tentu akan ada banyak hal yang harus diperhitungkan dan dipilih dengan bijak. 

Kamu bisa menemukan hunian sesuai budgetmu dengan menginstal aplikasi Pinhome. Fitur pencariannya menampilkan data rumah bekas di Kab Mojokerto hingga perumahan di Jagakarsa bahkan tersedia informasi harga Ruma Prana. Pinhome juga membantumu menemukan hunian dekat pusat perbelanjaan seperti Pasar Kangkung.

Rincian Biaya Bangun Rumah 15 Juta

rincian biaya
Source : Unsplash

Ada cara membangun rumah murah atau dengan dana minim yang bisa kamu implementasikan. Kamu bisa memperhitungkan rincian biaya bangun rumah 15 juta ini sebagai panduan awal.

1. Material

Dalam membangun rumah minimalis model rumah biaya 15 juta, Pins juga harus membeli material untuk membangun pondasi hingga finishing-nya. Budget Rp15 juta bisa cukup jika tanah sudah ada, ya. Kurang lebih begini skema perhitungan dalam pembelian materialnya:

  • Pondasi dengan 9 buah batu kali besar untuk kolom utama saja
    9 x Rp20.000 = Rp180.000
  • Urukan tanah setinggi 30 cm dengan volume 8 m x 8 m x 0,3 m =19,2 m3
    Harga tanah per m3 = Rp50.000 = Rp960.000
    kolom dari 9 batang bambu x Rp50.000 = Rp450.000
  • Dinding dari batu bata, semen dan pasir = Rp3.500.000
  • Lantai dari screed beton setebal 7 cm dengan volume 6 m x 6 m x 0,07 m = 2,52 m3
    Harga beton per m3 = Rp500.000 = Rp1.260.000
  • Plafon los Rp0
  • Rangka atap dan penutup Rp1.500.000
  • Septictank kamar mandi Rp1.500.000

ESTIMASI TOTAL MATERIAL Rp8.950.000

2. Jasa Tukang

Bikin rumah budget 15 juta mengharuskan kamu untuk jeli dalam menentukan jasa pembangunan. Karena modal yang terbatas, pilihan yang bisa kamu pilih adalah dengan membayar jasa tukang yang borongan maupun tidak. Paling tidak, kamu perlu menyiapkan dana Rp100.000 per hari untuk satu orang tukang. Jumlah tukangnya akan mempengaruhi durasi pembangunannya. 

Semakin banyak tukang yang dipekerjakan, cara membangun rumah dengan dana minim dan biaya yang dibutuhkan juga semakin mahal. Untuk bisa menghemat biaya, Pins disarankan untuk memakai jasa paling tidak 2 orang tukang. Proses pembangunannya relatif lebih lama yakni sekitar 2 bulan namun hasilnya juga bisa dipantau setiap harinya.

ESTIMASI TOTAL JASA TUKANG: Rp6.000.000

3. Biaya Lain-lain

Kamu bisa menyiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan lain-lain yang tak terduga. Paling tidak, siapkan 10% dari jumlah budget awal yang ada yakni sekitar Rp1.500.000. Dengan begitu, Pins tidak akan kewalahan jika tiba-tiba harus membeli material baru.

Baca juga: Rincian Biaya dan Cara Bangun Rumah 10 Juta

Cara Bangun Rumah 15 Juta

cara membangun rumah dengan dana minim
Source : Unsplash

Ada cara membangun rumah dengan dana 15 juta yang minimalis dan on budget. Paling tidak, trik di bawah ini bisa dipraktikkan supaya tidak ada dana yang membengkak.

1. Pastikan Lahan Tersedia

Untuk bangun rumah dengan dana 15 juta, Pins harus tahu jika biaya itu di luar dari harga tanahnya. Budget tersebut hanya biaya untuk membangun rumah. Selain itu, dengan modal tersebut, disarankan bagi Pins untuk membuat rumah dengan luas 36 m2. Jika ada tanah lebih, Pins bisa memanfaatkannya sebagai halaman dan kebun.

2. Merancang Anggaran Biaya

Sejak awal, Pins harus membuat anggaran biaya dalam proyek ini. Tujuannya agar segara pengeluaran bisa tercatat dengan rapi. Sebelum ada angka yang fix, kamu tentu harus melakukan banyak riset harga untuk masing-masing kebutuhan. Kamu bisa berkeliling ke beberapa toko bangunan kecil dan besar untuk mendapatkan harga terbaik. 

3. Minimalis dan Konsep Rumah Tumbuh

Beberapa model rumah biaya 15 juta yang bisa diterapkan adalah dengan memakai konsep minimalis serta rumah tumbuh. Hal ini akan sangat membantu bagi kamu yang berkeinginan untuk melanjutkan pembangunan jika memiliki modal tambahan di kesempatan lain.

Kamu juga bisa memanfaatkan desain open space untuk mengurangi pemakaian material. Misalnya saja Pins bisa memperbanyak jendela untuk mengurangi pemakaian batu bata, pasir, dan semen untuk dindingnya. Selain hemat biaya dalam proses pembangunan, pemakaian listrik juga bisa diminimalisir karena mendapat sinar matahari lebih banyak saat pagi hingga sore hari.

4. Cermat dalam Memilih Material Bangunan

Sebelum mulai membeli material, Pins sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan mandor maupun staff yang bertugas di toko bangunan. Dengan begitu, kamu bisa tahu harga pasaran dari bahan tertentu. Berpindah ke toko satu ke yang lain juga bisa menjadi alternatif supaya bisa mendapatkan harga terbaik. 

5. Pakai Jasa Tukang Langganan

Gunakan jasa tukang langganan yang sudah terjamin skill yang dimilikinya. Kamu bisa pula mendapatkan rekomendasi dari orang terdekat agar pengerjaan hunian sesuai dengan keinginan dan selesai tepat waktu.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan negosiasi dengan jasa tukang yang kamu pilih namun dengan bayaran yang tetap sesuai standar. Catat dan pantau pengeluaran  setiap harinya. Dengan begitu, kamu juga bisa mengkalkulasi mana saja yang bisa disubsidi dan dikurangi jumlahnya.

Baca juga: Bangunan Rumah 20 Juta, Ini Cara dan Inspirasi Desainnya

Contoh Rumah dengan Biaya 15 Juta

model rumah biaya 15 juta
Source : Unsplash

Dalam prosesnya, memang pilihan model dan desain yang ada jadi terbatas. Paling tidak, berikut ini adalah desain rumah dengan biaya 15 juta yang bisa diterapkan. Kamu juga bisa memilih desain yang simpel supaya biaya tidak bengkak saat finishing.

1. Desain Rumah 15 Gaya Industrial

desain rumah dengan biaya 15 juta
Source : Unsplash

Membuat rumah kecil-kecilan memang hal yang sangat mungkin dengan untuk bangun rumah dengan dana 15 juta. Selain untuk biaya renovasi minor, ada banyak sisi yang bisa dirombak.

2. Desain Rumah 15 Juta Minimalis

minimalis model rumah biaya 15 juta
Source : Unsplash

Sudah mempunyai tanah di perumahan, Pins bisa mendesain rumah tersebut dengan konsep minimalis modern. Agar terkesan lebih simpel, kamu bisa memilih warna cat berwarna putih.

Setelah mengetahui beberapa referensi dalam bangun rumah 15 juta, Pins bisa memantapkan diri dan finansial untuk mulai ke proses awalnya. Tak perlu terburu-buru dalam menentukan karena memang memiliki budget terbatas butuh waktu yang lebih lama serta pertimbangan yang matang.

Baca juga: Mudah! Berikut Tahapan Membangun Rumah Dengan Cepat dan Berkualitas

Feature Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download